Baca dalam 3 menit

Pertama! Ilmuwan China Mensintesis Pati dari Karbon Dioksida

Waktu Publish : 25 Sep 2021, 10:44 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilmuwan Cina Cai Tao menunjukkan sampel pati yang disintesis di laboratorium pada 16 September 2021. Ilmuwan Cina telah mengembangkan metode buatan untuk mensintesis pati dari karbon dioksida, yang pertama dari jenisnya secara global. Studi yang dilakukan oleh Institut Bioteknologi Industri Tianjin di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China, diterbitkan dalam jurnal Science pada hari Jumat.- Image from People's China Daily

Bolong.id - Ilmuwan Tiongkok telah mengembangkan metode buatan untuk mensintesis pati dari karbon dioksida, yang pertama dari jenisnya secara global.

Studi yang dilakukan oleh Institut Bioteknologi Industri Tianjin di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS), diterbitkan dalam jurnal Science pada hari Jumat kemarin.

Sebagai komponen utama makanan, pati umumnya diproduksi oleh tanaman melalui fotosintesis. Sintesis pati di alam membutuhkan sekitar 60 reaksi metabolik dan regulasi fisiologis yang kompleks.

Banyak penelitian telah dilakukan secara global pada sintesis pati, tetapi sedikit kemajuan telah dibuat sebelumnya.

Tim peneliti telah merancang jalur sintesis pati buatan yang hanya terdiri dari 11 reaksi inti, mencapai sintesis lengkap dari karbon dioksida menjadi molekul pati di laboratorium untuk pertama kalinya, kata Ma Yanhe, Direktur Jenderal Institut Bioteknologi Industri Tianjin.

Struktur pati sintetis terbukti sama dengan pati alami, kata Ma, yang juga penulis studi tersebut.

Tes awal menunjukkan bahwa metode baru sekitar 8,5 kali lebih efisien daripada memproduksi pati dengan pertanian konvensional berdasarkan tingkat sintesis pati, kata Ma.

Menurut hasil saat ini, produksi pati tahunan dari bioreaktor dengan ukuran satu meter kubik secara teoritis sebanyak sekitar 0,3 hektar ladang jagung di Tiongkok tanpa mempertimbangkan input energi.

Dalam studi tersebut, jalur anabolik yang tidak ada di alam dirancang dan dirakit, dan efisiensi kerjanya secara signifikan lebih tinggi daripada proses biologis alami, kata Ma.

Studi ini menjanjikan untuk membantu mewujudkan produksi bengkel pati dan menyediakan rute teknis baru untuk mensintesis molekul kompleks dari karbon dioksida, tambahnya.

"Pekerjaan ini dapat memberikan jalan menuju biomanufaktur industri masa depan kita dari zat global yang penting ini," kata Direktur Eksekutif Paket Pers Science Meagan Phelan.

Studi ini masih dalam tahap laboratorium, dan masih ada jalan panjang sebelum digunakan, menurut Zhou Qi, wakil presiden dan akademisi CAS.

Tim peneliti akan melakukan upaya untuk memecahkan masalah ilmiah seperti desain dan regulasi sistem sintesis pati, serta untuk mempromosikan kemungkinan aplikasi industri dari penelitian ini. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

Technology

China Berbagi Porsi Sampel Bulan dengan Ilmuwan dari Negara ...

  • Isna Fauziah
  • 17 Dec 2020

Technology

Kisah Dua Insinyur Di Balik Misi Bulan Chang'e-5 China, Ada ...

  • Isna Fauziah
  • 07 Dec 2020

culture

Pameran Kehidupan Pelopor Nuklir Terkemuka Tiongkok Digelar ...

  • Isna Fauziah
  • 03 Nov 2020

culture

Ilmuwan China Laporkan Temuan Baru tentang Sejarah Teh

  • Isna Fauziah
  • 20 Sep 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong