Baca dalam 3 menit

6 Menu Sarapan Khas Tiongkok, Mengenyangkan

SHARE ARTIKEL

bakpao - Image from resepmasakterbaru.com

Beijing, Bolong.id - Hidangan sarapan di Tiongkok memiliki perbedaan antara wilayah satu dengan wilayah yang lainnya. Karena itu, sulit untuk membuat daftar makanan apa saja yang dikonsumsi warga Tiongkok pada saat sarapan.

Dilansir dari Tionghoa Info, berikut daftar makanan yang sering dikonsumsi sebagai sarapan warga Tiongkok.

1. Susu Kedelai 豆漿 (dòujiāng) dan Cahkwe 油条 (yóutiáo)

Cakwe - Image from tribun

Kedua macam menu sarapan ini pada umumnya hadir bersamaan. Kedua hidangan ini merupakan sebuah kombinasi menu masakan yang umum. Beberapa penduduk setempat juga gemar menyantap cahkwe bersama dengan bubur nasi.

Susu kedelai disini dibuat dengan menggunakan blender. Anda dapat menemukan sajian susu kacang yang baru dihaluskan atau direbus didalam sebuah gelas plastik sekali pakai di kebanyakan kedai/warung sarapan.

2. Bakpao 包子 (bāozi) dan Mantou 馒头 (mántou)


bakpao - Image from resepmasakterbaru.com

Masyarakat Tiongkok menyantap bakpao kapan saja, namun pada umumnya mereka mengkonsumsinya untuk sarapan pagi.

Terdapat beberapa variasi isian bakpao untuk yang asin maupun manis. Bakpao asin diisi dengan daging babi giling, terong, telur beserta sayuran seperti kucai. Bakpao manis diisi dengan pasta kacang, puding susu manis lembut, biji wijen dan gula.

Beberapa kedai toko dapat menjual bakpao secara terpisah. Biasanya, untuk menu sarapan, dua bakpao sudah cukup mengenyangkan.

3. Puding Tahu 豆花 (dòuhuā)

Puding Tahu - Image from aboluowang.com

Puding tahu merupakan makanan ringan khas Tiongkok yang dibuat dari tahu yang sangat lembut, yang berbahan dasar kacang mentah.

Rasa puding ini bervariasi, tergantung wilayah. Masyarakat wilayah utara Tiongkok menyukai puding tahu gurih dengan campuran kecap, garam maupun daging. Namun masyarakat selatan lebih memilih puding tahu rasa manis dengan campuran sirup jahe atau sirup gula merah.

4. Mie Gandum 面条 (miàntiáo)


Mie gandum - Image from untourfoodtours.com

Di Tiongkok bagian Utara, dimana gandum lebih banyak dikonsumsi, semangkuk mie gandum yang lezat merupakan menu hidangan sarapan yang paling populer.

Di Wuhan, mie panas kering dikonsumsi pada saat sarapan oleh hampir semua orang. Hidangan ini dipersiapkan dengan menggoreng mie rebus, kemudian ditiriskan, lalu masukkan ke dalam air mendidih dan tambahkan bumbu pedas. Hasilnya sangat kenyal dan lezat.

5. Mie Beras 米粉 (mǐfěn)

Mie beras - Image from detik.net

Mie beras merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang alergi terhadap unsur gluten. Mie yang terbuat dari beras ini terlihat mirip dengan mie gandum, namun cita rasanya berbeda.

Di Guilin, mie beras Guilin termasuk makanan murah yang paling populer. Warga lokal tidak hanya mengkonsumsi hidangan ini untuk sarapan saja, melainkan juga untuk makan siang atau malam.

Makanan ini dibuat dari mie beras rebus, kacang kedalai goreng, irisan tipis daging yang berbeda-beda, daun bawang cincang, dan acar mustar.

6. Bakcang 粽子 (zòngzi)

bakcang - Image from grid.id

Bakcang dibuat dari beras ketan kukus yang dibungkus dengan daun bambu. Makanan ini bisa Anda dapatkan pada kedai warung penjual makanan serta memiliki banyak varian rasa dari isiannya, termasuk rasa manis dari isian pasta kacang merah, kuning telur, biji teratai atau rasa asin dari isian lemak babi dan kacang chesnut.

Zongzi/bakcang sangat populer sebagai hidangan festival dan sering dikonsumsi pada saat hari Duanwu dan Festival Perahu Naga. (*)

Terkait

health

Hindari 3 Makanan ini Saat Sarapan!

  • Della Shafira Putri
  • 30 Aug 2020

health

Minum Kopi Sebelum Sarapan Ternyata Bahaya

  • Isna Fauziah
  • 02 Oct 2020

Health

Seni Penuhi Nutrisi Sarapan Anak Usia 7 tahun

  • Isna Fauziah
  • 04 Dec 2020

Lifestyle

6 Menu Sarapan Khas Tiongkok, Mengenyangkan

  • Lupita
  • 06 Jan 2021

Lifestyle

5 Ide Kreasi Roti untuk Sarapan Pagi

  • Lupita
  • 10 Jan 2021

Health

Prinsip dan Waktu Terbaik untuk Sarapan Pagi

  • Lupita
  • 14 Jan 2021
Logo follow bolong