Baca dalam 3 menit

Hari Ini 2 Tahun lalu, Pakar Nuklir China Meninggal Dunia

SHARE ARTIKEL

Cheng Kaijia - Image from ifebngimg.com

Jakarta, Bolong.id - Mengenang pakar nuklir Tiongkok Cheng Kaijia (程开甲) meninggal dunia di usia 102 tahun pada 17 November 2018. Cheng Kaijia (程开甲) lahir 3 Agustus 1918 berasal dari Wujiang, Jiangsu, dia adalah pakar teknologi senjata nuklir, dan akademisi Ilmu Pengetahuan Tiongkok.

Seetelah mendapat gelar doktornya pada tahun 1948. Dia menjabat sebagai peneliti di Royal Institute of Chemical Industry. Pada tahun 1950, ia kembali mengajar di Jurusan Fisika Universitas Zhejiang.

Pada tahun 1960, ia berpartisipasi dalam penelitian bom atom pertama Tiongkok. Pada tahun 1962, ia dijadikan sebagai direktur di Institut Basis Uji Nuklir Komisi Sains dan Teknologi Pertahanan Nasional Tiongkok. Dia adalah salah satu pelopor dalam pengembangan bom atom pertama di Tiongkok, serta pelopor rancangan dan pengujian senjata nuklir Tiongkok.

Perjalanan karir nya yang panjang dan membanggakan, pada Juli 2017, Xi Jinping , Presiden Tiongkok, menganugerahi Cheng Kaijia "Medali 1 Agustus" dan upacara gelar kehormatan di Beijing. (*)

Terkait

culture

Hari Ini 2 Tahun lalu, Pakar Nuklir China Meninggal

  • Lupita
  • 17 Nov 2020
Logo follow bolong