Baca dalam 5 menit

Harga Tiket JKT-China Mahal, Kedubes Beri Klarifikasi

Waktu Publish : 18 Nov 2021, 16:36 WIB
SHARE ARTIKEL

Citilink - Image from Kompas

Bolong.id - Baru-baru ini Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia menerima banyak keluhan mengenai lonjakan harga tiket pesawat dari Jakarta-Tiongkok dan biaya ganda tes PCR. Kedutaan Besar Tiongkok berkoordinasi dengan maskapai dan lembaga pengetesan tes COVID-19 terkait masalah ini.

Berbagai maskapai penerbangan dan lembaga pengujian terus memberikan umpan balik, sepenuhnya mempertimbangkan kesulitan sebenarnya dari warga negara Tiongkok, dan mengurangi tiket pesawat dan biaya pengujian.

Rinciannya adalah sebagai berikut (sebenarnya, informasi yang diterbitkan oleh masing-masing maskapai dan lembaga pengujian akan berlaku, dan kedutaan tidak bertanggung jawab atas setiap tanggung jawab dan kewajiban yang diakibatkannya):

Kedutaan Besar China di Indonesia mengoordinasikan maskapai penerbangan dan lembaga inspeksi untuk mengurangi biaya tiket pesawat ke China dan inspeksi pra-keberangkatan - Image from Akun Resmi Kedubes China di Indonesia

Untuk memastikan kesehatan penumpang yang pergi ke Tiongkok, empat lembaga pengujian yang ditunjuk menggunakan reagen sensitivitas tinggi, yang harganya lebih mahal daripada reagen umum lainnya.

Sejalan dengan niat baik untuk secara efektif menjaga efisiensi deteksi dan mengurangi beban biaya, berbagai lembaga pengujian telah mengurangi biaya pengujian COVID-19, dan masing-masing lembaga telah turun lebih dari 40%. Atas dasar ini, biaya inspeksi maskapai akan memiliki ruang untuk penyesuaian.

Maskapai menyesuaikan biaya yang relevan

1. China Southern Airlines

Mengenai harga tiket pesawat China Southern Airlines menjual tiket pesawat melalui penjualan langsung, menutup saluran pihak ketiga lainnya, dan berkomitmen untuk memenuhi tanggung jawab sosial maskapai penerbangan.

Harga kelas ekonomi termasuk pajak dan retribusi pada rute Jakarta-Shenzhen dipertahankan pada RMB 9.600-12.000 melalui jalur penjualan langsung. Meskipun kursi kelas ekonomi telah terjual habis dalam enam bulan ke depan, mereka bersedia memberikan harga murah tiket pesawat untuk tinggal lama dan personel kesulitan khusus melalui mode siaga.

Mengenai biaya pengujian, direncanakan untuk mengurangi biaya pengujian ganda pra-keberangkatan (uji silang 3 asam nukleat dan 2 serum) menjadi Rp 3.050.000.

2. Xiamen Airlines


Mengenai harga tiket pesawat, hanya penjualan langsung melalui situs resmi, aplikasi, dan telepon, tanpa membuka saluran distribusi, akan menghentikan segala bentuk spekulasi dan scalping tiket.

Selama wabah, untuk penerbangan dengan masa penjualan lebih dari 2 bulan, harga jual kelas ekonomi rute Jakarta-Fuzhou akan diturunkan menjadi kurang dari RMB 20.000. Untuk pengembalian uang dan perubahan karena force majeure, biaya pengembalian uang dan perubahan akan dibebaskan.

Mengenai biaya pengujian, untuk sementara mulai Desember 2021, biaya pengujian ganda pra-keberangkatan (uji silang 3 asam nukleat dan 2 serum) akan dikurangi dari Rp 6.500.000 menjadi Rp 4.500.000, dan pengurangan lebih lanjut direncanakan.

3. Lion Air

Mengenai harga tiket, serangkaian tindakan untuk mencegah spekulasi tiket diambil, dan hanya paspor penumpang asli yang diizinkan untuk memesan tiket, dan pembatalan diperbolehkan setelah penerbitan tiket, dan tidak dapat diubah.

Mengenai biaya pengujian, baya untuk dua asam nukleat dan serum pengujian ganda disatukan sebesar Rp 5.800.000.

4. Citilink

Mengenai harga tiket, harga yang lebih rendah dari maskapai lain. Harga tiket untuk Desember 2021 sementara RMB 39.800.

Mengenai biaya pengujian: Sesuaikan biaya dua asam nukleat dan serum pengujian ganda menjadi Rp 5.600.000.

Di bawah situasi epidemi, Kedutaan Besar China di Indonesia menghargai langkah-langkah yang diambil oleh maskapai penerbangan dan lembaga pengujian terkait untuk menanggapi kekhawatiran penumpang dan mengurangi biaya.

Pada saat yang sama, warga negara Tiongkok dipersilakan untuk melaporkan tiket pesawat dan masalah pengujian, dan mengingatkan semua orang untuk waspada terhadap perantara individu yang tidak bermoral yang berpura-pura menggunakan paspor orang lain untuk memesan tiket untuk mendapatkan perbedaan, dan tidak mempercayai barang bekas. transaksi untuk menghindari penipuan atau mendapat masalah. (*)



Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

news

Norma Baru Perjalanan Udara China

  • Isna Fauziah
  • 21 Sep 2020
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong