Baca dalam 3 menit

5 Street Food China Ini Enak dan Murah lho, Wajib Coba!

SHARE ARTIKEL

Street Food China - Image from snapwi.re

Jakarta, Bolong.id - Tiongkok terkenal dengan makanan khasnya yang unik dan tidak kalah dari olahan street food wilayah Bangkok yang diburu oleh warga lokal maupun turis. Kedua kuliner jalanan tersebut khas akan budaya Asia Timur yang sudah pasti cocok di lidah orang Asia Tenggara.

Berikut beberapa Street food menu list yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Negeri Tirai Bambu:

1. Tanghulu (糖葫芦)

Tanghulu - Image from pinimg.com

Tanghulu atau bingtanghulu adalah manisan buah tradisional Tiongkok. Manisan ini biasanya tersedia di berbagai kota di Tiongkok, misalnya Beijing, Tianjin, dan Shanghai. Manisan buah ini disajikan dengan cara ditusuk batang bambu yang panjangnya sekitar 20cm.

2. Chuan’r (串儿)

Chuan'r - Image from ltl-shanghai.com

Chuan, disebut di Timur Laut Tiongkok sebagai chuan'r adalah potongan kecil daging yang dibakar dalam keadaan ditusuk sate. Chuan berasal dari kawasan Xinjiang, Tiongkok.

3. Cifantuan (糍饭团)

Cifantuan - Image from inbjornor.com

Makanan ini biasanya disajikan dengan susu kedelai dan cocok dijadikan sebagai sarapan. Cifantuan banyak ditemukan di Shanghai, Hong Kong dan Taiwan. Bentuknya mirip dengan gulungan sushi. Bahan yang digunakan yaitu nasi putih sebagai pembungkus dan diisi dengan daging atau sayuran. Pilihan rasa yang tersedia yaitu manis atau gurih. Rasa manis berasal dari gula dan wijen sedangkan rasa gurih berasal dari daging babi, acar sayuran dan jamur. 

4. Rou Jia Mo (肉夹馍)

Rou Jia Mo - Image from inbjorno.com

Roujiamo (Hanzi: 肉夹馍; Pinyin: ròujīamó), yang juga dikenal sebagai rougamo atau rou jia mo, yang artinya "burger daging" atau "roti lapis daging", biasanya diisi dengan daging babi dan sayur, Makanan ini berasal dari Shaanxi Tiongkok.


5. Jian Dui (煎堆)

Jian dui - Image from asianinspirations.com

Onde-onde Tiongkok ini disebut Má tuán (麻糰) di daerah Tiongkok utara, Má yuán (麻圆) di Tiongkok Timur, dan di Hainan disebut Zhēn dài (珍袋). Zhen dai terkadang dapat disebut sebagai Zhīma qiú (芝麻球) yang artinya bola wijen dalam bahasa Inggris. Di Hong Kong, makanan ini dapat ditemui di hampir seluruh toko kue.

Makanan ini biasanya hidangan wajib untuk sarapan di daerah Guangdong dan sekitarnya. Para pedagang menggunakan tepung ketan dan pelapis biji wijen. Isinya dapat bermacam-macam seperti daging, pasta kacang atau tidak menggunakan isi apa pun, dengan kuliat luar yang renyah.

Jadi Street Food mana dulu nih yang mau kamu coba?

Terkait

culture

5 Street Food China Ini Enak dan Murah lho, Wajib Co

  • Lupita
  • 14 Nov 2020
Logo follow bolong