Baca dalam 3 menit

Xi: China Siap untuk Bekerja Sama dengan Eropa Tengah dan Timur untuk Vaksin

Waktu Publish : 09 Feb 2021, 16:26 WIB
Sumber : China Daily
SHARE ARTIKEL

Xi Jinping - Image from chinadaily.com

Beijing, Bolong.id - Presiden China, Xi Jinping, menjadi tuan rumah KTT China dan Negara-negara Eropa Tengah dan Timur (CEEC) dan menyampaikan pidato utama di Beijing pada Selasa (9/2), kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying.

Anggota mekanisme kerja sama China-CEEC termasuk China, Albania, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Republik Ceko, Estonia, Hongaria, Latvia, Lituania, Makedonia Utara, Montenegro, Polandia, Rumania, Serbia, Slovakia, Slovenia, dan Yunani.

Menurut data terbaru dari Kementerian Perdagangan China, total volume perdagangan China dengan 17 CEEC mencapai $ 103,45 miliar pada tahun 2020, melewati angka $ 100 miliar untuk pertama kalinya.

Dalam pidatonya Xi menekankan, China siap bekerja sama dengan Negara-negara Eropa Tengah dan Timur dalam vaksin.

China siap untuk secara aktif mempertimbangkan permintaan vaksin COVID-19 dari Negara-negara Eropa Tengah dan Timur lainnya selain kerja sama yang sedang berlangsung dengan Serbia dan Hongaria, kata Presiden Xi Jinping pada hari Selasa.

Dalam keynote speech yang disampaikan melalui tautan video di KTT China-CEEC, presiden mencatat bahwa Serbia telah memperoleh 1 juta dosis vaksin dari perusahaan China dan Hongaria juga bekerja sama dengan pembuat vaksin China.

Selanjutnya, China akan mengimpor komoditas senilai $ 170 miliar dari Negara-negara Eropa Tengah dan Timur selama lima tahun ke depan.

Di kesempatan itu, Xi juga menyampaikan bahwa China dan negara-negara Eropa Tengah dan Timur telah mendiversifikasi cara berpikir mereka dan memulai uji coba, karena mereka telah memimpin dalam mengeksplorasi sinergi antara kerja sama lintas wilayah dan Belt and Road Initiative.

Baik China maupun negara-negara Eropa Tengah dan Timur percaya bahwa keterbukaan membawa peluang dan inklusivitas mengarah pada keragaman, yang merupakan alasan mendasar bahwa kerja sama China-CEEC dapat tetap kuat.

Kerja sama antara China dan negara-negara Eropa Tengah dan Timur telah mengembangkan beberapa prinsip yang mencerminkan ciri khasnya dan diterima oleh semua pihak.

Dipandu oleh keyakinan bahwa '17 plus 1 dapat menghasilkan lebih dari 18, 'kami telah menyiapkan kerangka kerja sama multi-dimensi yang dipimpin oleh KTT para pemimpin dan mencakup lebih dari 20 sektor untuk memastikan partisipasi semua negara CEEC. (*)

Terkait

news

Luhut : Indonesia akan Dibantu oleh Tiongkok Menangani Virus...

  • Bryant
  • 18 Mar 2020

health

Tiongkok Beri Bantuan Medis, Miris, Saat Warga Jakarta Remeh...

  • Isfatu Fadhilatul
  • 19 Mar 2020

health

Penderita Ringan COVID 19 Tidak Akan Kenapa-napa

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

80% Pasien COVID-19 Belum Didiagnosis Sebelum Wuhan Lockdown...

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

Tidak Ada Pasien Baru COVID-19 di Guangxi, Namun Ada 34 Kasu...

  • Edwin Adriaansz
  • 21 Mar 2020

news

Beberapa Tipe Orang Yang Harus Dikarantina

  • Edwin Adriaansz
  • 22 Mar 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong