Baca dalam 3 menit

Ini Kunci Kesuksesan Kebun Buah Modern di China Memperkaya Petani

Waktu Publish : 01 Feb 2021, 17:20 WIB
SHARE ARTIKEL

Collaboration with Esy Gracia

Memetik Stroberi di Bosch Orchard - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Chongqing, Bolong.id - Bosch Orchard adalah sebuah kebun buah modern yang membudidayakan stroberi dan anggur berkualitas. Berada di jalan Shaoqing, Kabupaten Pengshui, Kota Chongqing, tempat budidaya yang dibangun pada tahun 2013 ini mengandalkan keunggulan daya tarik wisata Sungai Ayi dan komunitasnya yang berada dekat situ. Dengan luas lebih dari 120 hektar, Bosch Orchard memiliki sekitar 105 hektar kebun anggur dan 15 hektar kebun stroberi.

Menurut penanggung jawab kebun, Bosch Orchard telah mengadopsi model "koperasi profesional + petani" sejak 2013. Hasilnya adalah kebun modern yang mengintegrasikan penanaman dan pemetikan stroberi dan anggur, penanaman bibit, dan pariwisata.

Masyarakat juga bekerja sama untuk mendukung kemajuan Borch Orchard. Tercatat hingga 58 rumah tangga memberikan tanahnya, menyediakan dan endorong petani untuk membeli sebagian tanah tersebut untuk menanam stroberi dan anggur, dan koperasi menyediakan bibit dan teknologi secara gratis. Timbal baliknya, kebun buah modern tersebut memberikan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan petani secara signifikan.

"Kami bekerja memetik di kebun dan mendapatkan 70 yuan sehari. Ketika kami tua, tidak mudah mencari pekerjaan di tempat lain. Bekerja di sini juga bisa mengurus keluarga," kata Peng Yunxiang, warga desa berusia 68 tahun.

"Sejak kebun buah-buahan itu beroperasi, pendapatan tahunan sekitar 1,6 juta yuan, dan hasil tahunan jasa tenaga kerja sekitar 400.000 yuan. Dengan biaya-biaya lain, omset tahunan sekitar 1,8 juta yuan," sambung Wang Minggang, warga desa lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, sesuai dengan konsep pembangunan "satu desa, satu produk", Komunitas Sungai Ayi aktif membimbing masyarakat untuk menyesuaikan struktur industri sesuai dengan kondisi lokal. Penyesuaian ini dipadukan dengan keunggulan sumber daya alam lokal, pengadopsian model "perusahaan + koperasi + petani", dan mempromosikan pengembangan pertanian skala industri. Hal ini pun termasuk pengembangan rekreasi agrikultur dan mendorong petani untuk melakukan penanaman yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus industri seperti lada dan plum hijau segar.

Di komunitas sendiri, bentuk bisnis yang diadopsi berupa "pertanian + pariwisata" dan "pertanian + rekreasi". Untuk memajukan model bisnis tersebut, komunitas pun didorong untuk mengembangkan industri dengan mempromosikan varietas baru, menggunakan teknologi terkini, mempertahankan daerah hijau, memperhatikan aspek ekologi, dan menggunakan metode penanaman yang bebas polusi.

Mengikuti keberhasilan Bosch Orchid, masyarakat sekitar Sungai Ayi pun sudah berhasil mengembangkan 2 basis produksi lada berikut 3 pusat pengolahannya, kawasan industri anggur dan ratusan hektar kebun anggur dan stroberi, serta 4 koperasi profesional yang menyejahterakan rakyat.

Matsnaa Chumairo/Penerjemah

Esy Gracia/Penulis

Load more
Banner Kanan
Logo follow bolong
18
9
11
0
1
2