Baca dalam 3 menit

7 Tips Ini Bisa Membantu Saat Belanja di China

SHARE ARTIKEL

China shopping market - Image from his-travel.co.id

Jakarta, Bolong.id - Bukan hanya jalan ke Roma punya 1.000 pilihan. Beli barang dari Tiongkok juga banyak caranya. Traveling ke Tiongkok pasti turis tidak akan melewatkan kesempatan belanja. Tapi ada cara yang dianggap efektif lho, untuk belanja disana.

Kalau begitu, apa saja ya tips cerdas beli barang dari Tiongkok? Simak daftar dan ulasannya berikut ini, ya!

1. Cari barang di outlet atau toko

Toko di Tiongkok menyediakan banyak barang mulai dari tas,dompet,sepatu hingga barang elektronik. Namun, kualitas barang yang ditawarkan juga beragam. Jika ingin membeli barang dengan kualitas baik, kamu bisa pergi ke outlet atau toko.

2. Hindari membeli di pasar malam

Belanja di pasar malam memanglah menyenangkan, dengan suasana malam dan barang-barang murah. Kita pasti mudah tergiur, tapi ternyata barang yang dijual di pasar malam banyak yang berkualitas rendah bahkan palsu.

Jadi jika ingin membeli barang dengan merek terkenal yang asli hindari pasar malam. Pilih saja di pasar besar dengan kios dan outlet permanen.

3. Teliti memilih

Meski telah membeli di outlet atau toko resmi, Anda harus tetap waspada terhadap kualitas barang yang dibeli. Jika membeli tas kulit, perhatikan dengan baik apakah tas yang dipilih terbuat dari tas asli atau imitasi.

Selain itu, periksa pula apakah ada cacat di barang belanjaan. Untuk yang membeli barang elektronik, jangan lupa untuk mengetes barang apakah bisa berfungsi dengan baik.

4. Tawar!

Jangan sekali-kali membeli tanpa menawar. Umumnya, harga yang diajukan pertama kali cukup tinggi.

"Harus tawar. Mereka jualnya mahal banget. Tawar saja langsung 50-70%, dapet deh pasti," tutur Arin, salah seorang traveler yang rutin ke Tiongkok.

5. Siapkan kalkulator

Jika tidak bepergian dengan penduduk lokal, bahasa bisa jadi kendala. Untuk itu gunakan kalkulator untuk mengetahui harga dan khususnya untuk menawar.

6. Ajak Penduduk Lokal

Jika kalian punya kenalan penduduk lokal, kalian bisa ajak mereka untuk belanja. Jangan lupa minta bantuannya untuk menawar ya, sangat membantu lho!

7. Jangan terpaku pada satu toko

Di Tiongkok banyak toko yang menjual barang yang bagus, jika kamu belanja disana jangan terpaku pada satu toko saja ya. Keluar dan pergilah ke toko lain. Mungkin kamu bisa menemukan barang yang sama dengan harga yang lebih murah atau barang yang lebih bagus. Dilansir dari Detik Travel pada Kamis (12/11/2020).

Jadi itu dia beberapa tips yang bisa kamu pakai, saat berbelanja di Tiongkok! 

(*)

Terkait

culture

7 Tips Ini Bisa Membantu Saat Belanja di China

  • Lupita
  • 12 Nov 2020
Logo follow bolong