Baca dalam 3 menit

Tim WHO Kunjungi Pasar Huanan untuk Deteksi Asal Virus Corona

Waktu Publish : 01 Feb 2021, 14:47 WIB
SHARE ARTIKEL

WHO Adakan Kunjungan Ke Pasar Makanan Wuhan - Image from shine.cn

Wuhan, Bolong.id – Pada Minggu (31/1), Tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul pandemi virus korona dengan mengunjungi pasar makanan di Wuhan yang dikaitkan dengan munculnya banyak infeksi awal.

Pasar Makanan Laut Huanan adalah tempat wabah virus pada Desember 2019. Ilmuwan awalnya menduga virus tersebut berasal dari hewan liar yang dijual di pasaran. Pasar sejak saat itu sebagian besar ditutup tetapi itu bisa memberikan petunjuk tentang bagaimana virus menyebar begitu luas. Dilansir dari Shine china.com pada Senin (01/02/2021).

“Kunjungan yang sangat penting hari ini - pasar grosir pertama & Pasar Makanan Laut Huanan sekarang,” kata Peter Daszak, ahli zoologi dari grup AS EcoHealth Alliance dan anggota tim WHO, dalam sebuah tweet. “Sangat informatif & penting bagi tim gabungan kami untuk memahami asal-usul dari epidemiologi COVID yang mulai menyebar pada akhir 2019.”

Sebelumnya pada hari itu, anggota tim berjalan melewati bagian pasar Baishazhou, salah satu pasar basah terbesar di Wuhan. Pasar adalah pusat distribusi makanan untuk Wuhan selama 76 hari penguncian kota tahun lalu.

Para anggota, dengan keahlian di bidang kedokteran hewan, virologi, keamanan pangan dan epidemiologi, sejauh ini telah mengunjungi dua rumah sakit yang merawat pasien pada hari-hari awal wabah - Rumah Sakit Jinyintan Wuhan dan Rumah Sakit Pengobatan Terpadu Hubei.

Mereka bertemu dengan anggota medis dan beberapa pasien COVID-19 pertama, kata Mi Feng, juru bicara Komisi Kesehatan Nasional.

Menentukan reservoir hewan wabah adalah upaya yang membutuhkan penelitian bertahun-tahun termasuk mengambil sampel hewan, analisis genetik, dan studi epidemiologi.

Sebelum ditutup pada awal Januari 2021, pasar ini diketahui ramai dihuni oleh ratusan kios yag dibagi ke beberapa bagian. Mulai dari bagian daging, makanan laut, dan sayur-sayuran.

Beberapa tokoh diplomat China dan media pemerintah setempat menyebutkan, mereka menyakini sebetulnya pasar ini bukanlah lokasi asal virus.

Sementara, para ahli mengatakan pasar Huanan tetap memainkan peran penting dalam perihal pelacakan asal-usul virus corona tersebut, mengingat kasus pertama teridentifikasi di tempat ini.

Selain pasar, tim WHO juga akan mengunjungi rumah-rumah sakit dan laboratorium di Wuhan. Sejauh ini, jadwal resmi agenda perjalanan tim WHO selama di Wuhan sendiri belum diumumkan. Tapi WHO mengatakan, timnya berencana mendatangi Pasar Huanan dan Institut Virologi Wuhan. (*)

[Megawati Putri/Penerjemah]

[Lupita/Penulis]

BACA JUGA

Terkait

culture

Orang Tionghoa Indonesia Juga Rayakan Festival Perahu Naga L...

  • Visco Joostensz
  • 17 Jun 2021

news

Rekor, 28 Pesawat Tempur Tiongkok Masuki Wilayah Udara Taiwa...

  • Visco Joostensz
  • 17 Jun 2021

news

Xi Promosikan Peran SCO Dalam Mengejar Masa Depan yang Lebih...

  • Lupita
  • 17 Jun 2021

news

Konferensi Video Pertemuan Informal Menteri Pertahanan China...

  • Lupita
  • 16 Jun 2021

news

China Umumkan RUU Keamanan Medis

  • Djono W. Oesman
  • 16 Jun 2021

news

China Gunakan Teknologi 5G Bidang Energi

  • Djono W. Oesman
  • 16 Jun 2021
Banner Kanan
Logo follow bolong