Baca dalam 3 menit

10 Film Ini Permudah Kamu Lebih Memahami Budaya Populer Tiongkok

Waktu Publish : 11 Jul 2021, 13:48 WIB
Sumber : RADII
SHARE ARTIKEL

Kris Wu dalam film Mr. Six - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id- Daftar film ini akan menyajikan tentang budaya pop Tiongkok selama beberapa dekade terakhir.

Dilansir dari RADII, film-film ini menyajikan gagasan periode sinematik musiman, seperti Festival Musim Semi (Tahun Baru Imlek), serta persilangan yang menguntungkan dengan brand besar dan masuknya musisi pop terkenal.

The Great Wall (Peter Wang, 1986)

Diakui secara luas sebagai film dengan fitur Amerika pertama yang dibuat di Tiongkok, drama komedi sutradara Peter Wang tetap menjadi bahan diskusi yang relevan, dengan plotnya seputar bentrokan budaya. Pemandangan Beijing tahun 1980-an ditampilkan dengan baik dalam film ini dan filmnya cukup lucu.

Poster film The Great Wall - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

The Dream Factory (Feng Xiaogang, 1997)

The Dream Factory dianggap sebagai film besar pertama festival Musim Semi. Film ini mengambil konsep film tahun baru Imlek Tiongkok dan mewakili sebagian besar selera film dari orang Tiongkok.

Poster film The Dream Factory - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Crazy Stone (Ning Hao, 2006)

Crazy Stone sangat populer di Tiongkok, dan mengantarkan gaya baru film komedi yang langsung diapresiasi oleh penonton Tiongkok. Dirilis pada 2006, ini adalah film popcorn pertama Tiongkok di era modern baru pembuatan film pasca 2000-an.

Crazy Stone - Image from cnmbd.com

Let The Bullets Fly (Jiang Wen, 2010)

Sebuah film yang menunjukkan keragaman Jiang Wen sebagai pembuat film, film ini berlatar era panglima perang di Tiongkok tahun 1920-an. Dicintai karena referensinya tentang masalah sosial dan budaya populer, film ini mendapat banyak pujian kritis, serta menjadi film Tiongkok tercepat yang menembus 100 juta RMB. Sebuah film unik, genre-bending, hampir seperti komedi hitam Barat-Tiongkok, dengan latar sejarah tetapi naskah dikemas dengan referensi meme online dan budaya populer.

Poster film Let The Bullets Fly - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Drug War (Johnnie To, 2012)

Poster Film Drug War - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Film ini bercerita tentang seorang produsen obat-obatan Hong Kong yang ditangkap oleh polisi di Tiongkok daratan yang hanya bisa bertahan hidup dengan berubah menjadi seorang informan yang menjual rekan bisnis lamanya. Dilema protagonis mencerminkan kenyataan yang dihadapi oleh banyak warga Hong Kong yang pergimencari nafkah di Tiongkok daratan, di mana hukum dan adat istiadat sangat berbeda dengan aturan yang ada di Hong Kong. Sutradara mengubah ending film untuk menyesuaikan sensor film Tiongkok, yang mengharuskan seorang penjahat untuk mati.

Finding Mr. Right (Xue Xiaolu, 2013)

Ini adalah film blockbuster pertama yang merinci masalah hukum seputar melahirkan di Tiongkok. Film ini menceritakan sepasang kekasih, yang telah meninggalkan Tiongkok, bertemu dan jatuh cinta di Seattle. Baru-baru ini, semakin banyak keluarga Tionghoa telah memutuskan untuk melahirkan anak-anak mereka di negara-negara Eropa dan Amerika dengan berpikir bahwa mereka dapat memiliki masa depan yang aman di tempat-tempat ini, film ini berfokus pada kisah orang-orang Tionghoa yang putus asa dan pindah dari negara.

Poster film Finding Mr. Right - Image from imdb.com

Monster Hunt (Hui Raman, 2015)

Monster Hunt menjadi film terlaris di Tiongkok setelah dirilis, dan bintang film ini yaitu, monster berbentuk lobak Wuba, menjadi ikon di dalam dan di luar negeri. Alibaba dan taman hiburan Chimelong memutuskan untuk memanfaatkan kekuatan marketing dari Wuba dan rekan-rekannya, bekerja sama dengan sekuel film tersebut untuk kampanye yang membantu mendefinisikan kembali potensi pasar untuk film laris Tiongkok.

Poster Film Monster Hunt - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Mr. Six (Guan Hu, 2015)

Drama kriminal klip cepat ini dibintangi salah satu sutradara paling berpengaruh di China, Feng Xiaogang, sebagai penjahat jalanan tituler Mr. Six, dan sering menjadi subjek dari Kris Wu sebagai pemimpin geng drag-racing. Film ini adalah sebuah ode untuk apa yang telah hilang di tengah semua perubahan yang terjadi di Tiongkok, saat ia menuju kapitalisme dan pembangunan/pertumbuhan.

Poster film Mr. Six - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

The Mermaid (Stephen Chow, 2016)

The Mermaid adalah mega-hit berikutnya setelah Monster Hunt. Dibuat oleh sutradara Stephen Chow, yang menyutradarai Kung Fu Hustle. The Mermaid adalah film bertema lingkungan yang dikemas dalam komedi slapstick.

Poster film The Mermaid - Image from imdb.com

Old Stone (Johnny Ma, 2016)

Old Stone menjelaskan secara detail mengenai ketidakseimbangan hukum atau aturan jalan di Tiongkok. Film ini mengomentari hukum menabrak seseorang dengan mobil di Tiongkok, yang lebih mengkriminalisasi pengemudi yang berhenti untuk membantu korban daripada jika dia membiarkan korbannya mati.

Poster film Old Stone - Image from Internet.


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

lifestyle

10 Film Berbahasa Mandarin Teratas Diumumkan di Beijing

  • Matsnaa
  • 24 Jan 2021

news

Film The Eight Hundred Pecahkan Rekor, Raup Rp3,7 T di Box O...

  • Yohana Intan
  • 31 Aug 2020

culture

Ditarik Tahun Lalu, Film "Eight Hundred" Akan Tayang 21 Agus...

  • Della Shafira Putri
  • 03 Aug 2020

culture

Film Tiongkok 'A Road to Spring' akan dirilis Agustus Mendat...

  • Della Shafira Putri
  • 30 Jul 2020

news

Film "Anak Iblis Nezha Datang ke Dunia" Memenangkan Pengharg...

  • Olivia Dian
  • 26 May 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong