Baca dalam 3 menit

5 Ide Kreasi Roti untuk Sarapan Pagi

SHARE ARTIKEL

French toast - Image from thespruceeats.com

Jakarta, Bolong.id - Sarapan pagi dengan roti dapat menjadi alternatif sarapan yang sehat dan mudah. Menu sederhana yang sudah bisa memberikan suplai energi untuk beraktivitas setidaknya hingga jam makan siang.

Roti biasanya diisi dengan berbagai selai buah seperti starberry, nanas, dan srikaya. Jika mengkonsumsi roti setaip pagi baiknya menambah varian roti sarapan pagi agar tidak bosan.

Dilansir dari CNN Indonesia, berikut ide olahan roti untuk sarapan yang bisa Anda coba.

1. Sereal roti

Sereal Roti - Image from detik.net

Padukan roti dengan susu. Susu bakal memberikan asupan kalsium dan protein sedangkan roti bakal memberikan rasa kenyang dengan kandungan serat dan karbohidratnya. Konsumsi keduanya sekaligus sebagai sereal.

Cukup potong-potong roti dalam ukuran kecil, letakkan dalam mangkuk dan siram dengan susu. Biarkan roti terendam susu hingga agak lembek.

Tambahkan madu, buah kering atau potongan buah untuk menambah nutrisi dan rasa.

2. Garlic bread

Garlic Bread - Image from sndimg.com

Memulai hari tak harus dengan sesuatu yang manis. Coba saja sesekali mengolah roti menjadi garlic bread agar pagi Anda tak membosankan. Biasanya garlic bread dibuat dengan roti jenis French bread yang lonjong dan panjang. Namun tak ada salahnya memanfaatkan roti yang ada termasuk roti tawar.

Untuk membuat garlic bread Anda cukup mengkombinasikan butter yang sudah dicairkan dengan bawang putih dan parsley yang sudah dicacah. Oleskan campuran pada roti dan panggang. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan taburan keju parmesan.

3. French toast

French toast - Image from thespruceeats.com

Klasik tetapi ide olahan roti satu ini seolah tidak kehilangan pesona. Selain karena mudah dibuat, French toast memiliki rasa lezat. Mengutip dari NDTV, Anda cukup menyiapkan roti tawar, susu, telur, gula, butter dan esense atau perasa vanila (tergantung selera).

Campur susu, telur, gula, butter dan esense vanila. Celupkan roti ke dalam campuran dan panggang di teflon. Nikmati French toast bersama kopi atau teh hangat.

4. Roti panggang beragam topping

Roti panggang - Image from okezone.com

 Roti panggang merupakan sarapan yang penuh energi jika diberika topping yang sesuai.

Caranya cukup mudah, siapkan roti tawar, usahakan roti dari biji-bijian atau dari gandum. Kemudian siapkan empat elemen bahan yakni, selai (cokelat kacang, kacang, cream cheese atau selai buah), potongan buah (apel, pisang, aprikot, persik), sayuran hijau (timun, tomat, baby spinach), topping (chia seeds, kacang, kelapa kering, buah kering, granola, biji kakao) dan bahan taburan (garam laut, lada, madu, perasan lemon).

Cukup panggang roti hingga berwarna sedikit kecoklatan, lalu bubuhkan selai favorit, tambahkan buah dan sayur, berikan topping dan terakhir sedikit taburan yang sesuai. Sarapan penuh energi pun jadi.

5. Avocado toast

Avocado toast - Image from gimmedelicious.com

Alpukat adalah sumber lemak sehat buat tubuh. Padukan dengan roti dan Anda bisa memulai hari dengan penuh nutrisi. Avocado toast bisa jadi menu sarapan praktis cukup dengan memanggang roti dan dibubuhkan irisan alpukat dan mungkin telur rebus (poached egg).

Akan tetapi untuk versi lebih 'advance', Anda bisa membuat alpukat tumbuk sebagai olesan pada roti. Mengutip dari Cooking Light, kombinasikan separuh alpukat dengan perasan lemon, sedikit garam dan lada. Panggang roti (usahakan roti gandum atau roti biji-bijian), baru oleskan campuran alpukat. (*)

Terkait

health

Hindari 3 Makanan ini Saat Sarapan!

  • Della Shafira Putri
  • 30 Aug 2020

health

Minum Kopi Sebelum Sarapan Ternyata Bahaya

  • Isna Fauziah
  • 02 Oct 2020

Health

Seni Penuhi Nutrisi Sarapan Anak Usia 7 tahun

  • Isna Fauziah
  • 04 Dec 2020

Lifestyle

6 Menu Sarapan Khas Tiongkok, Mengenyangkan

  • Lupita
  • 06 Jan 2021

Lifestyle

5 Ide Kreasi Roti untuk Sarapan Pagi

  • Lupita
  • 10 Jan 2021

Health

Prinsip dan Waktu Terbaik untuk Sarapan Pagi

  • Lupita
  • 14 Jan 2021
Logo follow bolong