Baca dalam 4 menit

Kota Wenchang Memasuki Era Kedirgantaraan Komersial Modern China

Waktu Publish : 23 Sep 2021, 15:11 WIB
SHARE ARTIKEL

Desain untuk Wenchang International Aerospace City - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Wenchang, Bolong.id - Kota Wenchang di provinsi pulau Hainan di Tiongkok selatan, yang dikenal dengan pusat peluncuran pesawat ruang angkasanya, sedang berusaha untuk mengubah dirinya menjadi mesin baru kedirgantaraan komersial Tiongkok.

Dilansir dari People’s Daily pada Selasa (21/09/2021), kota kecil ini memiliki satu-satunya pusat peluncuran pantai di Tiongkok, yaitu Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang, yang juga merupakan pusat peluncuran keempat negara tersebut, mengikuti tiga lainnya di Jiuquan, Xichang dan Taiyuan.

Sejak peluncuran roket perdananya pada tahun 2016, pusat peluncuran Wenchang telah menangani sejumlah misi peluncuran, termasuk peluncuran roket Long March-7 dan Long March-5. Tempat ini juga menyaksikan peluncuran misi Mars pertama Tiongkok "Tianwen-1" dan penyelidikan Chang'e-5.

Berdasarkan situs peluncuran, Wenchang International Aerospace City secara resmi diresmikan pada Juni 2020 dan terdaftar sebagai salah satu dari 11 kawasan industri utama di bawah pelabuhan perdagangan bebas Hainan.

Sejauh ini, lebih dari 30 organisasi dan lembaga utama telah menetap di taman itu, termasuk Akademi Teknologi Peluncuran Kendaraan Tiongkok dan Institut Penelitian Informasi Dirgantara dari Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok, kata Han Yong, Direktur Administrasi Taman Industri.

Selama sekitar satu tahun terakhir, kawasan industri telah melihat kemajuan yang dipercepat, dengan peningkatan infrastruktur dan pengembangan industri kedirgantaraan komersial.

Mempertimbangkannya sebagai mesin baru pengembangan kedirgantaraan komersial, Han juga mencatat bahwa lebih dari 350 perusahaan yang melibatkan superkomputer kedirgantaraan dan aplikasi satelit telah memasuki kawasan industri.

Percepatan pengembangan kedirgantaraan komersial adalah salah satu tren utama pengembangan kedirgantaraan dunia, kata Wu Weiren, kepala perancang program eksplorasi bulan Tiongkok, di Wenchang International Aviation and Aerospace Forum, acara tiga hari yang dimulai hari Minggu di Hainan ibu kota Haikou.

Wu mengatakan bahwa kekuatan luar angkasa di seluruh dunia mempercepat komersialisasi kedirgantaraan, mendukung pengembangan industri kedirgantaraan komersial, dan mendorong perusahaan kedirgantaraan komersial untuk terlibat secara mendalam dalam program luar angkasa nasional.

Pada bulan April, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional dan Kementerian Perdagangan bersama-sama mengumumkan langkah-langkah untuk mendukung pembangunan pelabuhan perdagangan bebas Hainan dan memperluas akses pasar ke beberapa industri, termasuk kedirgantaraan komersial.

Hainan akan didukung dalam membangun kota kedirgantaraan internasional yang terbuka dan mengembangkan rantai industri kedirgantaraan komersial seperti satelit penginderaan jauh, Sistem Satelit Navigasi BeiDou dan komunikasi satelit.

Wenchang International Aerospace City menarik semakin banyak perusahaan kedirgantaraan komersial, kata Zhang Dong, Presiden China Rocket Co., Ltd., perusahaan kedirgantaraan komersial dari Akademi Teknologi Kendaraan Peluncuran Tiongkok.

Perusahaan akan berpartisipasi dalam pengembangan kawasan industri dengan operasi komersial dan berorientasi pasar, tambah Zhang.

Administrasi Antariksa Nasional Tiongkok akan memandu lebih banyak perusahaan kedirgantaraan komersial untuk berinvestasi di Hainan, terus mendukung industri kedirgantaraan dan ekonomi luar angkasa, dan bekerja sama dengan provinsi untuk membangun Wenchang menjadi dataran tinggi bagi industri kedirgantaraan, kata Wu Yanhua, Wakil Direktur Administrasi di forum.

Di masa depan, Wenchang International Aerospace City akan membangun pangkalan peluncuran komersial dan sistem situs peluncuran berorientasi pasar kelas dunia, menurut Han.(*)


Informasi Seputar Tiongkok


Terkait

news

Peristiwa Kebakaran di Wenchang Adalah Kriminal Besar

  • Visco Joostensz
  • 16 Jul 2021

technology

China Bersiap Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Kargo Tianzhou...

  • Lupita
  • 16 May 2021
Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong