Baca dalam 3 menit

Tembok Nanjing, Terbuat dari 350 Juta Bata Bobot 10 Kg per Bata

Waktu Publish : 29 Sep 2021, 10:15 WIB
SHARE ARTIKEL

Tembok Kota Nanjing - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Nanjing, Bolong.id - Tembok Kota Nanjing salah satu peninggalan sejarah Dinasti Ming (1368-1644) di bawah perlindungan negara. Ini mahakarya arsitektur kuno Tiongkok.

Dilansir dari Travel China Guide, dengan perimeter asli sekitar 35 kilometer, Tembok Kota memiliki ketinggian 14-21 meter. Pijakan tembok ini memiliki lebar 14 meter.

Peninggalan yang masih ada kini memiliki panjang sekitar 21 kilometer. Nanjing adalah salah satu dari sedikit kota di Tiongkok yang masih memiliki tembok kota tua, dan Tembok Kotanya lebih terpelihara dengan sebagian besar masih tersisa.

Pada tahun 1366, Zhu Yuanzhang, kaisar pertama Dinasti Ming, menerima saran dari seorang kanselir untuk membangun Tembok Kota Nanjing.

Setelah 21 tahun pembangunan yang melelahkan, tembok itu akhirnya selesai pada 1386. Menurut catatan sejarah, Zhu Yuanzhang memerintahkan 118 kabupaten dari 20 negara bagian di 5 provinsi untuk membuat batu bata.

Dilansir dari Nanjing China, masing-masing bata memiliki berat sekitar 10 kilogram dengan panjang 50 sentimeter, lebar 20 sentimeter, dan tinggi 10 sentimeter. Batu bata tersebut bertuliskan nama-nama pejabat yang bertanggung jawab atas kualitas batu bata tersebut.

Hingga 350 juta batu bata digunakan untuk membangun tembok.

Tembok ini merupakan peninggalan budaya yang penting karena prasasti di batu batanya. Prasasti datang dalam dua bentuk. Yang satu dari para ulama dan pejabat, yang lain dari para perajin atau rakyat.

Karakter-karakter yang pertama indah dan elegan dan mengandung gaya kaligrafi utama, asal usul salah satu gaya karakter bahkan tidak dapat dilacak. Dari sini, Anda dapat melihat bagaimana karakter Tionghoa berkembang dan memahami multikulturalisme Dinasti Ming.

Prasasti ini bertindak seperti gulungan sejarah, merekam perubahan dinding selama dinasti. Ini memberikan catatan yang sangat diperlukan untuk studi sejarah Nanjing.

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong