Baca dalam 2 menit

Kuil Buddha Agung Mengle di Xishuangbanna

Waktu Publish : 18 Sep 2021, 14:57 WIB
SHARE ARTIKEL

Patung Buddha besar di area kuil - Image from 图爸讲故事

Bolong.id - Kuil Buddha Agung Mengle (勐泐佛寺 měng lè dà fó sì) terletak di pinggiran Kota Jinghong, ibu kota Prefektur Otonomi Xishuangbanna Dai, Provinsi Yunnan, dan dibangun sesuai dengan standar tempat pemandangan tingkat A4 nasional Tiongkok.

Dilansir dari 图爸讲故事 pada Jumat (17/9/2021), Kuil Buddha Agung Meng Le ini dipugar dan dibangun kembali di situs asli kuil kerajaan Dinasti Dai kuno Kuil Buddha Jingpiao. Kuil Buddha Jingpiao dibangun oleh seorang raja Dai bernama Piaolong dalam sejarah orang Dai untuk memperingati putri Nansha yang sekarat.

Rekonstruksi Kuil Buddha Agung Mengle dimulai pada tahun 200 - Image from 图爸讲故事

Kuil Buddha Agung Mengle bangunannya hancur saat perang dalam penanggalan Buddha tahun 2883 (1848 M, pada masa Xianfeng, Dinasti Qing), 169 tahun yang lalu.

Rekonstruksi Kuil Buddha Agung Mengle dimulai pada tahun 2005. Upacara pembukaan lahan skala besar diadakan pada tanggal 9 Maret tahun yang sama, dan upacara peletakan pondasi besar diadakan pada tanggal 9 Mei 2005. Selama pembangunan aula utama, ditemukan sejumlah besar koin perak, kotak perak, perlengkapan ritual Buddhis, dll.

Kuil Buddha Agung Mengle - Image from 图爸讲故事

Kuil Buddha Agung Mengle meliputi area seluas 400 hektar, dibangun di atas gunung, dengan ketinggian 122,8 meter, berbentuk Buddha yang sedang duduk, dan arsitekturnya sangat unik. Kuil ini mengambil kehidupan dan aktivitas Buddha Sakyamuni yang ditumpahkan ke dalam lanskap dan arsitektur, dan sepenuhnya menampilkan sejarah dan warna budaya tradisional Buddhisme Selatan. (*)



Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong