Baca dalam 5 menit

Rajin Menyikat Gigi Tapi Gigi Tetap Tidak Putih?

Waktu Publish : 24 Jul 2021, 12:07 WIB
Sumber : Sohu Health
SHARE ARTIKEL

Gigi - Image from Sohu Health

Bolong.id - Apakah Anda selalu khawatir tentang gigi kuning Anda, mempengaruhi penampilan Anda, dan memberi kesan tidak bersih?

Dilansir dari Sohu Health pada Kamis (22/7/2021) Gigi normal tidak putih, gigi yang normal dan sehat itu sendiri berwarna kuning muda. Bahan pemutih yang ditambahkan dalam pasta gigi pemutih memang memiliki efek pemutihan. Tetapi mereka membutuhkan waktu yang cukup untuk memberikan efek putih.

Saat menyikat gigi, konsentrasi pemutih berkurang ketika Anda terkena air, dan menyikat gigi hanya beberapa menit saja tidak akan menghasilkan efek putih.

Beberapa pasta gigi memang menunjukkan efek memutihkan setelah digunakan, tetapi ini hanya efek visual sementara dan tidak mengubah warna gigi itu sendiri, gigi akan kembali ke keadaan semula.

Pasta gigi ini biasanya berwarna biru, dan membuat partikel warna tetap berada di gigi untuk waktu yang singkat.

Pasta Gigi - Image from Sohu Health

Jika Anda ingin mengubah warna gigi dan memutihkannya, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter profesional. Jika Anda dengan ceroboh mencoba produk pemutih gigi, kemungkinan besar Anda akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada gigi dan mulut Anda.

Fungsi utama pasta gigi adalah membantu membersihkan gigi dan rongga mulut serta menjaga kesehatan mulut.

Pasta gigi yang tepat dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan, kotoran lunak dan plak gigi, mencegah karies, menghilangkan atau mengurangi bau mulut, dll.

Saat memilih pasta gigi yang cocok, Anda perlu memperhatikan bahan-bahan berikut:

1. zat abrasif dan pembersih gigi

zat abrasif membantu menghilangkan noda plak pada permukaan gigi secara lebih efektif, seperti silika hidrat, kalsium karbonat, aluminium hidroksida, dll.

Bahan pembersih yang umum adalah SLS, yang dapat menyebabkan iritasi tertentu. Peneletian telah mengkonfirmasi bahwa penggunaan jangka panjang pasta gigi SLS akan mengurangi kemampuan pertahanan mukosa mulut.

Anda dapat memilih untuk menggunakan stearil alkohol polieter-30 yang lebih ringan, yang lebih cocok untuk lingkungan mulut yang sensitif.

2. Fluoride

Menurut survei, karies (kerusakan gigi) dan penyakit periodontal (termasuk gingivitis dan periodontitis) adalah dua penyakit paling umum yang membahayakan kesehatan mulut penduduk Tiongkok. Perawatannya rumit dan membutuhkan lebih banyak waktu dan uang.

Banyak orang mengalami ketidaknyamanan mulut setiap enam bulan dan perlu pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan dan penambalan gigi.

Fluoride adalah bahan anti karies yang efektif, disarankan agar setiap orang menggunakan pasta gigi berfluoride. Pasta gigi yang mengandung salah satu sodium fluoride, sodium monofluorophosphate dan stannous fluoride termasuk dalam pasta gigi berfluoride.

Lebih baik memilih konsentrasi fluoride 0,145% atau 0,15% untuk pasta gigi dewasa.

Bahkan anak-anak harus menggunakan pasta gigi berfluoride, tetapi orang tua harus menjaganya dan memperhatikan dosisnya agar tidak tertelan.

3. Komponen anti sensitif

Orang dengan mulut yang sensitif harus memperhatikan pemilihan pasta gigi dengan bahan ringan untuk meminimalkan iritasi pada mukosa mulut.

Orang dengan gigi sensitif perlu memperhatikan apakah bahan anti sensitif yang sesuai ditambahkan.

4. Bahan untuk menjaga keseimbangan mikroflora mulut

Akan lebih baik jika ada beberapa bahan untuk membantu menjaga keseimbangan mikroflora mulut, seperti beberapa enzim aktif dan protein. Sebagai titik awal dari sistem pencernaan, kesehatan mulut secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh.

Beberapa mikroorganisme ada di rongga mulut untuk waktu yang lama, yang dapat menyebabkan atau memperburuk beberapa penyakit sistemik, seperti penyakit jantung koroner, diabetes, dan sebagainya.

Menjaga keseimbangan mikroflora mulut dan menjaga kesehatan mulut juga membantu kesehatan secara umum. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

health

Lansia Kurang Gigi, Picu Hipertensi

  • Djono W. Oesman
  • 27 Nov 2021

culture

Mitologi China: 唇亡齿寒 Gigi Tidak Akan Bertahan Tanpa ...

  • Djono W. Oesman
  • 18 Nov 2021

culture

Belajar Mandarin: Kosakata Macam-Macam Dokter dalam Bahasa M...

  • Lupita
  • 18 Sep 2021

culture

Belajar Mandarin: Kosakata Seputar Gigi

  • Lupita
  • 11 Sep 2021

health

Cara Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

  • Lupita
  • 10 Jul 2021

health

Perawatan Gigi Ini Ampuh Hindari Gigi Berlubang

  • Lupita
  • 27 Jun 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong