Baca dalam 2 menit

China-Northeast Asia Expo Dimulai, Serukan Kerja Sama Ekonomi Maritim

Waktu Publish : 24 Sep 2021, 09:31 WIB
Sumber : China News
SHARE ARTIKEL

CNEA Expo di Changchun, Jilin - Image from China News

Changchun, Bolong.id - Pameran Tiongkok-Asia Timur Laut ke-13 diadakan secara online dan offline dari 23 hingga 27 September di Changchun, ibu kota Provinsi Jilin di timur laut Tiongkok.

Dilansir dari China News pada Rabu (23/09/2021), lebih dari 1.000 perusahaan dari negara dan wilayah di Asia Timur Laut diharapkan untuk berpartisipasi dalam pameran tahun ini.

Meja Bundar Kerjasama Regional Asia Timur Laut kedua, acara sampingan utama dari pameran, diadakan pada hari Rabu. Perwakilan dari Tiongkok, Jepang, Republik Korea, Rusia, Mongolia dan Republik Rakyat Demokratik Korea menghadiri pertemuan tersebut.

Meja bundar tersebut telah mengeluarkan inisiatif, menyerukan kepada pemerintah daerah di kawasan itu untuk menghubungkan sumber daya pasar mereka dan bersama-sama membangun komunitas kerja sama ekonomi maritim Asia Timur Laut.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2005, pameran ini telah menjadi platform utama bagi negara-negara di Asia Timur Laut untuk membangun konsensus dan melakukan kerja sama ekonomi dan perdagangan, dengan total 2.822 proyek kerja sama yang ditandatangani.

Asia Timur Laut adalah salah satu kawasan paling dinamis di dunia. Pada paruh pertama tahun 2021, volume perdagangan Tiongkok dengan lima negara lain di kawasan itu mencapai sekitar 417,9 miliar dolar AS (sekitar 5,9 kuadriliun rupiah), naik 26 persen YoY, menurut Kementerian Perdagangan Tiongkok. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong