Baca dalam 3 menit

Inilah 3 Prioritas Rancangan "Five-years Plan" China

SHARE ARTIKEL

China Five-year Plan - Image from Anbound

Beijing, Bolong.id - Pemerintah Tiongkok telah menguraikan prioritas langkah-langkah ekonomi menjadi pemimpin inovasi global, sampai 15 tahun ke depan. Akan dilakukan terobosan besar teknologi.

Negara ini akan membangun berbasis inovasi di sejumlah proyek strategis, menurut teks proposal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (Communist Party of China;CPC).

Kemandirian dalam sains dan teknologi

Robot 5G - Image from CGTN

Dalam pidato penjelasan tentang proposal tersebut, Xi Jinping, sekretaris jenderal Komite Sentral CPC, menekankan bahwa Tiongkok harus fokus pada mempromosikan pembangunan berkualitas tinggi selama periode FYP ke-14.

Untuk tujuan ini, Tiongkok berjanji untuk menjunjung peran sentral inovasi dalam dorongan modernisasi dan mengambil kemandirian dalam sains dan teknologi sebagai landasan strategis untuk pembangunan nasional, menurut proposal tersebut.

Tiongkok akan meningkatkan sistem inovasi nasional dan mempercepat upaya untuk membangun negara itu menjadi kekuatan ilmiah dan teknologi, kata dokumen itu.

Industri berkembang strategis dan pembangunan hijau

Kendaraan energi baru di sebuah perusahaan mobil - Image from CGTN

Dokumen tersebut juga mengidentifikasi sejumlah "industri yang sedang berkembang strategis" dan berjanji untuk mempercepat pengembangan industri ini.

Proposal tersebut menyerukan integrasi mendalam dari internet, data besar, dan kecerdasan buatan dengan industri lain, memfasilitasi pengembangan klaster manufaktur tingkat lanjut, membangun serangkaian industri yang berkembang strategis sebagai pendorong pertumbuhan baru, dan memelihara teknologi baru, produk baru, model bisnis baru dan bentuk bisnis baru.

Sementara itu, Tiongkok akan memperkenalkan serangkaian langkah untuk memfasilitasi transformasi hijau secara keseluruhan dari pembangunan ekonomi dan sosial, kata dokumen itu.

Tiongkok akan mengurangi intensitas karbonnya, atau jumlah emisi karbon per unit PDB, dan membuat rencana aksi untuk mencapai tujuan puncak emisi CO2 sebelum tahun 2030.

Presiden Tiongkok Xi Jinping pada bulan September mengatakan bahwa negara itu bertujuan untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2060.

'Kemenangan di depan mata' untuk mencapai tujuan 'xiaokang'

kemenangan - Image from CNBC

Tiongkok telah mencapai "pencapaian yang menentukan" dalam mengamankan kemenangan dalam membangun masyarakat yang cukup makmur (dikenal sebagai "xiaokang" dalam bahasa mandarin) dalam segala hal, menurut dokumen tersebut, yang mengatakan "kemenangan sudah di depan mata" untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam pidatonya yang menjelaskan, Xi mengatakan Komite Sentral CPC akan melakukan penilaian dan peninjauan sistematis terhadap pembangunan masyarakat yang cukup makmur dalam segala hal pada paruh pertama 2021 sebelum secara resmi mengumumkan pencapaian kemakmuran moderat di seluruh masyarakat. (*)

BACA JUGA

Terkait

international

Inilah 3 Prioritas Rancangan "Five-years Plan" China

  • Lupita
  • 05 Nov 2020
Logo follow bolong