Baca dalam 7 menit

Wang Yibo, Berawal dari Trainee Kpop Idol Menjadi Selebriti Paling Berharga di China

Waktu Publish : 15 Aug 2021, 12:44 WIB
Sumber : RADII
SHARE ARTIKEL

Wang Yibo - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Wang Yibo dengan cepatnya kini menjadi salah satu pria paling terkenal di Tiongkok. Dimulai dari karirnya sebagai anggota boyband Tiongkok-Korea Uniq, Wang menghabiskan empat tahun bersama grup. Penampilan terobosannya datang bersama Xiao Zhan dalam serial TV xianxia (fantasi Tiongkok) The Untamed pada tahun 2019, membuatnya menjadi sangat terkenal di Tiongkok dan di dunia internasional.

Dilansir dari RADII, dia melanjutkan peran utamanya dalam serial sukses besar itu dengan sejumlah penampilan di variety show dan acara TV di Tiongkok, dan mungkin telah menjadi selebriti paling laku di negara itu. Wajahnya terpampang di seluruh iklan di papan reklame yang menjual segala sesuatu mulai dari barang murah, dari Miniso hingga ke jajaran mobil Audi.

Singkatnya, Wang Yibo adalah selebritas yang benar-benar harus Anda ketahui ketika datang ke Tiongkok.

Karir awalnya bersama UNIQ

Sebagai seorang anak muda, Wang Yibo terpesona oleh tarian. Lahir di Luoyang, sebuah kota yang mungkin paling dikenal karena dekat dengan Kuil Shaolin, Wang berjuang keras untuk masuk ke line-up boyband Uniq. Ia awalnya berlatih dengan anggota band selama tiga setengah tahun, dimulai pada tahun 2011 ketika ia baru berusia 14 tahun.

Boy band UNIQ - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Band ini akhirnya memulai debutnya pada tahun 2014 di bawah Yuehua Entertainment, juga rumah dari bintang pop terkenal seperti Meng Meiqi dan Xuanyi, keduanya dari Rocket Girls 101. Terdiri dari lima anggota, dengan tiga dari Tiongkok (Wang Yibo, Zhou Yuxuan dan Li Wenhan) dan dua dari Korea Selatan (Kim Sung-joo dan Cho Seung-youn). Uniq menikmati ketenaran besar di Tiongkok, dan bahkan memiliki acara TV mereka sendiri di platform streaming iQIYI.

Uniq juga mengisi beberapa soundtrack untuk film-film besar seperti The Penguins of Madagascar dan TMNT (Teenage Mutant Ninja Turtles), dan mereka tetap bersama selama sekitar empat tahun sebelum hiatus (band hanya beristirahat dari jadwal manggung, tidak benar-benar bubar). Lagu terbesar mereka adalah "EOEO," yang saat ini memiliki 11 juta view di YouTube.

Terlibat Dalam Dunia Akting

Terobosan Wang Yibo dalam dunia akting datang saat ia menjadi anggota Uniq, dengan peran awal dalam drama romantis MBA Partners pada 2016. Kemudian ia terlibat dalam drama fantasi A Chinese Odyssey Part Three oleh sutradara terkenal Hong Kong Jeffrey Lau, sebelum bergabung menjadi pemeran di TV romance Love Actually.

Pada saat yang sama, ia juga memulai karir variety show-nya, tampil sebagai juri di reality show Yuehua Entertainment yang sangat populer, Produce 101. Selama pertunjukan, Wang memukau pemirsa dengan keterampilan menarinya.

Setelah turut andil sebagai mentor di Produce 101, ia membintangi Gank Your Heart, sebuah drama esports.

Kebangkitan yang Tak Terkalahkan

Terobosan besar Wang Yibo datang ketika ia membintangi drama The Untamed. Ini adalah drama berdasarkan novel web BL (Boys Love), menjadi hit besar dan bahkan dirilis di Netflix, membawa kisah Tiongkok ke penonton di seluruh dunia. Acara ini sangat populer sehingga melahirkan sekuel, video game, dan bahkan boyband beranggotakan enam orang.

The Untamed - Image from Douban

Lawan main Wang di acara itu adalah mantan anggota boyband lainnya, Xiao Zhan. Para penggemar pasangan tersebut disuguhi duet dari mereka berdua, tatapan panas dan chemistry yang kuat di antara keduanya.

Saat-saat seperti itu menyebabkan banyak diskusi

Di antara berbagai kontroversi yang diangkat oleh The Untamed adalah fakta bahwa cerita asli yang diadaptasi dari secara eksplisit adalah Boys Love, atau kisah homoerotik. Produser Tencent memilih untuk tidak menggambarkan romansa ini secara eksplisit, tetapi para penggemar mengambil penggambaran mereka sendiri ke situs seni penggemar AO3, termasuk cerita yang membayangkan Xiao sebagai pekerja seks yang mengalami disforia gender.

Hal itu membuat penggemar kesal dari dua pemeran utama dalam pertunjukan tersebut, membuat beberapa orang membuat laporan yang akhirnya membuat situs tersebut diblokir di Tiongkok.

Insiden tersebut membuat penggemar kedua bintang tersebut terkenal, dan membagi banyak penonton yang menikmati The Untamed menjadi faksi penggemar yang berbeda. Menurut 38jiejie, ada penggemar khusus Wang Yibo dan penggemar khusus Xiao Zhan. Kedua kelompok ini sekarang tampaknya saling menyerang pada setiap kesempatan.

Sementara Xiao Zhan dilanda serangkaian skandal terkait, Wang dengan cepat melangkah keluar dari drama tersebut, dengan serentetan proyek baru yang dirilis selama tahun 2020.

Street Dance dan Iklan Berlimpah

Salah satu acara paling viral dalam beberapa tahun terakhir adalah penampilannya sebagai juri di acara TV bakat Street Dance of China 3. Setelah menjadi perhatian kebanyakan orang karena penampilannya yang berambut panjang, anggun dan murung di The Untamed, dia tiba-tiba menjadi viral karena popping and locking-nya, muncul bersama Jackson Wang serta bintang K-pop lainnya, Lay Zhang. Fans menyukai chemistry antara tiga bintang Mandopop, khususnya dua Wang — Jackson dan Yibo.

Wang Yibo untuk Audi - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Mengikuti penampilannya di acara itu, dukungan yang menampilkan bintang itu mulai muncul di mana-mana. Dia menjadi mitra Nike, Audi, duta Olimpiade Olahraga Musim Dingin 2022, dan bahkan merilis lagu yang mempromosikan rencana lima tahun terbaru Tiongkok pada awal 2021.

Penampilan acara TV masih banyak dan cepat, seperti peran utamanya dalam The Legend of Fei, yang mendapat 4 miliar view dalam waktu sekitar satu bulan, sementara karir musiknya sebagai soloist terus bergulir. Singkatnya, kebangkitan Wang Yibo tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, menempatkannya sebagai bintang paling laku di dunia hiburan Tiongkok saat ini. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

lifestyle

Wang Yibo dan Tony Leung Akan Main Bareng di Film ‘Anonymo...

  • Lupita
  • 28 Nov 2021

lifestyle

Inilah C-Drama yang Dimainkan Wang Yibo

  • Djono W. Oesman
  • 30 Sep 2021

culture

Larang Cowok Feminin, Seperti Apa Sebenarnya Cowok Maskulin ...

  • Lupita
  • 11 Sep 2021

lifestyle

Wang Yibo Dukung Tim Skateboard China di Olimpiade Tokyo

  • Lupita
  • 23 Jun 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong