Peringatan Hari Guru Sedunia 5 Oktober

logo clock 4 Menit logo clock 05-10-2020, 08:38

Ilustrasi guru dan murid - Image from Cronyos

Jakarta, Bolong.id - Hari Guru Sedunia dirayakan secara global setiap tahun pada tanggal 5 Oktober untuk mendukung para tenaga pendidikan termasuk guru, peneliti, dan profesor di seluruh dunia. Hari Guru Sedunia dirayakan oleh UNESCO bekerja sama dengan UNICEF, International Labour Organisation (ILO), dan International Education (IE). Tema Hari Guru Sedunia tahun 2020 adalah “Guru: Memimpin dalam Krisis, Menata Ulang Masa Depan”. Demikian dilansir dari NDTV, Minggu (4/10/2020). 

Perayaan Hari Guru Sedunia tahun ini akan dilaksanakan selama tujuh hari, dari 5 Oktober sampai 12 Oktober 2020. Hari pertama program ini akan dimulai dengan upacara pembukaan dan diikuti oleh Upacara Penghargaan ke-6 Edisi Penghargaan Hamdan UNESCO untuk Efektivitas Guru. Perayaan akan berakhir tanggal 12 Oktober dengan sesi Hari Guru Sedunia bersama dan pekan mobile learning. Acara ini bertujuan untuk fokus pada penggunaan teknologi yang inovatif untuk pengembangan profesional dan keterampilan mentoring para guru selama COVID-19. 

Tema Hari Guru Sedunia 2020

Tema Hari Guru Sedunia 2020 adalah “Guru: Memimpin dalam Krisis, Menata Ulang Masa Depan” bertujuan untuk menunjukkan peran yang telah dimainkan para guru selama pandemi COVID-19. Sebuah pernyataan UNESCO mengatakan: “Masalah kepemimpinan guru dalam kaitannya dengan respons krisis tidak hanya tepat waktu, tetapi juga penting dalam hal kontribusi guru untuk menyediakan pembelajaran jarak jauh, mendukung populasi yang rentan, membuka kembali sekolah, dan memastikan bahwa kesenjangan pembelajaran telah teratasi. Diskusi seputar Hari Guru Sedunia juga akan membahas peran guru dalam membangun ketahanan dan membentuk masa depan pendidikan dan profesi guru. ”

Sejarah Hari Guru Sedunia

Pada tanggal 5 Oktober 1966, muncul sebuah rekomendasi tentang status guru dan untuk menandai acara tersebut, UNESCO telah merayakan Hari Guru Sedunia sejak tahun 1994. Rekomendasi tersebut telah menetapkan standar termasuk hak dan tanggung jawab guru, persiapan awal dan pendidikan lanjutan, perekrutan, pekerjaan, dan kondisi belajar-mengajar.

Arti Penting Hari Guru Sedunia 2020

Menurut UNESCO, “Dengan diadopsinya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4 di bidang pendidikan, dan target khusus (SDG 4.c) yang mengakui guru sebagai kunci pencapaian agenda Pendidikan 2030, Hari Guru Sedunia telah menjadi kesempatan untuk menandai kemajuan dan merefleksikan cara untuk melawan tantangan yang tersisa untuk promosi profesi guru.”

UNESCO juga menambahkan, "Hari Guru Sedunia menyediakan acara tahunan untuk mencatat pencapaian dan meningkatkan kesadaran seputar tantangan yang dihadapi guru dan peran guru dalam pencapaian target pendidikan global."

Berbeda dengan Hari Guru Sedunia, beberapa negara juga merayakan Hari Guru Nasional. Indonesia sendiri merayakan Hari Guru Nasional setiap 25 November. Tiongkok merayakan Hari Guru Nasional setiap 10 September. 

Tanggal 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional Indonesia karena bertepatan dengan lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1994. (*)



Penulis : Maureen
Editor : Edwin Adriaansz

Terkait

China Serukan Kemajuan Keterbukaan Pendidikan

 

logo clock 25-10-2020, 13:49
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

AS Terus Salahkan China Atas Virus, China Siap Balas Jika Dirugikan

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Diserang Perwakilan AS untuk PBB, China Respon Begini...

 

logo clock 25-10-2020, 06:48
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kemenlu China: Pekerja Xinjiang Bukan Kerja Paksa

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Inggris Ungkap Rincian Visa BNO yang Kontroversial untuk Penduduk HK

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral