Baca dalam 3 menit

Inilah Tafsir Mimpi Cara China

Waktu Publish : 26 Jun 2021, 10:19 WIB
SHARE ARTIKEL

Mimpi buruk - Image from SehatQ

Jakarta, Bolong.id - Tafsir mimpi, ternyata juga dilakukan orang Tiongkok. Mereka mengaitkan arti mimpi dengan teks kuno dan tradisi. Yang tentu saja beda dengan negara lain.

Dilansir dari China Highlights pada (20/04/2021), temukan arti mimpi cara Tiongkok di bawah ini.

Apa Itu Mimpi?

Ketika seseorang tidur, otak beristirahat seperti halnya tubuh, tetapi tidak sepenuhnya. Beberapa korteks serebral masih aktif, dan energi saraf ini adalah manifestasi fisik dari mimpi.

Dalam masyarakat suku kuno, mimpi sering dianggap sebagai petunjuk dari dewa atau gangguan dari roh jahat.

Orang Tiongkok kuno (TCM) membahas mengapa orang bermimpi dari sudut pandang pengobatan tradisional Tiongkok. TCM berteori bahwa kekurangan atau kelebihan yin atau yang (dua jenis energi vital atau qi) dalam tubuh atau menderita penyakit tertentu menyebabkan mimpi. Juga, seperti ahli teori mimpi lainnya di seluruh dunia, kepercayaan tradisional Tiongkok mengatakan bahwa jika orang berpikir terlalu banyak di siang hari atau memiliki emosi yang berlebihan, mereka juga akan bermimpi.

Sebagian besar teori mimpi modern mengatakan bahwa mimpi adalah cara pikiran memproses peristiwa hari/kehidupan seseorang. Selain itu, kondisi fisik si pemimpi juga dapat mempengaruhi mimpi, seperti kenyamanan tidur, proses pencernaan, kimia tubuh, atau penyakit fisik. Beberapa orang memiliki beberapa tingkat kesadaran dalam mimpi mereka dan bahkan beberapa pemikiran logis. Beberapa mimpi diingat jika si pemimpi bangun selama siklus mimpi. Namun, sebagian besar lainnya tidak mengingat apapun.

Para ilmuwan telah melakukan eksperimen untuk mempelajari mimpi. Dengan menghentikan orang dari mimpi (terus-menerus membangunkan orang yang sedang tidur ketika gelombang otak kondisi mimpi dimulai), ditemukan bahwa kekurangan mimpi dapat menyebabkan sejumlah kelainan fisiologis pada tubuh manusia, seperti perubahan abnormal pada tekanan darah, denyut nadi, suhu tubuh, dan melemahnya sistem saraf. Pada saat yang sama, itu juga dapat menyebabkan sejumlah efek psikologis yang merugikan seperti kecemasan, gugup, cepat marah, halusinasi, gangguan memori, dll.

Jadi, kita membutuhkan mimpi, mimpi adalah salah satu proses penting dalam fungsi normal tubuh manusia. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur tanpa mimpi adalah tanda kelelahan, kerusakan otak, atau penyakit. Hasil penelitian ilmiah terbaru menunjukkan bahwa mimpi diperlukan untuk perkembangan otak yang sehat dan pemeliharaan pemikiran normal.

Tetapi apakah mimpi memiliki nilai bagi kita selain menjaga otak tetap sehat? Apakah mereka memberi kita wawasan yang mendalam, prescient, atau supernatural? Bisakah kita menafsirkan mimpi menurut seperangkat prinsip?

Apa Arti Mimpi?

Teori Mimpi Psikoanalis Barat

Psikolog Austria yang terkenal Sigmund Freud (1856-1939) secara resmi mengusulkan konsep psikoanalisis pada tahun 1895 dan menerbitkan karya yang membuat zaman "Analisis Mimpi" pada tahun 1899. Freud percaya bahwa mimpi mencerminkan keinginan jauh di dalam hati manusia. Dan di alam bawah sadar, keinginan ini terwujud melalui penyamaran dan transformasi tertentu untuk membentuk mimpi. Freud menciptakan sekolah psikologi baru berdasarkan analisis mimpi dan alam bawah sadar, yang disebut sekolah psikoanalitik.

Kontributor lain untuk sekolah psikoanalitik adalah psikolog Swiss Carl Gustav Jung (1875-1961). Jung percaya bahwa "mimpi adalah produk, spontan dan tidak terdistorsi, dari pikiran bawah sadar..." dan bahwa mimpi menunjukkan kepada kita kebenaran alami yang tidak dimodifikasi.

Selain itu, psikolog Amerika Erich Fromm (1900-1980) percaya bahwa mimpi adalah sejenis bahasa simbolik dengan karakteristik yang mirip dengan mitologi.

Ada cendekiawan Barat lainnya yang percaya bahwa mimpi menyediakan tempat untuk memuaskan kerinduan emosional, yang menghilangkan stres si pemimpi, yaitu apa yang tidak dapat Anda lakukan dalam kehidupan nyata, Anda akan coba lakukan dalam mimpi Anda. Karenanya sindirannya: "Dalam mimpimu!"

Teori Interpretasi Mimpi Tiongkok

'Zhou Duke Interprets Dreams' (周公解梦Zhou Gong Jie Meng) adalah teks Tiongkok klasik yang merupakan dasar dari sebagian besar ide interpretasi mimpi Tiongkok tradisional.

Adipati Zhou Menafsirkan Mimpi dikaitkan dengan Ji Dan, bergelar Adipati Wen dari Zhou selama pemerintahannya (1042–1035 SM) di awal Dinasti Zhou (1046–221 SM), bersama dengan karya klasik konfusianisme lainnya seperti Kitab Perubahan (I Ching atau Yi Jing) dan The Book of Poetry (Shi Jing), yang juga kemudian dikaitkan dengan Konfusius sendiri, meskipun semuanya mungkin ditulis dan diubah oleh orang lain dari waktu ke waktu, sebelum distandarisasi sebagai klasik sekitar masa Kaisar Wu Han (memerintah 157–87 SM).

Konfusius memuja Adipati Zhou, dan menulis bahwa ia memimpikan adipati, yang menyebabkan Adipati Zhou dipuja sebagai dewa mimpi.

Adipati Zhou dulu, dihormati sebagai penguasa yang bajik sampai-sampai ia diberi gelar Orang Bijak Pertama, dan karya-karyanya mempengaruhi pemikiran Tiongkok hingga hari ini. Satu area di mana hal ini khususnya terjadi adalah di area mimpi.

Interpretasi Tiongkok dari Mimpi Umum

Kita sering dikejutkan oleh mimpi yang aneh dan membingungkan. Apa yang mereka maksud? Inilah yang dipikirkan orang Tiongkok berdasarkan buku tebal kuno yang disebutkan di atas, Adipati Zhou Menafsirkan Mimpi.

Arti Mimpi Hewan :

Memimpikan kutu: Kutu menjengkelkan dan mewakili kerugian dalam mimpi. Jika Anda melihat kutu dalam mimpi Anda, Anda berada dalam situasi yang tidak menguntungkan dan harus berhati-hati agar orang lain tidak menipu Anda.

Memimpikan tikus: Tikus selalu muncul dalam peran yang berlawanan, jadi dalam mimpi, tikus menyiratkan bahaya. Jika anda mengusir tikus dalam mimpi, itu artinya anda dapat mengatasi kesulitan dan mengatasi masalah atau musuh.

Mimpikan ular: Dalam mitos dan cerita rakyat di banyak negara termasuk Tiongkok, ular muncul sebagai orang bijak dan dewa, jadi ketika kemunculan ular dalam mimpi adalah mitos, sering kali melambangkan kebijaksanaan. Selain itu, ular adalah hewan sensitif dengan respons intuitif seperti manusia. Oleh karena itu, orang sering mendapatkan wahyu jika mereka memiliki ular dalam mimpi mereka.

Memimpikan laba-laba: Bermimpi laba-laba berarti dengan menjadi energik dan berhati-hati dalam bekerja, penghasilan Anda akan tumbuh dengan memuaskan. Memimpikan laba-laba menenun jaring menyiratkan bahwa Anda harus bekerja keras untuk menjadi sukses.

Memimpikan kucing: Kucing sering melambangkan wanita. Dalam mimpi, itu mewakili rasa manis dan sedikit kelicikan. Jika Anda bermimpi memelihara kucing, itu menandakan bahwa Anda akan mendapatkan uang.

Memimpikan anjing: Anjing dicirikan oleh kesetiaan kepada pemiliknya dan galak dengan musuh-musuhnya. Di satu sisi, itu sering melambangkan moralitas dan disiplin diri. Anjing dalam mimpi adalah penjaga kode etik internal si pemimpi, norma, dan moralitas. Di sisi lain, itu melambangkan persahabatan, menunjukkan kesetiaan dalam cinta dan persahabatan.

Bermimpi kecoak: Artinya ada seseorang di sekitar kamu yang kamu benci, dan kamu berusaha untuk menyingkirkannya, tetapi tidak ada yang bisa kamu lakukan. Anda harus beralih ke teman Anda untuk membantu Anda menemukan solusi, jika tidak maka akan menjadi lebih serius.

Bermimpi singa: Singa melambangkan kekejaman dan kekuatan dalam mimpi. Singa dalam mimpi biasanya dikaitkan dengan martabat, kekuatan, kemuliaan, dan keberanian, dan ini adalah kualitas yang harus Anda miliki untuk mencapai kesuksesan. Bermimpi berkelahi dengan singa menunjukkan bahwa kamu akan menghadapi tantangan dan peluang dalam karir kamu dan kamu akan memiliki pertumbuhan yang besar.

Arti Mimpi Orang :

Memimpikan bayi: Memimpikan bayi, di satu sisi, dapat menunjukkan kemurnian dan kesederhanaan Anda sendiri, yaitu bahwa Anda berada di sisi non-sosial, atau dapat menyiratkan kerapuhan Anda sendiri dan keinginan untuk dicintai. Di sisi lain, itu bisa menunjukkan kemajuan pribadi Anda, yaitu Anda akan melanjutkan hidup Anda, Anda akan mendapatkan peluang baru dan keberuntungan, kerja keras Anda sebelumnya akan dihargai, dan tahap kehidupan baru akan dimulai.

Bermimpi tentang kehamilan: Jika Anda bermimpi tentang kehamilan, sebagian besar menyiratkan bahwa Anda harus melalui waktu yang lama menunggu untuk menyelesaikan sebuah rencana. Anda telah menemukan potensi atau proyek baru. Bermimpi tentang kehamilan bukan karena Anda benar-benar hamil dalam kehidupan nyata, tetapi dapat menyiratkan bahwa ada situasi hamil di sekitar Anda.

Memimpikan orang mati: Jangan takut jika anda memimpikan kematian. Ini belum tentu merupakan hal yang buruk. Memimpikan orang mati bisa berarti bahwa kamu ingin melupakan beberapa peristiwa masa lalu yang tidak menyenangkan dan siap untuk keluar dari frustrasi dan menyambut kehidupan baru. Kematian melambangkan bergerak, mengatasi, dll.

Arti Mimpi Kesehatan Buruk

Memimpikan gigi Anda rontok: Bermimpi tentang kehilangan gigi bisa menjadi simbol dari gigi itu sendiri. Salah satu sumber utama mimpi adalah rangsangan fisiologis, sehingga arti dari beberapa mimpi adalah respon langsung terhadap kondisi fisiologis. Gigi adalah hal terkuat di tubuh kita, jadi mereka juga merupakan simbol keteguhan. Aspek psikologis seperti keyakinan, nilai, dan pandangan dunia terkait dengan ketegasan. Oleh karena itu, memimpikan kehilangan gigi bisa berarti bahwa sistem kepercayaan asli kita sedang terpengaruh.

Memimpikan darah: Darah dalam mimpi sering berarti kekayaan, dan juga merupakan simbol vitalitas. Jika tindakan kekerasan terlibat dalam mimpi Anda, menyebabkan pertumpahan darah, itu berarti Anda memiliki kekuatan untuk menghancurkan diri sendiri. Jika pendarahan berhenti dalam mimpi, itu berarti anda menyadari kekuatan anda sendiri.

Arti Mimpi Alam

Memimpikan air: Air dalam mimpi adalah simbol kasih sayang, feminitas, atau kreativitas. Bermimpi air yang halus dan jernih menandakan kehidupan yang bahagia dan penuh keberuntungan.

Memimpikan laut: Memimpikan laut berarti akan segera ada kabar baik yang menggembirakan dalam karier kamu. Atau, dengan semakin makmurnya bisnis atau keluarga Anda, tanggung jawab dan kewajiban yang Anda pikul akan semakin berat. Seorang pengusaha yang bermimpi tentang laut menunjukkan bahwa bisnis sedang booming dan bisnis itu menyebar ke seluruh dunia.

Bermimpi api: Memimpikan api memiliki banyak penjelasan. Jika positif dalam mimpi, itu melambangkan gairah, keinginan, dan kekayaan; jika negatif, itu berarti frustrasi, kemarahan, kekhawatiran, atau kehancuran.

Bermimpi hujan: Hujan akan menghalangi perjalanan orang, jadi dalam mimpi, hujan berarti rintangan dan halangan. Jika Anda bermimpi hujan lebat, itu bisa menimbulkan masalah dalam memenuhi tenggat waktu.

Memimpikan gempa bumi: Memimpikan gempa bumi dalam mimpi anda berarti bahwa anda menyadari kecemasan batin. Sebelum Anda dapat mengatasi ketidaknyamanan ini, Anda harus menganalisisnya dengan cermat. Ada banyak perubahan dan perkembangan internal yang mendalam dalam hidup Anda, dan itu dapat muncul sebagai kejutan yang kuat dalam mimpi.

Mengambil Makna Mimpi Secara Rasional

Jangan terlalu bersandar pada satu tafsir mimpi untuk menilai karakter anda atau masa depan anda. Tetapi perhatikan secara rasional peringatan apa pun yang terkandung dalam mimpi Anda: alam bawah sadar Anda mungkin memanggil Anda dalam tidur Anda.

Mimpi memiliki karakteristik yang mudah berubah. Mereka dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya perubahan di lingkungan Anda, perubahan pola tidur, emosi negatif, tekanan psikologis, dll. Mencari tahu apa yang terkait dengan konten impian Anda terkadang bisa menjadi tantangan.

Selain itu, teori mimpi Tiongkok hanyalah satu sistem pemikiran untuk menafsirkan mimpi. Psikoanalis Barat sering memiliki analisis yang berbeda.(*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3