Baca dalam 10 menit

Angka Mujur dan Sial versi China

Waktu Publish : 26 Jun 2021, 10:06 WIB
SHARE ARTIKEL

Angka Pembawa Rezeki dan Kesialan Menurut Tradisi China - Bisnis  Liputan6.comangka - Image from Liputan6.com

Jakarta, Bolong.id - Di Tiongkok, angka keberuntungan memiliki pengucapan yang mirip dengan kata-kata dengan arti keberuntungan. Angka 8 memiliki arti yang sangat penting sebagai angka keberuntungan.

Dilansir dari China Highlight.com pada (06/04/2021) pada tingkat lebih rendah 2, 6, dan 9 dianggap beruntung. 4 adalah angka paling sial di Tiongkok. Selain takhayul angka umum ini, fengshui dan zodiak Tiongkok menentukan angka keberuntungan yang berbeda untuk tempat/orang yang berbeda.

Angka Paling Beruntung di Tiongkok: 8

Angka 8 adalah angka yang paling disukai di Tiongkok modern karena hubungannya dengan kekayaan dan keberuntungan. Orang Tiongkok menyukai angka ini baik dalam hal-hal sepele maupun dalam momen-momen besar. Angka 8 diberikan prioritas tertinggi saat membeli plat nomor atau membeli rumah.

Misalnya, apartemen di lantai delapan akan paling didambakan di seluruh gedung itu. Atau alamat dengan nomor 8 di dalamnya akan dianggap beruntung. Plat nomor mobil yang berisi 8 akan dijual dengan harga lebih tinggi dari yang biasa. Nomor ponsel lebih disukai jika berisi satu atau lebih angka 8.

Mengapa 8 Menguntungkan

8 dianggap beruntung dan disukai oleh orang Tionghoa karena memiliki makna baik dalam budaya tradisional maupun modern.

(I) Taoisme Tradisional

Dalam budaya Tao, 8 dikaitkan dengan keutuhan dan kelengkapan. Menurut I Ching (易经), bagua (八卦), atau delapan trigram, adalah fondasi yang menghasilkan segalanya.

Delapan Arah (Bafang) mewakili seluruh alam semesta dalam konsep spasial Tao. Delapan arah ini juga digunakan untuk menjelaskan takdir individu, seperti dalam Bazi (八字), metode meramal Tiongkok yang menggambarkan perjalanan hidup seseorang menurut trigram tanggal lahirnya.

(II) Bisnis Modern

Di Tiongkok modern, '8' dikaitkan dengan kekayaan. 'Delapan' (八) dalam bahasa Tiongkok diucapkan 'ba' dan terdengar mirip dengan fa (发, yaitu facai ), yang berarti "kaya" atau "menjadi kaya dalam waktu singkat". Jadi 8 dikatakan mengundang kekayaan besar.

Mengaitkan '8' dengan uang diyakini berasal dari budaya Kanton, terutama di Hong Kong - pusat bisnis - dan segera menjadi populer di bagian lain Tiongkok, karena negara dan rakyatnya mengejar pembangunan ekonomi, dan memperoleh keuntungan dan keuntungan materi. .

Contoh Favorit Tiongkok 8

(I) Olimpiade 2008

Mungkin contoh terbaik yang menunjukkan bagaimana orang Tiongkok menyukai angka 8 adalah Olimpiade Beijing 2008.

Upacara pembukaan dimulai tepat pukul 8 menit 8 detik lewat pukul 8 malam pada tanggal 8 Agustus, bulan ke-8 tahun ke-8 abad ke-21. Hal ini dengan harapan dapat memenangkan persaingan global ini secara maksimal dan mendulang kesuksesan bagi negara.

(II) Tanggal Lahir

Pasangan Tiongkok juga ingin menangkap tanggal lahir untuk bayi mereka. Pada tahun 2008, ada 170 juta bayi baru lahir, 5 juta lebih banyak dari tahun 2007, membuat rekor sejak awal 1990-an. Sebagian besar bayi lahir sekitar bulan Agustus (bulan ke-8). Banyak yang berharap keberuntungan angka 8 akan membawa rejeki bagi anak-anaknya.

(III) Plat Nomor

Kesukaan orang Tiongkok pada angka 8 bahkan dapat dilihat dari hal-hal kecil seperti plat nomor. Pada tahun 2014, dua plat nomor dengan "8888" dijual seharga RMB 12 juta dan RMB 17,2 juta secara terpisah di Zhengzhou dan Shenzhen, harga yang sangat tinggi.

(IV) Nomor Rumah, Nomor Telepon, Tanggal Pernikahan

Dalam memilih rumah (apartemen atau nomor lantai), nomor telepon, atau tanggal acara seperti pernikahan, pertunangan, dll ada preferensi tinggi untuk angka dengan 8 di dalamnya.

Atraksi Wisata Terkait dengan '8'

  • Bagian Tembok Besar yang paling banyak dikunjungi disebut Badaling - '8 Pegunungan Besar (Gunung)'.
  • Delapan Masakan Besar (八大菜 Ba Da Cai) adalah landasan budaya makanan Tiongkok yang dalam dan beragam.
  • Bagian Tembok Besar Huangyaguan memiliki labirin bersisi delapan seperti bagua Tao.
  • Kata "pagoda" berarti 'menara 8 sisi' (八角塔 bajiaota) dan ada banyak yang bisa dilihat di Tiongkok, termasuk pagoda besi yang sangat tua di Kaifeng.
  • Bajiaozhai (八角寨) - 'Desa Gunung 8 Sisi' adalah daerah di Guilin yang terkenal dengan formasi batu pasir curam yang menarik.

Angka Keberuntungan Lainnya di Tiongkok

Sementara 8 adalah angka keberuntungan yang sangat penting, kita tidak dapat mengabaikan pentingnya angka lain, yang dijelaskan di bawah ini.

Angka 2 orang Tiongkok sangat percaya pada harmoni dan keseimbangan, oleh karena itu angka genap secara alami lebih disukai daripada angka ganjil. Angka 0 adalah bilangan bulat dan genap, terutama untuk uang, dan dengan demikian dianggap sebagai angka keberuntungan.

Angka 2 (两), diucapkan er atau liang , dianggap sebagai keberuntungan karena orang Tiongkok percaya bahwa semua hal baik datang berpasangan. Hal ini terlihat pada karakter berulang pada beberapa nama merek atau hadiah.

Angka 3

Angka 3 (三), diucapkan san , dianggap beruntung karena kesamaan bunyinya dengan kata yang berarti kelahiran. Selain itu, angka ini mewakili tiga tahap dalam kehidupan manusia - kelahiran, pernikahan, kematian - yang menambah pentingnya dalam budaya Tiongkok.

Angka 5

Angka 5 (五), diucapkan wu , dikaitkan dengan lima elemen - tanah, air, api, kayu, logam - yang dianggap sebagai dasar dunia dalam budaya Tiongkok kuno dan dikaitkan dengan kaisar Tiongkok. Angka ini lebih memiliki makna sejarah.

Contohnya adalah Gerbang Tiananmen yang merupakan pintu masuk utama ke Kota Terlarang. Gerbang ini berisi 5 lengkungan. Dalam sejarah Tiongkok, angka 5 digunakan dalam banyak klasifikasi, seperti lima rasa (pedas, manis, asam, asin, pahit), lima gunung suci (Huashan, Hengshan di Hunan, Hengshan di Shanxi, Songshan dan Taishan) dan seterusnya. .

Angka 6

Angka 6 (六), diucapkan liu, dianggap beruntung karena terdengar seperti kata yang berarti 'mengalir', dan dapat menunjukkan kemajuan yang mulus dalam hidup. Ini juga berarti kaya. Mirip dengan 8, 6 lebih disukai di plat nomor dan nomor telepon. Ketika pasangan bertunangan, pria biasanya menawarkan hadiah kepada keluarga gadis yang biasanya berupa uang (RMB 6.666 dan semacamnya) dan hadiah ini menandakan kehidupan yang harmonis bagi pasangan tersebut.

Jika seseorang merayakan ulang tahunnya yang ke-66, itu adalah peristiwa besar. Dalam bisnis, 6 dianggap beruntung. Usaha atau kontrak baru ditandatangani pada tanggal yang memiliki 6 di dalamnya.

Angka 7

Angka 7 (七), diucapkan qi/ chi , adalah angka yang melambangkan kebersamaan dan harmoni karena dianggap sebagai penyatuan yin, yang dan lima elemen (dijelaskan di atas) dalam Konfusianisme.

Angka 9

Angka 9 (久), diucapkan jiu , adalah angka yang populer, seperti 6 dan 8. Ini mirip dengan kata yang berarti abadi. Adalah umum untuk memberi hadiah 99 mawar kesayangan Anda pada Hari Valentine di Tiongkok. 9 adalah angka satu digit tertinggi dan karenanya mewakili kelengkapan.

Ini membuatnya sangat populer di kalangan Kaisar yang menggunakannya dalam banyak aspek pemerintahan mereka, mulai dari membagi kekaisaran menjadi 9 benua, mengenakan jubah kekaisaran sembilan naga, sistem sembilan peringkat untuk pejabat, dll. Dalam mitologi Tiongkok, dikatakan bahwa Naga memiliki 9 anak.

Teori lima elemen dan angka fengshui Keberuntungan untuk fengshui yang baik , Anda dapat membaca lebih lanjut tentang

Filosofi lima elemen angka dan angka penting yang terkait dengan setiap elemen: kayu, api, tanah, logam, dan air.

Angka Kesialan di Tiongkok

Di atas menangkap semua yang harus Anda ketahui tentang angka keberuntungan. Namun, kita juga harus memperhatikan beberapa angka sial saat berada di Tiongkok.

Angka 4

Sementara hanya beberapa angka yang dianggap sial di Tiongkok, angka 4 adalah yang paling sial karena berima dengan kata yang berarti kematian.

Menariknya, Anda akan melihat ini di lift gedung yang biasanya menghilangkan nomor ini. Berikut gambar lift untuk lantai genap dimana nomor 4 tidak disebutkan sama sekali.

Sebagai tambahan, memberikan uang atau benda apa pun yang memiliki angka 4 (40 atau 14 RMB) yang terkait dengannya dianggap tidak menguntungkan. Faktor ini turun ke cara harga produk di Tiongkok dibandingkan dengan negara lain dan jumlah uang tunai yang disajikan dalam amplop merah dan bentuk pemberian lainnya.

Angka 3

Angka 3 bisa sial juga tergantung situasi dan penggunaannya. Misalnya, pemberian kepada teman atau pasangan jarang mengandung angka 3 dalam bentuk asosiasi apa pun. Tiga diucapkan ' san ' yang mirip dengan kata yang berarti 'berpisah'.

Menghina 250

Angka 250 adalah kumpulan angka lain yang digunakan sebagai penghinaan untuk menyebut seseorang bodoh atau mengejek kecerdasan mereka dalam bahasa informal. (èr bǎi wǔ) adalah cara literal untuk mengatakan 250 dalam bahasa Tiongkok tetapi orang malah mengatakan 'lǐang bǎi wǔ'. 250 adalah setengah jin sehingga disamakan dengan 'setengah otak'.(*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

technology

Bahas Kehidupan Astronot Wanita di Luar Angkasa

  • Lupita
  • 18 Oct 2021

news

Hampir Punah, Cagar Alam Guangxi Komitmen untuk Lindungi Lut...

  • Lupita
  • 16 Oct 2021

news

Dari 3 Astronot Shenzhou-13 Ini, Wang Yaping Paling Cantik

  • Djono W. Oesman
  • 15 Oct 2021

news

Polisi di Changzhi Bekuk 12 Pengedar Narkoba

  • Djono W. Oesman
  • 14 Oct 2021

news

China Resmikan Pameran Kerangka Dinosaurus 3D di Kunming

  • Lupita
  • 12 Oct 2021

news

Pantauan Universitas Normal Beijing terhadap Cerpelai

  • Djono W. Oesman
  • 07 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong