Baca dalam 3 menit

4 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker!

Waktu Publish : 12 Jul 2021, 09:44 WIB
SHARE ARTIKEL

Susu Kedelai - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Bolong.id – Minuman yang diolah dari kacang kedelai itu memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Anda bisa menemukan susu kedelai murni yang banyak dijual di pasar atau supermarket terdekat.

Dilansir dari berbagai sumber, susu kedelai mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan. Minuman ini biasanya dikonsumsi oleh mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi.

Susu kedelai memiliki manfaat berlimpah. Terlebih, minuman ini juga aman dikonsumsi semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga yang lanjut usia (lansia).

Minuman ini terbuat dari kacang kedelai yang digiling kemudian direbus. Susu kedelai adalah minuman alami bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa seperti yang terdapat dalam susu sapi.

Tak sedikit yang mengambil manfaat susu kedelai karena minuman tersebut dipercaya menjadi sumber serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein. Selain itu, berbagai vitamin seperti folat, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K juga terdapat dalam susu kedelai.

Saking banyaknya kandungan di susu kedelai, minuman ini dapat mengurangi risiko kolesterol, kanker, obesitas, dan masih banyak lagi. Berikut adalah manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Turunkan Tekanan Darah

Kandungan protein dalam susu kedelai sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk jantung.

Kandungan asam amino dan isoflavone dalam susu kedelai juga berfungsi menurunkan kolesterol dalam darah.

Beberapa ahli gizi telah melakukan penelitian dengan membandingkan susu kedelai dan susu sapi. Hasilnya menyatakan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan susu sapi.

2. Melawan Sel Kanker

Susu kedelai berfungsi untuk melawan sel kanker. Minuman tersebut mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Anda bisa mengonsumsi susu kedelai secara rutin untuk mengurangi risiko segala jenis kanker. Minuman ini bisa menurunkan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita.

3. Mengontrol Berat Badan

Susu kedelai mampu mengurangi risiko obesitas dan mengontrol berat badan. Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan dengan kadar glikemik indeks rendah dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Mengingat susu kedela kaya kandungan protein dan serat, sehingga cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, kedelai juga dipercaya ampuh meninggikan badan.

4. Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Sendi

Susu kedelai memang mengandung kalsium lebih rendah daripada susu sapi. Namun susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

Terlebih, kedelai juga mampu meningkatkan kekuatan otot dan sendi. Jika mengonsumsi susu kedelai secara rutin, maka Anda dapat memelihara kesehatan otot dan sendi. (*)

Terkait

lifestyle

Pameran Seni di Shanghai Ini Ekspresi Kesehatan Mental

  • Lupita
  • 04 Aug 2021

health

Kopi Bisa Membuat Ketagihan?

  • Lupita
  • 01 Aug 2021

health

Bubur Lima Merah Khas China, Hidangan yang Enak dan Kaya Man...

  • Lupita
  • 31 Jul 2021

health

Perhatikan Makanan Pasca Musibah Banjir

  • Djono W. Oesman
  • 29 Jul 2021

news

Bandara Guangzhou Baiyun Peringkat I Keamanan COVID-19

  • Djono W. Oesman
  • 29 Jul 2021

health

Anggapan Minum Susu Sebelum Tidur Bahaya, Benarkah?

  • Djono W. Oesman
  • 26 Jul 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
32
21
16
1
1
3