Baca dalam 3 menit

Linglong One: Reaktor Nuklir Kecil Modular Komersial Berbasis Darat Pertama di Dunia

Waktu Publish : 14 Jul 2021, 11:06 WIB
SHARE ARTIKEL

Peresmian Pembangunan Linglong One di Hainan - Image from 央视新闻

Hainan, Bolong.id - Pada Selasa (13/7), Tiongkok secara resmi memulai Proyek Demonstrasi Teknologi Reaktor Kecil Multiguna Hainan Changjiang. Hingga saat ini, proyek tersebut menjadi modular komersial berbasis darat pertama di dunia.

Dilansir dari 央视新闻 pada Selasa (13/07/2021), reaktor kecil ini menandakan bahwa Tiongkok telah memimpin di dunia dalam teknologi reaktor skala kecil modular. Dipahami bahwa proyek demonstrasi reaktor kecil ini mengadopsi teknologi Linglong One (ACP100) dari Korporasi Nuklir Nasional Tiongkok, yang merupakan jenis reaktor air bertekanan kecil modular multifungsi yang dikembangkan secara independen oleh Korporasi Nuklir Nasional Tiongkok selama lebih dari sepuluh tahun.

Selain itu reaktor kecil ini juga telah memiliki hak milik yang independen, sebuah prestasi inovasi independen yang besar lainnya setelah Hualong One. Pada tahun 2016, Linglong One menjadi teknologi reaktor kecil modular pertama di dunia yang lulus tinjauan keselamatan International Atomic Energy Agency (IAEA).

Dapat dipahami bahwa, berbeda dengan teknologi tenaga nuklir pendahulunya, reaktor skala kecil Linglong One ini memiliki karakteristik miniaturisasi, modularisasi, integrasi, sangat aktif, keamanan tinggi, periode konstruksi yang pendek, penyebaran yang cepat, dan dapat digunakan sebagai sumber energi terdistribusi bersih.

Saat memasok listrik, reaktor ini dapat memenuhi berbagai keperluan seperti desalinasi air laut, pemanasan/pendinginan distrik, pemanas industri, dll. Selain itu, reaktor ini juga sangat cocok untuk pasokan energi di berbagai skenario seperti pulau, area pertambangan, dan perusahaan yang banyak mengkonsumsi energi, dan memiliki fungsi yang tidak dapat digantikan oleh pembangkit listrik tenaga nuklir besar.

Reaktor Nuklir Linglong One - Image from 央视新闻

Unit Linglong One yang dibangun ini memiliki kapasitas terpasang 125.000 kilowatt dan masa konstruksi 58 bulan, diharapkan selesai pada tahun 2026 dan dapat menghasilkan 1 miliar kWh per tahun, memenuhi kebutuhan pasokan listrik harian lebih dari 500.000 rumah tangga. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong