Wow... Roket Long March-8 Y2 China Luncurkan 22 Satelit Serentak

03 March 2022, 12:25 WIB

Wow... Roket Long March-8 Y2 China Luncurkan 22 Satelit Serentak-Image-1

Long March-8 Y2 - Image from en.people.cn

Beijing, Bolong.id – Pada pukul 11:06 pada 27 Februari Waktu Beijing, roket Long March-8 Y2 Tiongkok lepas landas dari Situs Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di provinsi Hainan Tiongkok. Total 22 satelit di dalamnya. Ini sukses luar biasa.

Dilansir dari Ynet.cn beberapa waktu lalu, dibandingkan dengan praktik tradisional meluncurkan satu satelit dengan satu roket, menggunakan satu roket untuk secara bersamaan atau berturut-turut mengirim beberapa satelit ke orbit yang telah ditentukan dapat memanfaatkan daya dukung roket dengan lebih baik, meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya peluncuran satelit, menurut kepada seorang ahli.

Meluncurkan banyak satelit dengan satu roket melibatkan tantangan teknologi yang serius, yang hanya dapat ditaklukkan oleh segelintir negara.

Pada tahun 2015, roket pembawa Long March-6 Tiongkok berhasil mengirim 20 satelit ke luar angkasa dalam penerbangan perdananya, tertinggi hingga peluncuran Long March-8 Y2 yang sukses baru-baru ini.

Long March-8 adalah roket pembawa pengangkut medium yang dikembangkan sendiri oleh Tiongkok. Peluncuran roket pembawa Long March-8 Y2 menandai debut versi modifikasi dari roket pembawa Long March-8, yang tidak memiliki booster samping.

Roket pembawa Long March-8 Y2 memiliki panjang sekitar 48 meter, dengan tahap pertama berdiameter 3,35 meter dan tahap kedua berdiameter 3 meter. Ini menggunakan propelan tidak beracun dan bebas polusi dan memiliki kapasitas 3 ton untuk orbit sinkron matahari. Roket ini memiliki berat lepas landas sekitar 198 ton dan daya dorong lepas landas sekitar 240 ton.

Perbedaan terbesar antara Long March-8 Y1 dan Long March-8 Y2 adalah bahwa model baru telah membatalkan dua booster samping dan telah mengubah desain dua setengah tahap menjadi desain roket dua tahap yang menampilkan pementasan serial, kata Chen Xiaofei, salah satu perancang roket Long March-8 dengan Tiongkok Academy of Launch Vehicle Technology (CALT) di bawah Tiongkok Aerospace Science and Technology Corporation.

Ke-22 satelit komersial yang diluncurkan di atas roket pembawa Long March-8 Y2 akan digunakan terutama untuk pengamatan Bumi, komunikasi Internet of Things (IoT), dan eksperimen ilmiah, dan akan dapat menyediakan layanan termasuk survei sumber daya, radar bukaan sintetis ( SAR), dukungan data, akuisisi data dari terminal IoT terdesentralisasi, eksperimen ilmiah di orbit dan verifikasi teknologi, dan pengumpulan informasi tentang kapal.

Wow... Roket Long March-8 Y2 China Luncurkan 22 Satelit Serentak-Image-2

Suasana saat peluncuran - Image from en.people.cn

Untuk memastikan bahwa 22 satelit komersial berhasil dikirim ke orbit yang telah ditentukan sebelumnya, para peneliti perlu terlebih dahulu mencari tahu "pengaturan tempat duduk" untuk mereka di fairing, kata seorang ahli.

Berdasarkan analisis yang cermat terhadap struktur dan kebutuhan satelit ini, para peneliti akhirnya membuat inovasi dispenser satelit multipel tiga lapis yang dapat memastikan “kursi” yang nyaman di ruang terbatas fairing untuk setiap satelit.

Karena satelit-satelit ini harus meninggalkan roket pembawa ketika mereka memasuki ruang angkasa, para ilmuwan harus mempertimbangkan penyimpangan dalam gerakan yang disebabkan oleh berbagai cara di mana satelit terpisah dari roket dan sumber energi yang mereka gunakan selama proses tersebut.

Tim penelitian dan pengembangan Long March-8 Y2 melakukan beberapa putaran perhitungan berbasis simulasi untuk penyimpangan pergerakan roket dan satelit dan merancang 12 manuver pemisahan untuk memastikan semua 22 satelit dapat "turun" meluncurkan kendaraan dengan aman.

Ke-22 satelit di atas roket dirancang dan diproduksi oleh tujuh entitas. “Sederhananya, ini adalah misi “berbagi tumpangan”, yang menyediakan layanan peluncuran yang ekonomis dan praktis bagi pengguna dan secara signifikan menurunkan ambang peluncuran,” kata Xiao Yun, kepala komandan roket pembawa Long March-8 dengan CALT. (*)