Baca dalam 3 menit

SEJARAH: 1939 PKC Dirikan Universitas Wanita China di Yan'an

Waktu Publish : 20 Jul 2021, 10:18 WIB
SHARE ARTIKEL

Universitas Wanita Tiongkok - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Yan’an, Bolong.id - Hari ini 82 tahun lalu, 20 Juli 1939, Partai Komunis China (PKC) mendirikan Universitas Wanita Tiongkok di Yan'an.

Itu untuk melatih kader perempuan dan menyerap intelektual perempuan patriotik dari daerah yang diduduki musuh untuk berpartisipasi anti-Jepang.

Universitas ini berada di sebuah gua di luar gerbang utara Yan'an. Mahasiswinya lebih dari 1.000 orang dari 21 provinsi (termasuk Taiwan). Diantaranya adalah buruh perempuan yang ikut dalam gerakan “Sembilan Desember”, yang kabur dari penjara musuh, buruh perempuan dan tani yang telah melewati Long March, dan mahasiswi muda dari berbagai latar belakang dari daerah yang diduduki musuh.

Ada juga pejuang wanita yang buta huruf, tetapi pejuang. Usia mereka waktu itu antara 18 dan 22 tahun.

Kelompok terdiri kelas biasa, kelas lanjutan, kelas kader Shaanxi dan kelas khusus sesuai dengan tingkat pendidikan peserta pelatihan.

Di antara kelas-kelas senior, beberapa adalah kader pemimpin perempuan di Tentara Merah, dan beberapa adalah intelektual perempuan senior dari daerah-daerah yang diduduki musuh.

Kursus politik terutama mencakup ekonomi politik, sejarah perkembangan sosial, sejarah modern, perang gerilya anti-Jepang dan front persatuan nasional anti-Jepang, demokrasi baru, masalah PKC, gerakan perempuan, dll.

Kelas lanjutan juga dibagi menjadi departemen seperti Marxisme-Leninisme, Ekonomi Politik, dan Isu Tiongkok. Siswa dapat berpartisipasi dalam departemen tertentu untuk penelitian khusus sesuai dengan situasi mereka sendiri.

Pada bulan September 1940, kelas lanjutan diperluas menjadi lebih dari 90 siswa. Kelas khusus meliputi kelas literasi, kelas politik, kelas kerja perempuan, dll.

Selain itu, ada mata kuliah pilihan, mata kuliah bahasa asing, steno teknologi jurnalistik, akuntansi, kedokteran dan mata kuliah vokasi lainnya. Sebagian besar dosen merupakan kader paruh waktu dari berbagai instansi.

Fasilitas Universitas Wanita sangat sederhana. Ruang kelas terletak di gua tempat tinggal pada hari hujan dan di hutan pada hari cerah. Meskipun hidup sulit, para siswa penuh semangat, bahagia dan sehat.

Universitas Wanita ini berturut-turut mengirim lebih dari 1.000 kader wanita berprestasi ke berbagai pasukan, yang telah memberikan kontribusi pada revolusi. Pada bulan September 1941, Universitas Wanita bergabung dengan sekolah lain dan menjadi Universitas Yan'an.

Hampir seratus wanita di Universitas Wanita Tiongkok di Yan'an menunjukkan kehidupan yang luar biasa, serta rasa sakit dan kemuliaan yang diukir oleh perjuangan dalam hidup mereka. (*)

Terkait

lifestyle

Aktor Lay Zhang Uji Fans tentang Riwayat PKT

  • Djono W. Oesman
  • 13 Oct 2021

news

Diplomat China Dialog dengan Penasihat Keamanan AS

  • Djono W. Oesman
  • 08 Oct 2021

culture

SEJARAH: 1890 Lahirnya Li Da, Salah Satu Pendiri Partai Komu...

  • Esy Gracia
  • 02 Oct 2021

news

Kurikulum Sekolah Tiongkok Akan Adopsi Ideologi Xi Jinping

  • Visco Joostensz
  • 27 Aug 2021

culture

SEJARAH: 1980 Deng Xiaoping Reformasi Kepemimpinan Partai da...

  • Djono W. Oesman
  • 18 Aug 2021

culture

SEJARAH: 1926 Kelahiran Mantan Presiden RRT Jiang Zemin

  • Lupita
  • 17 Aug 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong