Baca dalam 4 menit

City of The Week: Mengunjungi Mausoleum Sun Yat-sen di Nanjing

Waktu Publish : 29 Sep 2021, 11:42 WIB
SHARE ARTIKEL

Mausoleum Sun Yat-sen - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Nanjing, Bolong.id - Meliputi area seluas 80.000 meter persegi (sekitar 20 hektar), Mausoleum Dr. Sun Yat-sen terletak di Gunung Ungu di pinggiran timur Kota Nanjing, Provinsi Jiangsu.

Sun Yat-sen (1866-1925) adalah pelopor besar revolusi demokrasi Tiongkok. Dipimpin oleh Dr. Sun, rakyat Tiongkok menjatuhkan pemerintahan korup Dinasti Qing (1644-1911) dan mengakhiri 2.000 tahun feodal sistem monarki, yang membawa orang-orang ke zaman baru.

Dilansir dari Lonely Planet, pemandangan menakjubkan di puncak tangga batu yang sangat besar (392 anak tangga yang bikin terengah-engah), makam Sun Yat-sen adalah perhentian wajib bagi sebagian besar pengunjung.

Dengan hormat disebut sebagai guófù (国父, Bapak Bangsa), Dokter Sun dihormati oleh para komunis dan partai Kuomintang. Dia meninggal di Beijing pada tahun 1925, dan ingin dimakamkan di Nanjing, tidak diragukan lagi tanpa kemegahan berlebihan dari makam gaya Ming yang dibuat oleh penerusnya untuknya. Namun, dalam setahun setelah kematiannya, pembangunan mausoleum ini pun dimulai.

Dilansir dari Travel China Guide, konstruksi megah di dalam Mausoleum Dr. Sun Yat-sen dimulai pada tahun 1926 dan selesai pada tahun 1929. Seluruh area pemandangan mewakili bel alarm yang terlihat dari udara, melambangkan semangat mulia dan upaya heroik dari pengabdian Dr. Sun Yat-sen untuk orang-orang Tiongkok, melawan penindasan dan memenangkan kemerdekaan negara.

Menghadap ke selatan, strukturnya, bersama dengan gunung di belakangnya, naik secara bertahap bersama dengan garis poros tengah yang membentang dari selatan ke utara dan dianggap sebagai mausoleum paling menonjol dalam sejarah arsitektur modern negara itu.

Dilansir dari Asian Historical Architecture, tata letak makam ini sangat mirip dengan makam kaisar Tiongkok dan memiliki kontras dan kesamaan yang menarik dengan makam kaisar Ming pertama, Hongwu, yang ditemukan sekitar setengah mil ke barat di lereng Gunung Ungu yang sama. Seluruh kompleks diletakkan pada sumbu utara-selatan.

Pertama ada pailou, atau memorial arch, yang menandai pintu masuk ke halaman makam. Dari sini, jalur panjang dengan deretan pepohonan mengarah ke atas bukit dengan sedikit tanjakan sejauh beberapa ratus meter ke gerbang formal, dengan tiga pintu masuknya yang melengkung.

Tepat di belakang ini adalah paviliun persegi, yang menampung tablet peringatan Dr. Sun, sebuah prasasti batu besar setinggi sekitar 20 kaki. Dari sini, jalan setapak mengarah ke tangga lebar dengan 400 anak tangga ke aula peringatan utama di bagian atas.

Aula ini terdiri dari ruang memorial depan dengan patung Dr. Sun yang diukir di marmer putih dan dengan tugu peringatan di dinding di kanan dan kiri. Langit-langitnya dilapisi ubin dengan salinan bendera Republik Tiongkok, yang didirikan oleh Dr. Sun pada tahun 1911. Di sebelah utara ruangan ini di dalam ruangan melingkar adalah tempat peristirahatan jenazah Dr. Sun.

Mereka berbaring di sarkofagus marmer dengan gambar berbaring Dr. Sun terpahat di sampulnya. Peti mati itu duduk di lubang melingkar yang tersembunyi sehingga pengunjung dapat menatap ke bawah saat mereka berputar dalam keheningan. Fotografi dilarang keras di ruangan ini.

Peti mati Sun Yat-sen - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong