Baca dalam 3 menit

Bandara Guangzhou jadi Bandara Tersibuk di Dunia Tahun Lalu

Waktu Publish : 26 Apr 2021, 12:01 WIB
SHARE ARTIKEL

Terminal 1 Bandara Internasional Guangzhou Baiyun - Image from Global Times

Guangzhou, Bolong.id - Pada tahun 2020, Bandara Internasional Baiyun Guangzhou menduduki puncak daftar bandara penumpang tersibuk di dunia, dan Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta, yang telah menempati posisi ini selama 22 tahun, turun tahta.

Dilansir dari Global Times pada Minggu (25/04/2021) Airport Council International (ACI) menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pada tahun 2020, ketika pandemi mengganggu perjalanan udara global, peringkat Bandara Baiyun telah naik dari peringkat 11 menjadi peringkat pertama.

Bandara Hartsfield-Jackson turun ke posisi kedua. Enam bandara Tiongkok lainnya, termasuk Bandara Ibu Kota Beijing, juga masuk dalam peringkat 10 besar dunia.

Bandara Internasional Shanghai Hongqiao melonjak 37 peringkat (dari 46 pada 2019 menjadi 9 pada 2020), sementara Bandara Internasional Pudong, yang biasa digunakan untuk penerbangan internasional, keluar dari 10 besar.

Laporan ACI mengkonfirmasi "perombakan besar" dari peringkat bandara global Tahun lalu, industri penerbangan dunia anjlok karena pandemi, dan negara-negara Eropa dan Amerika bahkan lebih terpengaruh. Bandara internasional utama di kota-kota seperti Los Angeles, Dubai, Tokyo, Chicago, London, dan Paris semuanya masuk dalam 10 besar dunia.

Pengendalian efektif Tiongkok atas pandemi domestik, ditambah dengan jaringan penerbangan domestik yang besar, telah menjadikannya satu-satunya negara besar yang telah sepenuhnya memulihkan kapasitas transportasinya. Namun, Tiongkok sebagian besar masih menutup jalur masuk bagi wisatawan internasional.

Menurut data ACI, throughput penumpang udara global telah turun 65% pada tahun 2020.

Bandara Guangzhou mengalahkan Bandara Atlanta untuk menjadi bandara tersibuk di dunia. Meskipun throughput penumpang pada tahun 2020 akan turun 40% year-on-year menjadi 43,8 juta penumpang, ini cukup untuk membuat Guangzhou Baiyun Bandara naik ke nomor satu dalam peringkat tahunan. Sebaliknya, throughput penumpang Bandara Atlanta turun 61% menjadi 42,9 juta penumpang.

Dengan pulihnya industri penerbangan domestik Tiongkok ke level yang tinggi, 7 bandara Tiongkok telah masuk 10 besar secara global, dan 3 sisanya adalah bandara AS.

Sepuluh bandara tersibuk di dunia pada tahun 2020 adalah Bandara Baiyun Guangzhou, Bandara Hartsfield-Jackson Atlanta, Bandara Shuangliu Chengdu, Bandara Internasional Dallas-Fort Worth, Bandara Baoan Shenzhen, Bandara Ibukota Beijing, Bandara Denver, Bandara Changshui Kunming, Bandara Shanghai Hongqiao , Bandara Xi'an Xianyang. (*)


Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

news

Bandara Harbin Layani 152.000 Penumpang Selama Festival Pera...

  • Lupita
  • 15 Jun 2021

news

Bandara Baiyun Guangzhou Tambah Titik Uji Asam Nukleat, Hasi...

  • Nurul Diah
  • 11 Jun 2021

news

Bandara Beijing dan Wuhan Batalkan Penerbangan karena Cuaca ...

  • Lupita
  • 16 May 2021

news

Bandara Baiyun Guangzhou Batalkan 158 Penerbangan Akibat Cua...

  • Lupita
  • 06 May 2021

news

Bandara Daxing Beri Peringatan Dini Tentang Adanya Penundaan...

  • Edwin Adriaansz
  • 05 May 2021

culture

SEJARAH: Tahun 1998 Bandara Internasional Baru Hong Kong Sel...

  • Lupita
  • 25 Apr 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong