Baca dalam 4 menit

Rich Brian, Rapper Generasi Muda Kebanggaan Indonesia

Waktu Publish : 20 Sep 2021, 07:10 WIB
SHARE ARTIKEL

Rich Brian - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Brian Imanuel Soewarno atau yang lebih dikenal sebagai Rich Brian adalah seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman Indonesia yang kini sukses di dunia hiburan internasional. Ia dikenal karena single debut viralnya "Dat $tick", yang pertama kali dirilis pada Maret 2016 di SoundCloud, saat masih menggunakan nama panggung Rich Chigga.

Tak lama setelah Dat $tick viral, ia bergabung dengan 88rising, agensi yang menaunginya. Lagu "Dat $tick" meraih kesuksesan internasional setelah 88rising merilis video reaksi yang menampilkan rapper Amerika Ghostface Killah, 21 Savage, Tory Lanez, MadeinTYO, Desiigner, dan banyak lagi. Sejak video musik resmi untuk lagu tersebut diunggah ke akun YouTube, telah dilihat lebih dari 180 juta kali.

"Dat $tick" kemudian mencapai puncak di nomor empat di Bubbling Under R&B/Hip-Hop Singles. Album studio debutnya, Amin, dirilis pada Februari 2018, dan mencapai posisi 18 di tangga lagu Billboard 200 AS. Album studio kedua Brian, The Sailor, dirilis pada 26 Juli 2019. Ia merilis EP berjudul 1999 pada 25 Agustus 2020.

Brian telah berkolaborasi dengan banyak artis dari Tiongkok dan Korea Selatan seperti Kris Wu, Chungha, Keith Ape, Jackson Wang dan Jay Park.

Brian lahir di Jakarta, Indonesia pada 3 September 1999, dan beretnis Tionghoa-Indonesia. Dia adalah anak bungsu dari empat bersaudara. Meskipun ayahnya adalah seorang pengacara, dia tidak pernah mengenyam pendidikan formal dan menghabiskan sebagian besar waktunya membantu di kafe orang tuanya sambil belajar di rumah.

Pada tahun 2010, saat tumbuh besar di Indonesia, Brian memulai karirnya di media sosial saat berusia 11 tahun. Dia juga bergabung dengan Twitter pada Agustus 2010, ketika dia baru berusia 11 tahun, membawanya untuk membuat konten video, termasuk sketsa komedi gelap di Twitter.

Dia kemudian pindah ke platform Vine ketika dia berusia 15 tahun dan mulai memposting video harian di sana. Brian, yang saat itu hanya bisa berbahasa Indonesia, belajar bahasa Inggris sendiri dengan menonton video YouTube dan mendengarkan rapper seperti Childish Gambino, 2 Chainz, Macklemore dan Tyler, the Creator.

Rapper berdarah Tionghoa ini mulai mendengarkan musik hip hop pada tahun 2012, ketika seorang teman Amerika yang dikenalnya di internet memperkenalkannya ke "Thrift Shop" oleh Macklemore & Ryan Lewis. Brian menulis lagu rap pertamanya pada tahun 2014. Brian awalnya ingin menjadi seorang sinematografer di Los Angeles, namun ia menyerah setelah karir musiknya mulai lepas landas.

Gaya musik Rich Brian disebut ‘ironis’ oleh UrbanDaddy, vokalnya digambarkan sebagai bariton, dan penyampaiannya kasar namun lincah dan unik. Brian, awalnya membuat musik komedi, sejak itu berusaha untuk menjauhkan diri dan membuat musik yang lebih serius dengan single seperti Seventeen dan Glow Like Dat.

Dengan dirilisnya "Yellow" pada 26 Juni 2019, gaya musik Rich Brian berkembang. Dalam sebuah wawancara dengan Majalah Kompleks, dia menyatakan bahwa albumnya "The Sailor" adalah langkah maju yang penting untuk seninya dan dia mulai menulis tentang hal-hal yang sangat pribadi baginya. Young Thug, Tyler, The Creator, Yung Lean dan Childish Gambino adalah inspirasinya dalam menghasilkan karya. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong