Baca dalam 3 menit

2 Hidangan Saat Idul Fitri Khas Suku Hui

Waktu Publish : 09 May 2021, 11:22 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi Suku Minoritas Hui - Image from China.org

Bolong.id - Ningxia adalah daerah pemukiman terbesar bagi orang Hui di Tiongkok. Jika Anda bepergian ke sini, Anda mungkin merasa bahwa mereka sangat suka makan olahan tepung, dan makanan tersebut terlihat sangat khas.

Orang Hui lebih menyukai olahan tepung, dan olahan tepung yang mereka buat juga memiliki karakteristik yang luar biasa. Makanan pokok khas mereka adalah tepung yang dibakar, dikukus, digoreng, dan direbus.

Dari banyak jenis makanan, yang paling beraroma adalah kue daun bawang, pretzel, pai, mie goreng yang lembut dan keras, dll.

Orang Hui membuat olahan tepung saat menerima tamu, atau saat bulan purnama, Tianding, Centenarian, dan pernikahan. Dilansir dari chinawenhua.com, khususnya pada perayaan besar umat Islam seperti Idul Fitri, masyarakat Hui membuat You xiang dan San zi.

Makanan tersebut tidak hanya mereka makan sendiri dengan keluarga, tetapi juga diberikan kepada kerabat dan teman, serta tetangga.

You xiang (油香) adalah sejenis kue khas yang dibuat oleh orang Hui. Ia memiliki banyak variasi, ada youxiang beras ketan, you xiang ubi jalar, dll. Setiap Idul Fitri, setiap keluarga wajib menggoreng you xiang ubi jalar. Selain untuk makan sendiri, mereka juga saling berbagi.

Youxiang - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

San zi (馓子) juga merupakan jenis gorengan dengan rasa unik yang bentuknya menyerupai batang kawat. Membuatnya sangatlah sulit. Jika tidak menggunakan keterampilan tinggi San zi yang digoreng tidak bisa wangi, garing, atau gembur.

Sanzi - Image from Sohu

Di antara olahan tepung yang dibuat oleh orang Hui, yang paling unik adalah mie daging sapi yang telah tersebar di seluruh negeri dan menjadi makanan cepat saji yang populer. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Banner Kanan
Logo follow bolong