Baca dalam 3 menit

Fetival Qixi, Hari Valentine Ala China

Waktu Publish : 05 Jul 2021, 12:20 WIB
Sumber : Xinhua
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi saat festival Qixi- Image from China News

Bolong.id - Festival Qixi atau Double Seventh Festival kini sering dianggap sebagai Hari Valentine Tiongkok. Dari zaman kuno hingga sekarang, festival ini memang festival yang sangat romantis, bertemakan cinta, dan konotasinya jauh lebih luas daripada yang dipahami banyak orang.

Mengapa Festival Qixi juga disebut Hari Anak Perempuan?

Festival Qixi berasal dari Tiongkok, pada hari ketujuh bulan lunar ketujuh.

Dilansir dari Xinhua, ada banyak nama untuk festival ini. Di zaman kuno, peserta utama dari beberapa kegiatannya adalah anak perempuan, dan isi kegiatan festival kebanyakan untuk memohon kepintaran, sehingga orang menyebut hari ini sebagai Festival Qiao Qiao atau Hari Anak Perempuan.

Apa hubungan festival ini dengan legenda Penggembala Sapi dan Gadis Penenun?

Ada legenda indah tentang Festival Qixi, yaitu kisah cinta Penggembala Sapi (Niulang牛郎) dan Gadis Penenun Zhinü (织女). Dalam Sou Shen Ji, bintang ganda Penggembala Sapi dan Gadis Penenun ditafsirkan sebagai kisah putra berbakti Dong Yong dan istrinya di Dinasti Han.

Namun, legenda ini terjadi pada hari ketujuh bulan ketujuh kalender lunar, berkaitan dengan pengamatan orang-orang kuno untuk menandai kedatangan musim gugur.

Apakah festival ini hari libur untuk wanita lajang?

Saat ini, Festival Qixi dikenal sebagai Hari Valentine Tiongkok. Namun ada juga yang berpandangan bahwa ini awalnya adalah hari libur bagi wanita lajang.

Pandangan ini percaya bahwa di Tiongkok kuno, Festival Qixi seharusnya menjadi hari paling bahagia bagi wanita lajang. Mereka dapat pergi keluar dan bersenang-senang dengan saudara perempuan mereka mengenakan kostum baju tradisional.

Pakar cerita rakyat Wang Juan mengatakan bahwa pernyataan ini tidak terlalu akurat. Pada zaman dahulu, salah satu isi utama Festival Qixi adalah Qiqiao, dan kebanyakan dari mereka adalah gadis-gadis yang belum menikah yang merayakan festival ini. Di beberapa daerah, upacara kedewasaan diadakan untuk anak perempuan pada hari ini. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Festival Qixi Bangkitkan Bisnis Ritel Tiongkok

  • Yohana Intan
  • 26 Aug 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3