Baca dalam 5 menit

Summer Solstice (夏至 xià zhì), Begini Perayaannya di China

Waktu Publish : 21 Jun 2021, 10:28 WIB
SHARE ARTIKEL

Ilustrasi titik balik matahari musim panas - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Dilansir dari Baike.baidu.com, Summer solstice (titik balik matahari di musim panas) selalu diperingati di Tiongkok. Umumnya terjadi pada 21 atau 22 Juni dalam kalender Gregorian.

Di Tiongkok utara, pada titik balik matahari musim panas, siang hari jauh lebih lama daripada malam hari, tetapi di selatan tropis perbedaannya hanya sekitar 2 jam. Panjang siang hari mencapai 15 jam di Beijing dan 17 jam di lintang yang lebih tinggi.

'Summer Solstice' adalah ketika matahari akhirnya bersinar tegak lurus terhadap Tropic of Cancer.

Setelah hari ini, matahari tampaknya bergerak ke selatan, sehingga mengurangi panjang siang hari di Belahan Bumi Utara setiap hari.

Kegiatan Perayaan di Tiongkok

Kebalikan dari dummer solstice adalah Festival Penyembahan Bumi ialah titik balik matahari musim dingin memiliki siang hari terpendek sedangkan titik balik matahari musim panas memiliki waktu terpanjang.

Di zaman kekaisaran selalu ada festival besar, yaitu titik balik matahari musim dingin adalah waktu untuk menyembah Surga dan titik balik matahari musim panas adalah waktu untuk menyembah Bumi.

Kedua festival tersebut mewakili kognisi Tiongkok tentang astronomi dan geografi yaitu langit berbentuk bulat dan bumi berbentuk persegi. Oleh karena itu, festival untuk memuja surga pada titik balik matahari musim dingin diadakan di Circular Mound Altar di Kuil Surga, dan festival untuk menyembah Bumi pada titik balik matahari musim panas diadakan di Fangze (Square Pool) Altar, yang juga disebut Fangqiu (Gunung Persegi) Altar atau Kuil Bumi.

Makan Mie

Selain festival, orang Tionghoan kuno juga mengambil liburan pada titik balik matahari musim panas. Kegiatan liburan berbeda secara individu, tetapi ada kegiatan terpadu seperti mengkonsumsi mie.

Hari-hari di sekitar waktu titik balik matahari musim panas adalah waktu saat gandum menjadi matang. Oleh karena itu, membuat mie dari gandum tidak hanya berguna untuk festival, tetapi juga memungkinkan orang untuk mencicipi panen gandum baru, yang merupakan cara membunuh dua burung dengan satu batu.

Makanan Titik Balik Musim Panas di Tiongkok

Beijing

Seperti kata pepatah klasik, titik balik matahari musim dingin adalah waktu untuk pangsit dan titik balik matahari musim panas adalah waktu untuk mie.

Untuk pecinta kuliner Beijing, perhatian khusus diberikan pada mie pada titik balik matahari musim panas. Menurut kebiasaan yang ditegakkan di Beijing kuno pada setiap titik balik matahari musim panas, mereka berpesta dengan selada dan mie dingin. Ini karena cuaca panas berarti lebih enak makan makanan dingin.

Selama titik balik matahari musim panas, rumah mie di Beijing menjadi kegemaran masyarakat. Tidak peduli apakah mereka membuat mie dingin Sichuan, mie Dandan, mie babi rebus, atau mie dengan pasta kedelai, semua jenis mie menjadi sangat populer.

Wuxi

Pada hari titik balik matahari musim panas, orang-orang di Wuxi makan bubur nasi di pagi hari dan wonton di siang hari, melambangkan kekacauan dan harmoni.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa makan wonton di titik balik matahari musim panas dan gnocchi di titik balik matahari musim dingin mengundang reuni dan kebahagiaan sepanjang empat musim.

Setelah makan wonton, Wuxiers menimbang anak-anak mereka, dengan harapan anak-anak mereka bertambah berat badan dan menjadi lebih sehat.

Shandong

Orang-orang di Shandong biasanya makan mie dingin, yang umumnya dikenal sebagai guoshuimian. Pepatah mereka juga mengatakan bahwa titik balik matahari musim dingin adalah waktu untuk pangsit dan titik balik matahari musim panas adalah waktu untuk mie.

Di daerah sekitar Kabupaten Laiyang di Shandong timur, tanaman gandum baru siap dipanen untuk titik balik matahari musim panas.

Di masa lalu, di daerah sekitar Huangxian ('Kabupaten Kuning', sekarang bernama Kabupaten Longkou, di sebelah utara Laiying), orang memasak biji-bijian dari gandum baru. Anak-naka disana juga akan menggunakan jerami gandung untuk memainkan permainan menarik.

Di daerah sekitar Kabupaten Pingyin, di barat Shandong, orang memperingati leluhur mereka di titik balik matahari musim panas.

Guangdong

Pada titik balik matahari musim panas, orang Kanton suka memasak semua jenis sup dan bubur, seperti sup iga babi dan bubur millet, serta teh herbal. (*)

Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

news

Kapal Nelayan Tiongkok Karam di Perairan Barat Korea Selatan...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

business

Forum Bisnis Indonesia-China KBRI Beijing Hadirkan Sinovac d...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

news

China Gunakan Teknologi Kecerdasan Buatan untuk Tingkatkan A...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

news

Produk Indonesia Dipromosikan Acara The Colours of Indonesia...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

culture

Mengenal Budaya Serigala Oleh Karyawan Huawei, Jam Kerja Pan...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021

business

Huawei Punya Penyimpanan Energi Terbesar di Dunia, Kapasitas...

  • Lupita
  • 20 Oct 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong