Baca dalam 3 menit

Fotografer Muda China Raih Astronomy Photographer of The Year

Waktu Publish : 25 Sep 2021, 11:26 WIB
SHARE ARTIKEL

“The Golden Ring”, foto pemenang untuk Fotografer Astronomi Tahun Ini yang diambil oleh fotografer Tiongkok Dong Shuchang di Ali, Daerah Otonomi Tibet Tiongkok barat daya.- Image from People Daily China

Bolong.id - Dong Shuchang, fotografer berusia 23 tahun dari Daerah Otonomi Ningxia Hui, Tiongkok barat laut, dinobatkan sebagai pemenang Astronomy Photographer of The Year.

Ia dinobatkan untuk fotonya yang memukau “The Golden Ring”, yang menunjukkan gerhana matahari cincin, ia f menjadi fotografer yang termuda pemenang kompetisi fotografi teratas dalam astronomi.

Dilansir dari People Daily China pada Jumat (24/9/2021), karya agung ini ditangkap di Ali, Daerah Otonomi Tibet China barat daya tahun lalu. Dong berkata dia hanya menunggu saat yang tepat untuk menekan tombol shutter.

"Tempat ini memiliki cuaca cerah sepanjang tahun, tetapi di depan gerhana cincin, saya melihat awan gelap di seluruh langit," kenang Dong.

"Kami menunggu dengan pikiran cemas tetapi kami beruntung. Dalam satu menit dari gerhana cincin, sinar matahari menembus awan dan setelah itu Matahari tersedot ke dalam awan tebal. Kami sangat beruntung di sini!" kata dong.

"Matahari kita masih dapat dilihat sebagai cincin yang mengelilingi Bulan saat melintas di depan Matahari, dan gunung-gunung di permukaan bulan dapat terlihat menyembunyikan sebagian cahaya ini di bagian kanan bawah gambar," hakim Emily Drabek- kata Maunder sambil mengomentari foto pemenang.

Rekan juri Steve Marsh mengatakan bahwa gambar itu "murung, tenang, ditangkap dengan sempurna dan diproses dengan ahli. Anda merasa seolah-olah Anda dapat menjangkau ke langit dan meletakkannya di jari Anda."

Ini adalah kedua kalinya bagi Dong untuk memenangkan hadiah di kompetisi, yang diselenggarakan setiap tahun oleh Royal Observatory di Greenwich.

Dia adalah pemenang kategori penghargaan Pendatang Baru Terbaik pada tahun 2019 untuk gambarnya "Langit dan Tanah, Bintang dan Pasir" yang diambil di bagian Gurun Mu Us, salah satu dari empat gurun terbesar di Tiongkok, dekat daerah Pingluo di Ningxia. (*)

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong