Baca dalam 5 menit

Acara TV Ini Bawa Musisi Indie China Naik Panggung

Waktu Publish : 27 Jul 2021, 13:16 WIB
Sumber : China Daily
SHARE ARTIKEL

Juri-juri Strawberry Man - Image from Youku Show


Beijing, Bolong.id - Acara reality show The Big Band yang tayang perdana di Tiongkok pada musim panas 2019, wadah bagi -band indie. Diproduksi iQiyi, itu menampilkan 30 band, baik yang populer maupun baru.

Dilansir dari China Daily pada Senin (26/7/2021), setelah musim pertamanya sukses, dilanjut musim kedua di musim panas 2020. Di masa pandemi Corona, acara ini cocok.

Pada musim panas ini, penggemar kecewa ketika reality show itu dibatalkan. Namun, sebuah reality show baru hadir, yang dapat mengimbangi kekecewaan tersebut.

Strawberry Man, sebuah reality show yang diluncurkan oleh Modern Sky, tayang perdana pada 16 Juli 2021 di platform streaming online Youku. Mengumpulkan 24 band rock indie, acara ini mengumpulkan penyanyi-penulis lagu veteran, termasuk rapper GAI, Zhang Bichen, Jam Hsiao dan penulis lagu dan produser Zhang Yadong, sebagai juri.

Penonton juga memiliki hak pilih, dan pemenang akan dapat tampil di panggung utama Strawberry Music Festival, salah satu acara musik outdoor terbesar di Tiongkok, yang diluncurkan pada 2009 oleh Modern Sky.

Salah satu perbedaan terbesar antara The Big Band dan Strawberry Man adalah kali ini, 24 band rock indie yang berpartisipasi relatif baru.

"Saya berharap semua band baru akan bisa melampaui band lama," kata Shen Lihui, pendiri Modern Sky. Mantan penyanyi-penulis lagu rock band rock Tiongkok, Sober, mendirikan perusahaan musik pada tahun 1997, berharap dapat menggunakannya sebagai cara untuk mendistribusikan musik teman-temannya dan bandnya sendiri.

Lebih dari dua dekade kemudian, perusahaan telah berkembang menjadi label internasional dengan ratusan anggota staf, dan merupakan rumah bagi lebih dari 300 artis dan band. Ia memiliki kantor di New York, London dan Berlin, selain kantor pusatnya di Beijing.

Strawberry Music Festival telah diadakan di 29 kota di Tiongkok, dan menarik lebih dari 6 juta orang. Sebagian besar, 86%, di antaranya adalah anak muda berusia 20-an. Modern Sky mengadakan sembilan festival musik outdoor di seluruh negeri dari Oktober hingga Desember 2020, yang menarik 160.000 orang.
Band rock asal Beijing Summer Vapor membuka reality show dengan bersaing dengan Peace Hotel, sebuah band dari provinsi Anhui.

"Kami adalah band muda dengan suara kami sendiri. Ketika kami mulai tampil di atas panggung, penonton dapat segera merasakan getaran kami," kata bassis Yu Jingsheng dari Summer Vapour.

"Sebagai penulis lagu, saya menulis lagu yang memberikan pengalaman mendalam kepada penonton. Lagu kami penuh dengan cerita," tambah vokalis utama Licy.

Band yang dibentuk pada tahun 2019 ini menampilkan lagu original mereka, A Little Hill, memukau para penggemar dengan gaya retro dream pop mereka.

Band beranggotakan tujuh orang, Yi Shi, menonjol dari band lainnya dengan gaya unik mereka dalam menggabungkan musik rock dengan alat musik tradisional Tiongkok, seperti suona, gong, dan drum.

Pendiri band dan vokalis utama You Miao membentuk band bersama dengan bassis Lin Quanhong pada tahun 2010 dan mereka membawakan lagu-lagu mereka dalam dialek Sichuan.

"Kami telah tampil sebagai band selama 10 tahun meskipun kami belum populer," kata You, yang juga seorang dokter hewan. "Kami mulai dengan hanya dua orang dan sekarang kami memiliki tujuh anggota, yang membuat suara kami penuh warna dan ekspresif."

Titian, sebuah band rock yang terdiri dari vokalis terkemuka Alip dari daerah otonomi Xinjiang Uygur dan dua musisi Italia: gitaris Armen dan drummer Cecche, dan band punk rock Wuhan Happy Wheel.

Alip telah mendapatkan basis penggemar sebagai mantan vokalis utama band rock, Bear Biscuit. Pada 2019, ia bertemu Armen dan Cecche.

"Sangat menarik memiliki dua pemuda seusia saya, yang datang dari belahan dunia yang berbeda, berbagi ide-ide saya tentang musik," kata Alip. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong