Baca dalam 3 menit

Wang Yi Hadiri Pertemuan Peringatan 30 Tahun Hubungan Dialog Tiongkok-ASEAN

Waktu Publish : 10 Jun 2021, 13:00 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

Wang Yi dalam Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN - Image from CGTN

Chongqing, Bolong.id - Pertemuan khusus para menteri luar negeri untuk memperingati 30 tahun hubungan dialog antara Tiongkok dan ASEAN diadakan di Chongqing pada tanggal 7 Juni.

Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri Wang Yi dan Koordinator Hubungan Tiongkok-ASEAN Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin yang merupakan ketua bersama Menlu negara-negara anggota ASEAN lainnya dan Sekretaris Jenderal ASEAN menghadiri pertemuan tersebut.

Dilansir dari Xinhua pada Selasa (8/6/2021), Wang Yi mengatakan bahwa dalam 30 tahun terakhir, Tiongkok dan ASEAN telah bergerak maju bergandengan tangan. Konotasi kemitraan strategis terus diperkaya, dan kerja sama di tiga bidang utama keamanan politik, ekonomi dan perdagangan, masyarakat dan kemanusiaan telah mencapai hasil yang bermanfaat.

Tiongkok dan ASEAN telah menjadi mitra dagang terbesar, mitra paling konotatif, dan mitra strategis paling dinamis. Pencapaian tersebut karena selalu mengutamakan pihak lain dalam hubungan luar negeri; selalu berorientasi pada manusia, berfokus pada kerja sama praktis; selalu menjunjung tinggi semangat kemitraan, bekerja sama untuk menghadapi tantangan besar; selalu mematuhi pengembangan terbuka dan mencapai hasil yang saling menguntungkan; selalu mengutamakan situasi keseluruhan dan menempatkan perbedaan di tempat yang tepat.

Wang Yi mengatakan bahwa Tiongkok dan ASEAN harus fokus pada 30 tahun ke depan, membangun kemitraan strategis ASEAN dengan tingkat yang lebih tinggi dan membangun komunitas yang lebih dekat dengan tujuan yang sama.

Untuk tujuan ini, pihak Tiongkok mengajukan enam saran yaitu, untuk memperdalam kerja sama melawan pandemi; mempromosikan pemulihan ekonomi; meningkatkan tingkat hubungan; segera mencapai kode etik di Laut Cina Selatan; menjunjung tinggi multilateralisme; dan bersama-sama mempromosikan nilai-nilai Asia.

Para menteri luar negeri ASEAN juga mengucapkan selamat ulang tahun ke-100 atas berdirinya Partai Komunis Tiongkok, memuji pencapaian besar Tiongkok, dan menyatakan kesediaan mereka untuk lebih menyelaraskan strategi pembangunan dengan Tiongkok dan mempromosikan hubungan ASEAN-Tiongkok ke tingkat yang lebih tinggi. (*)

Informasi Seputar Tiongkok



Terkait

news

Pembangunan Komunitas China-ASEAN Diserukan untuk Masa Depan...

  • Lupita
  • 10 Oct 2021

news

Pertukaran Pemuda China-ASEAN, Bahas Pendidikan di Pedesaan

  • Lupita
  • 27 Sep 2021

business

China dan ASEAN Puji Prestasi Kawasan Perdagangan Bebas

  • Isna Fauziah
  • 14 Nov 2020

news

PM China Imbau China dan ASEAN Saling Dorong Pemulihan Ekono...

  • Isna Fauziah
  • 14 Nov 2020

news

Dubes China untuk ASEAN Bagikan Episode Terpenting Kerja Sam...

  • Isna Fauziah
  • 03 Nov 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong