Baca dalam 3 menit

Kitab Huangdi Neijing, Buku Medis Pertama di Tiongkok

Waktu Publish : 08 May 2021, 12:16 WIB
Sumber : chinawenhua
SHARE ARTIKEL

Kaisar Kuning - Image from Chinawenhua

Bolong.id - Saat ini, obat tradisional Tiongkok sudah banyak diakui di berbagai negara, obat herbal asal Tiongkok ini juga disebut ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Namun, obat tradisional ini memiliki sejarah panjang dan banyak naskah medis berharga yang digunakan secara turun temurun.

Naskah tersebut merupakan bagian penting dari warisan budaya dan kaya. Dan buku medis pertama yang ada di Tiongkok adalah Kitab Huangdi Neijing (黄帝内经).

Ini adalah sebuah naskah medis Tiongkok kuno yang telah diperlakukan sebagai sumber doktrinal mendasar untuk pengobatan Tionghoa selama lebih dari dua milenium.

Karya ini terdiri dari dua naskah, masing-masing delapan puluh satu bab atau risalah dalam format tanya jawab antara Kaisar Kuning yang mistis dan enam menterinya yang sama legendarisnya.

Klasik medis yang dicatat dalam kitab ini bukan dari tangan satu orang, tetapi hasilnya diakumulasikan oleh banyak ilmuwan medis dalam jangka panjang, ini adalah tentang buku dalam periode Negara Berperang.

Di bawah bimbingan tesis lima baris Yin dan Yang dalam filsafat kuno kita, Kitab secara komprehensif dan sistematis membahas fisiologi manusia, patologi, etologi, diagnosis, dll. Pembeda pediatrik, ginekologi dan 31 jenis penyakit lainnya, serta pengobatan seperti, akupunktur, pijat dan perawatan lainnya.

Kitab Huandi Neijing adalah karya medis klasik yang mencakup teori medis yang kaya dan pengalaman praktik klinis, yang mencerminkan pencapaian perkembangan obat kuno di Tiongkok dan menempati posisi penting dalam sejarah kedokteran di Tiongkok dan dunia. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3