Baca dalam 3 menit

9 Makanan Ini Ampuh Meningkatkan Energimu, Mengubah Hari Jadi Lebih Semangat

Waktu Publish : 05 May 2021, 12:30 WIB
SHARE ARTIKEL

Apa makanan untuk meningkatkan energi saat bekerja? - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Bukankah semua makanan dapat meningkatkan energi? Itu benar, tapi dengan cara yang berbeda. Minuman manis, permen, dan kue kering terlalu banyak mengandung gula dan hanya akan membuatmu dengan cepat merasa lelah dan lapar lagi.

Karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, memuaskan rasa laparmu, dan memberikan aliran energi yang lambat dan stabil.

Dilansir berbagai sumber, berikut 9 makanan yang bisa meningkatkan energi dan membuat hari menjadi lebih bersemangat.

1. Oatmeal

Oatmeal adalah karbohidrat kompleks, yang penuh dengan serat dan nutrisi. Oatmeal lebih lambat dicerna dan memasok energi secara merata. Semangkuk oatmeal di pagi hari akan membuat Anda dapat terus bekerja selama berjam-jam.

Oatmeal - Image from Getty Images

2. Telur

Telur hanya memiliki 70 kalori, namun memiliki 6 gram protein. Telur menyediakan bahan bakar yang dilepaskan secara perlahan. Telur juga memiliki lebih banyak nutrisi per kalori daripada kebanyakan makanan lainnya, dan membantu untuk mengatasi rasa lapar.

3. Ayam

Ini adalah sumber protein tanpa lemak yang hebat. Sepotong ayam panggang dengan sedikit sayuran yang dikukus membuat makan siang ringan yang sempurna yang tidak akan membebani Anda dan akan membuat Anda berenergi hingga malam tiba. Ayam juga mengandung lebih sedikit lemak jenuh tidak sehat dibandingkan daging lain seperti babi, sapi, dan domba.

4. Hati Sapi

Tanpa vitamin B12 yang cukup, energi Anda bisa kurang. Hati sapi adalah salah satu sumber terbaik. Ia juga memiliki banyak protein untuk membuat Anda tetap bersemangat dalam waktu yang lama. Jika Anda tidak bisa makan hati sapi, Anda bisa mendapatkan vitamin B12 Anda dari daging unggas, ikan, dan telur.

Hati Sapi - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

5. Kacang Polong

Ini adalah sumber protein yang bagus, terutama jika Anda vegetarian atau vegan. Kacang juga memiliki banyak serat untuk membantu memperlambat pencernaan. Kacang polong juga kaya akan magnesium dan membantu dalam menghasilkan energi.

6. Kopi

Kopi meningkatkan energi dan bisa membuat Anda lebih waspada.Namun, jangan berlebihan minum kopi, karena kandungan kafein didalamnya dapat membuat Anda gelisah dan mengganggu tidur Anda.

7. Teh

Secangkir teh adalah cara rendah kalori untuk menggantikan soda manis dan minuman ringan yang dapat menurunkan tingkat energi Anda di tengah hari. Teh dapat membantu Anda tetap waspada dan berenergi. Beberapa teh mengandung kafein yang dapat memberi Anda sedikit dorongan juga.

Teh - Image from Getty Images

8. Dark Chocolate

Jika Anda hanya ingin makan coklat, ini adalah pilihan yang tepat. Dark chocolate lebih rendah gula daripada coklat batangan dan coklat susu. Coklat ini juga terbukti meningkatkan mood dan fungsi otak. Antioksidan dalam kakao dapat membantu melindungi sel, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah. Ini dapat membuat Anda tetap sehat dan berenergi. Dark chocolate ini mengandung lemak, jadi periksa labelnya dan jaga porsinya agar tetap kecil.

9. Air

Air membantu membawa bahan bakar dan nutrisi ke sel Anda serta membantu membuang sisa kotoran yang ada di dalam tubuh. Orang yang minum lebih banyak air biasanya mengonsumsi lebih sedikit lemak, gula, garam, kolesterol, dan total kalori. Air menyisakan lebih banyak ruang untuk nutrisi sehat yang membuat Anda tetap berenergi. Sangat penting untuk minum saat Anda berolahraga. (*)

Ilustrasi minum air - Image from eatthis.com


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

health

Cegah Kanker Usus dengan Perhatikan Makanan Ini

  • Lupita
  • 18 Apr 2021

lifestyle

Berikut 3 Makanan dengan Nutrisi yang Baik untuk Sarapan

  • Lupita
  • 06 Apr 2021

health

6 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

  • Lupita
  • 30 Mar 2021

health

5 Jenis Makanan Ini Bisa Cegah Penuaan Dini

  • Lupita
  • 22 Mar 2021

health

13 Makanan Ini Bantu Untuk Turunkan Tekanan Darah

  • Lupita
  • 13 Mar 2021

health

Takut Lemak? Simak 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Ti...

  • Della Shafira Putri
  • 16 Aug 2020
Banner Kanan
Logo follow bolong