Baca dalam 3 menit

Evolusi Seragam Sekolah di China dari Masa ke Masa

Waktu Publish : 07 Jul 2021, 08:59 WIB
SHARE ARTIKEL

Seragam sekolah di Tiongkok - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami


Beijing, Bolong.id - Sekitar 100 tahun lalu, konsep seragam sekolah masuk ke Tiongkok bersamaan dengan konsep pendidikan modern.

Pada awal Republik Tiongkok (1912-1949), gadis-gadis di sekolah gereja yang didirikan oleh orang asing seperti SMA McTyeire Shanghai menjadi yang pertama mengenakan baju seragam.

Seragam tahun 1916 PeiHua Girls School - Image from China Daily

Pada saat anak perempuan memiliki akses terbatas ke pendidikan formal, mereka yang bisa pergi ke sekolah dan menggunakan seragam sekolah adalah simbol kemajuan sosial.

Seragam, yang menggabungkan fitur pakaian tradisional Tiongkok dan mode Barat, dianggap sebagai Civilization Clothes.

Dilansir dari Shanghai Daily, pada 1920-an dan 1930-an, sekolah-sekolah mengadopsi qipao yang disederhanakan menjadi seragam.

Seragam untuk anak laki-laki adalah jubah panjang, celana panjang khas barat dan sepatu kain. Setelan tunik Tiongkok yang dianjurkan oleh Sun Yat-sen juga menjadi populer. Setelan tunik ini mirip dengan gakuran di Jepang.

Seragam Chi Keung Secondary School - Image from Hong Kong Museum of Education

Setelan tunik Sun Yatsen - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Pada tahun 1940-an, pakaian olahraga muncul di kampus-kampus Tiongkok.

Setelah Republik Rakyat Tiongkok berdiri, para siswa mengenakan pakaian santai karena keadaan ekonomi yang buruk. Anak laki-laki mengenakan kemeja putih dengan celana biru sedangkan anak perempuan mengenakan kemeja putih dengan rok biru.

Seragam tahun 1950-an - Image from Hua Er Duo Duo

Seragam biru putih - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Selama masa revolusi budaya (1966-76), pakaian warna-warni jarang terlihat dan seragam sekolah juga kebanyakan berwarna polos. Seragam sekolah dengan model baju seragam tentara juga populer di masa ini.

Seragam sekolah dengan model seragam militer atau tentara - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Pada akhir 1970-an, atasan putih dan celana panjang biru kembali populer.

Setelah reformasi dan kebijakan keterbukaan, seragam sekolah menjadi lebih beragam. Tidak ada peraturan tentang seragam dan beberapa sekolah tidak memiliki seragam sama sekali.

Seragam tahun 1980an - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Seragam sekolah saat ini - Image from China Daily

Pada tahun 1993, Departemen Pendidikan mengeluarkan peraturan untuk mewajibkan siswa sekolah dasar dan menengah di sekolah perkotaan untuk mengenakan seragam dan sekolah diminta untuk memilih gaya sendiri.

Sebagian besar sekolah memilih pakaian olahraga atau jaket longgar untuk anak laki-laki dan perempuan. Namun, ada juga sekolah yang memilih pakaian bergaya barat.

Seragam bergaya British di Henan - Image from China Daily

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3