Baca dalam 5 menit

City Of The Week: Destinasi Harbin, Festival Es dan Salju Terbesar di Dunia

Waktu Publish : 26 Sep 2021, 11:41 WIB
SHARE ARTIKEL

Festival Es dan Salju Harbin - Image from CNN

Bolong.id - Jika kamu senang melihat salju atau justru penasaran dengan salju, Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival bisa jadi pilihan acara yang tepat untuk disambangi. Festival yang berlangsung di Provinsi Heilongjiang di utara Tiongkok ini adalah festival salju dan es terbesar di dunia. Festival ini melingkupi banyak instalasi dan aktivitas yang berhubungan dengan salju.

Biasanya, festival dimulai setiap tanggal 5 di bulan Januari dan biasanya berlangsung hingga akhir Februari, jika cuaca memungkinkan bisa sampai awal Maret. Seiring waktu, festival ini telah berkembang pesat menjadi festival es dan salju terbesar di dunia. Di masa lalu, para peserta didominasi oleh orang Tiongkok, tetapi sejak diperkenalkan sebagai festival dan kompetisi internasional, keadaan telah berubah.

Setiap tahun, ada banyak seniman dan ahli patung es dan salju dari Amerika, Kanada, Jepang, Singapura, Rusia, Tiongkok, dan negara-negara lain yang berkumpul untuk berpartisipasi dalam kompetisi, memamerkan karya seni alam mereka dan berkomunikasi satu sama lain di dunia es dan salju. Lebih dari sepuluh ribu pekerja membangun struktur es dan salju hanya dalam 15 hari, suatu prestasi yang mengesankan.

Pahatan Es yang disorot dengan lampu warna-warni - Image from CNN

Sekarang, festival ini telah berkembang dan menarik jutaan wisatawan setiap tahun dari Tiongkok dan seluruh dunia. Setiap tahun mereka mengadakan upacara pembukaan sendiri selain pertunjukan kembang api dan serangkaian pertunjukan teater untuk merayakan kemegahan acara ini.

Megahnya festival jelas merupakan pemandangan yang pantas untuk dilihat. Festival ini dikatakan sebagai salah satu dari 35 tempat wisata paling indah di Tiongkok tetapi setelah melihat banyak tempat wisata di Tiongkok dan di tempat lain di seluruh dunia.

Bangunan-bangunan es di festival es dan salju - Image from CNN

Ada dua area pameran utama yang menampung Harbin International Ice and Snow Sculpture Festival, meskipun patung es juga didirikan di seluruh kota. Dunia Es dan Salju adalah area pameran utama lainnya yang terletak di Taman Zhaolin, dan merupakan acara yang harus dilihat untuk festival es yang mempesona ini. Taman ini adalah area dengan struktur yang terbuat dari balok es yang diambil langsung dari Sungai Songhua di dekatnya yang mengalir melalui kota.

Festival Es dan Salju - Image from CNN

Pada malam hari, patung-patung taman diterangi, menciptakan suasana magis yang memukau jutaan pengunjung setiap tahun. Dari siang hingga malam taman ini menjelma menjadi pengalaman visual yang dinamis, seperti berjalan ke dunia yang tiada duanya.

Harbin memiliki sejarah singkat di Tiongkok, kota yang baru berusia 110 tahun. Terlepas dari sejarahnya yang singkat, festival itu sendiri berakar sejak tahun 1963, yang berasal dari pertunjukan lentera es tradisional dan pesta kebun Harbin. Selama revolusi budaya di Tiongkok, festival itu terganggu.

Pahatan es berebentuk colosseum - Image from CNN

Festival tahunan adalah bagian yang sangat penting dari budaya Tiongkok timur laut; itu mewakili adat dan budaya lokal Harbin sendiri dan kreativitas Tiongkok. Patung es warna-warni yang dikemas dengan cahaya adalah fitur utama festival sebagai karya seni es dan diatur menurut berbagai tema yang menggambarkan karya agung klasik Tiongkok, cerita rakyat Eropa, dan adat istiadat.

Setiap tahun tema festival berubah, meskipun beberapa patung telah dibuat ulang selama bertahun-tahun karena popularitas yang luar biasa. Anda dapat melihat berbagai objek setiap tahun seperti bangunan, taman, bunga, air terjun, gereja bergaya Eropa, singa, harimau, naga, serta berbagai karya seni yang menggambarkan tema yang dipilih tahun. (*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

news

Layanan Jasa Kurir China Fokus Ramah Lingkungan

  • Djono W. Oesman
  • 19 Oct 2021

culture

Festival Wisata Internasional Tiga Ngarai China Ke-12 Dimula...

  • Djono W. Oesman
  • 16 Oct 2021

culture

Aktivitas Canton Fair Gunakan Sistem Online dan Offline

  • Djono W. Oesman
  • 15 Oct 2021

news

Wow! China Punya Lebih Dari Enam Juta Hektar Hutan Bambu

  • Lupita
  • 15 Oct 2021

lifestyle

Festival Film Internasional Pingyao Dimulai di Shanxi

  • Lupita
  • 15 Oct 2021

news

Suasana Makan Malam Lansia di Chengdu

  • Djono W. Oesman
  • 14 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong