Baca dalam 10 menit

Simak Fakta-fakta Marvel's Shang-Chi, Awas Spoiler

Waktu Publish : 04 Sep 2021, 14:53 WIB
Sumber : Chinoy TV
SHARE ARTIKEL

Shang-Chi - Image from Chinoy TV

Bolong.id -Jika ada sesuatu yang bisa menghidupkan tahun ini dengan sensasi film superhero yang bagus, itu pasti film Marvel!

Mungkin Anda sudah pernah mendengarnya, tapi Marvel Studios. Teaser dua menit terbaru Shang-Chi memberikan gambaran menarik tentang perjuangan karakter tituler melawan apa yang tampaknya menjadi keinginan ayahnya agar dia berhasil dalam misi keluarga — yaitu, The Ten Rings, organisasi teroris rahasia yang bertekad menghancurkan perdamaian dunia oleh siapa pun. Shang-Chi, tentu saja, lebih memilih untuk melarikan diri dari hidupnya sebagai seorang pembunuh dan ingin hidup damai di San Francisco. Drama keluarga pun terjadi, dan plot pun terungkap.

Tapi siapa sebenarnya Shang-Chi, dan apa sebenarnya yang bisa kita harapkan dari film penuh aksi ini?

1. Shang-Chi didasarkan pada karakter buku komik Marvel

Seperti kebanyakan karakter utama di Marvel Cinematic Universe (MCU), Shang-Chi didasarkan pada karakter buku komik fiksi dengan nama yang sama. Dikonseptualisasikan pada akhir tahun 1972, Shang-Chi, juga dikenal sebagai Master of Kung Fu dan Brother Hand, awalnya dianggap sebagai seniman bela diri yang sangat mahir yang ayah jahatnya Fu Manchu - berganti nama menjadi Wenwu dalam film - berulang kali mencoba mendominasi dunia

Sebagai karakter populer selama tahun 1970-an, tidak mengherankan untuk melihat bahwa, selama edisi komik selanjutnya, Shang-Chi juga terungkap sebagai salah satu anggota awal yang dimasukkan dalam daftar Avengers.

Komik Shang-Chi - Image from internet

2. Film ini dipimpin oleh pemeran yang didominasi orang Asia.

Pemimpin Asia pertama Marvel Studios tidak lain adalah Simu Liu yang menyenangkan dan atletis — aktor dan stuntman Tiongkok-Kanada yang sedang naik daun dengan latar belakang yang mengesankan termasuk bakat dalam senam, serta penguasaan seni bela diri seperti Taekwondo dan Wing Chun. Dia terkenal karena perannya sebagai Jung Kim dalam sitkom Kim's Convenience, serta kampanye Twitter-nya (baca: sukses) untuk menghidupkan pahlawan super Asia yang pantas kita dapatkan.

Selain Liu, pemeran Shang-Chi yang bertabur bintang termasuk nama-nama yang diakui secara internasional Awkwafina, yang berperan sebagai pelayan hotel Katy; Tony Leung sebagai Wenwu / The Mandarin; Michelle Yeoh sebagai Jiang Nan; Fala Chen sebagai Jiang Li; dan Ronny Chieng sebagai Jon Jon. Film ini disutradarai oleh Destin Daniel Cretton, yang merupakan keturunan setengah Asia.

aktor dan aktris film Shang-Chi - Image from interne

3. Salah satu OST resmi dibawakan oleh artis K-Pop Tiongkok Jackson Wang

Film yang bagus selalu memiliki soundtrack yang bagus, tetapi tidak ada OST yang benar-benar diumumkan secara resmi. Sedikit yang kita tahu berhutang berkat internet, yang memutuskan untuk melakukan beberapa penyelidikan setelah trailer Shang-Chi pertama dirilis dengan lagu hip hop yang mempesona. Meskipun pengumuman publik resmi belum dirilis pada tulisan ini, pemirsa online dengan cepat mengenali bahwa vokal unik yang ada di teaser adalah milik Jackson Wang, anggota Tiongkok dari grup K-pop GOT7 yang populer tetapi sekarang sedang hiatus.

Menghasilkan lebih banyak hype di antara orang-orang Asia dan pengikut K-pop, penggemar dengan bersemangat menunjukkan posting dan cerita Instagram yang 88rising, label musik Amerika yang berkolaborasi dengan artis Asia seperti Jackson Wang untuk merilis musik mereka di Amerika Serikat, diunggah ke akun resmi mereka setelah rilis trailer.

Jackson Wang salah satu pembawa OST film Shang-Chi - Image from internet

4. Shang-Chi adalah karakter utama baru pertama yang diperkenalkan di Fase 4

Sebagai kursus penyegaran, tiga fase film pertama MCU mengacu pada Infinity Saga, yang mencakup 23 film yang dimulai dengan Iron Man (2008) dan diakhiri dengan Spider-Man: Far From Home (2019). Meskipun Black Widow akan menjadi film Fase 4 pertama yang dirilis, Natasha Romanov adalah nama yang bahkan sudah diketahui oleh penonton Marvel yang paling awam, jadi tidak dapat menghitungnya.

Mengikuti warisan Avenger yang jatuh adalah Shang-Chi, yang perkenalannya secara resmi memulai babak baru untuk MCU. Sementara detail tentang bagaimana ini bisa terjadi sejauh ini masih belum jelas, apa yang diungkapkan trailer layaknya telur paskah yang secara menarik mengingatkan kembali ke film-film masa lalu.

5. Ada unsur Budaya Tiongkok

Dalam film ini juga terdapat beberapa unsur budaya Tiongkok yang cukup kental. Berikut beberapa unsur budaya Tiongkok yang turut menghiasi film ini.

6. Sarapan dengan Bubur

Ketika Shaun (Simu Liu) mengunjungi Katy (Awkwafina), dia bergabung dengan keluarga untuk sarapan. Daripada sereal, mereka makan bubur nasi, juga disebut jook atau bubur. Hidangan sederhana dan polos, jook sering dipasangkan dengan youtiao (cakwe). Sebelum memasuki rumah mereka, Shaun melepas sepatunya di luar — kebiasaan umum di rumah tangga Asia.

7. Hari kematian

Saat berada di rumah Katy, waiponya (nenek dari pihak ibu) menyebutkan mengumpulkan barang-barang untuk Hari Orang Mati. Selama festival Qingming, yang biasanya berlangsung pada bulan April, keluarga mengunjungi makam orang-orang terkasih yang telah meninggal untuk memberi penghormatan. Kuburan disapu dan dibersihkan, dan keluarga sering meninggalkan persembahan buah-buahan, bunga dan barang-barang lainnya (termasuk kejahatan duniawi seperti alkohol dan rokok).

Mereka yang memiliki mata tajam akan mengenali waipo yang diperankan oleh aktris Tsai Chin, yang memerankan Bibi Lindo di “Joy Luck Club” tahun 1993. Nyonya Chen, ibu Katy, diperankan oleh aktris veteran Jodi Long, yang memerankan ibu Margaret Cho dalam sitkom jaringan Asia-Amerika pertama, "All American Girl."

8. Shaun alias Shang-Chi

Katy (Awkwafina) dan Shang alias Shaun (Simu Liu) di stan valet (Disney/Marvel Studios), Dalam penerbangan ke Makau, Shaun mengungkapkan nama aslinya sebenarnya Shang. Katy bercanda tentang seberapa dekat kedua nama itu terdengar, tetapi cukup umum bagi para imigran untuk memilih versi Inggris dari nama Tiongkok mereka: Shang menjadi Shaun; Mei-Ling (nama gadis populer) menjadi Mei atau Melissa.

9. "ABC"

Setelah tiba di Makau, Shang dan Katy bertemu dengan pawang lokal Jon Jon (Ronny Chieng). Katy mengaku tidak bisa memahami bahasa Mandarin dengan baik, yang menurut Jon Jon jangan khawatir saat dia berbicara "ABC."

"ABC" adalah kependekan dari American Born Chinese, istilah (terkadang menghina) yang digunakan untuk menggambarkan anak-anak imigran yang berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa pertama mereka dan mungkin tidak mengerti adat istiadat Tiongkok atau Tiongkok.

10. Wajah Putih Death Dealer

Salah satu lawan paling tangguh yang dihadapi Shang adalah Death Dealer (Andy Le). Dibalut jubah biru dengan wajah putih, Death Dealer tidak pernah berbicara selama film. Wajah putihnya adalah panggilan balik ke opera Tiongkok di mana topeng putih mewakili kematian.

11. Senjata seni bela diri

Death Dealer dan pembunuh Sepuluh Cincin menggunakan berbagai senjata seni bela diri, dari tongkat dasar dan tombak hingga yang lebih eksotis atau canggih, termasuk pisau lempar dan pedang kail

Adik perempuan Shang, Xialing (Meng'er Zhang) adalah ahli panah tali, senjata hibrida yang dapat digunakan sebagai belati dan cambuk. Keserbagunaan senjata penting dalam pertempuran terakhir di Ta Lo.

12. Kuil untuk orang mati

Setelah Shang-Chi ditangkap oleh ayahnya, Wenwu (Tony Leung), dan dibawa ke kamp Sepuluh Cincin, kita melihat sebuah kuil untuk Li (Fala Chen), istri Wenwu dan ibu Shang dan Xialing. Kuil untuk orang mati sangat umum di rumah tangga Tionghoa. Mereka biasanya terdiri dari foto berbingkai almarhum dengan persembahan buah (mirip dengan yang dibuat pada Hari Kematian) dan membakar dupa.

Sebuah kuil yang mencerminkan yang ada di kamp Sepuluh Cincin juga terlihat di Ta Lo. Wenwu mengunjungi kuil untuk memberi penghormatan kepada Li sebelum mencoba membebaskan "dia" dari penawanan (pada kenyataannya, dia dipikat oleh kejahatan jahat).

13. Singa penjaga

Singa penjaga menjaga jalan ke Ta Lo (Disney/Marvel) Singa penjaga muncul di sepanjang film: di kamp Sepuluh Cincin dan di gerbang Ta Lo. Sepasang patung ini didirikan untuk menangkal kejahatan. Banyak Pecinan, termasuk di San Francisco dan Vancouver, memiliki penjaga atau foo singa di gerbang mereka. Di dalam tanah mistis Ta Lo, hewan-hewan agung ini hidup kembali dan berkeliaran di pedesaan.

14. Naga

Makhluk yang paling dihormati dalam mitologi Tiongkok adalah naga. Faktanya, mereka yang lahir di Tahun Naga (2012, 2000, 1988, dll.) pada zodiak Tiongkok dianggap sangat beruntung.

Naga adalah elemen berulang dalam “Shang-Chi” — kalung Shang dan Xialing sebenarnya adalah “mata” patung naga yang menerangi jalan menuju Ta Lo. Setelah di Ta Lo, Yin Nan (Michelle Yeoh) menceritakan mitos naga kepada keponakannya Shang.

Selama pertempuran terakhir iklim, para pejuang Ta Lo menggunakan senjata dan baju besi yang ditempa dari sisik naga. Dan Shang memanggil naga raksasa, Pelindung Agung, untuk membantunya. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

lifestyle

12 Film Terbaik Tony Leung, Pemeran Ayah Dalam Film Shang-Ch...

  • Lupita
  • 07 Sep 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong