Baca dalam 4 menit

Istana Musim Panas, Taman Kekaisaran di Beijing

Waktu Publish : 26 Sep 2021, 13:18 WIB
SHARE ARTIKEL

Istana Musim Panas - Image from China Dragon Tours

Bolong.id - Istana Musim Panas awalnya bernama Qingyi Yuan, atau Taman Riak Bening. Ini adalah taman kekaisaran yang dibangun pada tahun 1750 oleh Kaisar Qianlong dalam upaya untuk merayakan ulang tahun ibunya. Selama beberapa abad, kaisar dan permaisuri menghabiskan waktu luang mereka di sana, yang saat ini memiliki nilai estetika yang besar. Istana Musim Panas ditambahkan ke daftar pada November 1998.

Sejarah

Dilansir dari chinaculture.org, Istana Musim Panas pertama kali dibangun pada tahun 1750 dan sebagian besar dihancurkan dalam perang tahun 1860, kemudian dipugar di atas fondasi aslinya pada tahun 1886. Istana ini melayani empat generasi keluarga kekaisaran, dan sekarang menjadi resor populer bagi orang-orang dari semua lapisan masyarakat.

Istana ini adalah contoh luar biasa dari taman kekaisaran dan taman pribadi dengan ciri khas Tiongkok utara dan selatan, dan merupakan taman kekaisaran Tiongkok yang paling terpelihara. Ini mengintegrasikan lanskap alam perbukitan dan perairan terbuka dengan fitur buatan manusia, seperti paviliun, aula, istana, kuil dan jembatan, menjadi satu kesatuan yang harmonis dan estetis.

Istana Musim Panas mencakup area seluas 290 hektar, tiga perempatnya adalah air. Kebunnya dibagi menjadi tiga sektor: sektor resmi, sektor swasta dan sektor lanskap. Istana kekaisaran berada di bagian timur Istana Musim Panas. Bangunan utama di area ini termasuk Hall of Benevolence and Longevity (Renshoudian), juga dikenal sebagai Hall of Industrious Government (Qinzhengdian), aula samping dan kantor menteri. Sektor swasta terdiri dari tiga halaman besar, dengan fokus masing-masing di Hall of Jade Ripples (Yulantang), Hall of Happiness and Longevity (Leshoutang) dan Yiba Hall.

Warisan Budaya

Elemen arsitektur yang beragam di Istana Musim Panas menjelaskan evolusi Tiongkok sebagai negara integral dari banyak kelompok etnis. Misalnya, Danau Kunming sebagian besar merupakan tiruan dari Danau Barat di Hangzhou, provinsi Zhejiang, Tiongkok Timur.

Jalan lintas yang panjang di sebelah barat danau disebut West Dike, meniru jalan lintas Su Dongpo di Danau Barat. Serangkaian enam jembatan di tanggul sangat mirip dengan enam jembatan di Danau Barat.

Kelompok besar kuil di Longevity Hill, termasuk Pavilion of the Fragrance of Buddha (Foxiangge), adalah ciri khas arsitektur Buddhisme Tibet. Mereka dibangun meniru Temple of Common Peace (Puningsi) dan kuil serupa di Resor Gunung Chengde, yang dibangun pada waktu yang sama.

Koridor Panjang

Koridor Panjang adalah koridor taman terpanjang di Tiongkok, dan salah satu struktur tertua di Istana Musim Panas. Ini adalah kawasan pejalan kaki tertutup yang membentang sepanjang 728 meter di sepanjang pantai utara Danau Kunming dan terhubung dengan deretan bangunan di kaki Longevity Hill.

Selain pemandangan spektakuler lebih dari 8.000 lukisan dalam gaya tradisional Tiongkok yang menggambarkan rentang besar sejarah dan sastra Tiongkok, Koridor Panjang juga luar biasa dalam fungsinya yang tahan gempa.

Menurut catatan sejarah, selama 251 tahun terakhir, meskipun Koridor Panjang yang ramping dan berliku telah mengalami banyak badai, angin kencang, dan bahkan gempa bumi, Koridor Panjang tidak pernah miring atau rusak. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

Culture

Harta Karun Old Summer Palace China telah Kembali

  • Isna Fauziah
  • 02 Dec 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong