Baca dalam 4 menit

AS Miliki Pahlawan Super, Jepang Punya Anime, Lalu China Punya Apa?

Waktu Publish : 21 Jun 2021, 11:53 WIB
SHARE ARTIKEL

Novel China - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Ketika para pahlawan super dari alam semesta Marvel Amerika dan budaya ACG Jepang menyapu dunia, novel online Tiongkok diam-diam naik dan berkembang pesat. Fantasi, Wuxia, dan Xianxia tidak hanya genre novel online populer di Tiongkok, tetapi juga menarik banyak penggemar di luar negeri. Bahkan ada anekdot bahwa "novel online Tiongkok berhasil membuat pria Amerika berhenti dari kecanduan narkoba".

Dilansir dari Zhuanlan.zhihu.com, novel online tampaknya telah menjadi kekuatan utama dalam ekspor budaya Tiongkok. Pada tahun 2014, Amerika Serikat membuat situs web bernama Wuxiaworld, yang mengkhususkan diri dalam menerjemahkan novel online domestik. Segera setelah pendirian situs, itu menarik banyak penggemar muda. Setahun kemudian, jumlah kunjungan ke situs tersebut melebihi 2,39 juta dan jumlah pembacaan mencapai 52,59 juta.

Ada lebih dari satu situs web semacam itu. Menurut data, ada sekitar 200 situs terjemahan online serupa di luar negeri. Dapat dilihat bahwa novel online Tiongkok benar-benar terkenal ke luar negeri, dan mereka telah mencapai hasil yang baik.

Sebelum maraknya Internet di Tiongkok, novel ringan, manga, dan animasi Jepang selalu menduduki pasar oriental di luar negeri. Ketika pembaca luar negeri bosan dengan novel ringan dan rutinitas animasi gaya Jepang, novel online Tiongkok memang bisa menjadi hobi baru.

Selain Wuxiaworld, ada situs web terjemahan yang juga sangat terkenal, dan rasio klik-tayangnya bahkan melebihi situs web teks web domestik yaitu Gravity Tales.

Novel China - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Banyak pembaca asing mulai memahami budaya Tiongkok untuk memperjelas unsur-unsur budaya tradisional Tiongkok dalam teks online dan bahkan menerbitkan terjemahan bahasa Inggris dari senjata Tiongkok sebagai ilmu pengetahuan populer.

Pembaruan novel setara dengan stasiun pengumpulan informasi, dan informasinya dapat disebut komprehensif, dengan semua novel yang diterjemahkan di Eropa, Asia, Tiongkok, Jepang, dan Korea. Sembilan dari sepuluh hit teratas adalah novel online Tiongkok.

Sebelum novel online Tiongkok menjadi populer di Eropa dan Amerika, novel-novel tersebut telah memicu gelombang di Asia Tenggara. Di sebuah toko buku di pusat komersial Bangkok, Thailand, setengah dari bagian terlaris adalah novel online dari Tiongkok.

Di situs novel online Vietnam, 100 teratas adalah novel online Tiongkok. Novel online pernah menyumbang 80% dari karya sastra Tiongkok yang diimpor dari Vietnam.

Meskipun novel online masih dalam masa pertumbuhan di luar negeri, dan hak cipta sebagian besar berada di wilayah biasa, kemampuan novel online untuk melingkari penggemar tidak boleh diremehkan, dan mereka memiliki kecenderungan untuk menjadi kekuatan utama ekspor budaya Tiongkok.

Jika Amerika Serikat memiliki Hollywood, Marvel, Jepang memiliki dimensi kedua, dan Korea Selatan memiliki drama idola, maka Tiongkok juga dapat mengandalkan novel online untuk menciptakan dunia di pasar budaya. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Kapal Nelayan Tiongkok Karam di Perairan Barat Korea Selatan...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

business

Forum Bisnis Indonesia-China KBRI Beijing Hadirkan Sinovac d...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

news

China Gunakan Teknologi Kecerdasan Buatan untuk Tingkatkan A...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

news

Produk Indonesia Dipromosikan Acara The Colours of Indonesia...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

culture

Mengenal Budaya Serigala Oleh Karyawan Huawei, Jam Kerja Pan...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

business

Huawei Punya Penyimpanan Energi Terbesar di Dunia, Kapasitas...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong