Baca dalam 4 menit

Di Shanxi Ada Kue Batu, Seperti Apa?

Waktu Publish : 07 Nov 2021, 13:41 WIB
SHARE ARTIKEL

Biskuit batu kecil - Gambar diambil dari Internet, jika ada keluhan hak cipta silakan hubungi kami.

Beijing, Bolong.id – Kue Batu atau juga disebut "Bobo", adalah makanan rasa lokal di provinsi Shanxi. Dinamakan begitu karena cara memasaknya — memanggang adonan bundar di atas batu bundar kecil yang dipanaskan. Kue ini memiliki sejarah panjang dan mempertahankan cara memasak yang primitif, kue ini dianggap sebagai “fosil hidup” dalam makanan dinasti Tiongkok.

Dilansir dari爱上秀美食, biskuit batu juga disebut Shizimo (子石馍). Karakteristik utama dari Kue Batu ini adalah tidak akan rusak dalam waktu yang lama bahkan di musim panas. Ada sedikit cerita tentang fitur itu. Dikatakan bahwa kue ini diambil sebagai upeti oleh orang-orang Tongzhou (sekarang disebut Kabupaten Dali) di dinasti Tang.

Karena ciri-ciri umum orang Tongzhou adalah kuat, tegas, jujur, dan terus terang, mereka tampaknya dengan mudah menyinggung pemerintah sehingga ketika mereka dipenjarakan Kue Batu adalah makanan satu-satunya dan membuat mereka terhindar dari mati kelaparan.

Prosedur memasaknya tidak sulit tetapi sedikit rumit. Pertama, buat adonan. Tambahkan sedikit minyak, daun lada segar, telur, air dan garam atau gula (sesuai selera pribadi) ke dalam tepung dan uleni campuran menjadi adonan. Aduk terus hingga kalis dan tidak lengket. Kedua, bagi adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan giling hingga tipis.

Ketiga, cuci dan keringkan batu-batu kecil yang sudah disiapkan sebelumnya. Aduk dalam minyak lalu aduk dan panaskan batu di wajan. Keempat, simpan setengah batu di dalam panci dan sisanya di wadah lain. Kemudian, taruh adonan tipis kecil di atas batu dan tutupi dengan batu lain sebagai cadangan, panaskan dengan api sedang sampai kue selesai dibuat. Kue ini berwarna keemasan, renyah dan kaya nutrisi yang membuatnya terkenal dan disukai tidak hanya oleh orang lokal tetapi juga di luar negeri.

Ada banyak cara untuk memakannya di berbagai tempat di Shanxi. Ada yang isi, ada yang tidak isi, dan ada yang garing. Saat ini, jajanan semacam ini bisa dikatakan populer di banyak daerah di Tiongkok. Banyak orang bisa membuatnya sendiri. Dalam proses pembuatannya, mereka bisa menambahkan kacang-kacangan seperti kenari dan kacang tanah sesuai dengan hobi masing-masing agar tampilan makanan lebih cantik dan sehat.

Kue batu biasnya miliki ciri khas asin dan harum, kaya nutrisi, mudah dibawa, dan tahan lama dalam penyimpanan. Tidak hanya dapat memberikan hadiah kepada kerabat dan teman, menjamu tamu, tetapi juga makanan yang ideal bagi wisatawan. (*)


Informasi Seputar Tiongkok

Terkait

business

Forum Merek China 2021 Diadakan di Beijing

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

culture

SEJARAH: 1997 Kota Kuno Pingyao Masuk Dalam Daftar Warisan B...

  • Lupita
  • 03 Dec 2021

news

Jembatan KA Cepat Lintas Laut Pertama China Selesai Dibangun

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

news

China Bentuk Pendidikan Bermutu dan Seimbang di Semua Kabupa...

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

news

Olimpiade-Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Siap

  • Djono W. Oesman
  • 03 Dec 2021

news

Rumah Sakit Rakyat Universitas Peking di Distrik Tongzhou Di...

  • Edwin Adriaansz
  • 03 Dec 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong