Peneliti China Ciptakan Venom di Dunia Nyata

07 April 2022, 07:50 WIB

Peneliti China Ciptakan Venom di Dunia Nyata-Image-1

Ilustrasi venom dalam film marvel - Image from Internet. Segala keluhan mengenai hak cipta dapat menghubungi kami

Bolong.id - Pernahkah Anda bermain slime? Jenis mainan yang terbuat dari lem dan boraks ini adalah zat seperti lendir yang teksturnya antara padat dan cair, yang memiliki fluiditas tertentu, tetapi tidak menempel pada tangan atau benda lain.

Pernahkah anda membayangkan venom, lendir gelap seperti lendir memasuki tubuh Anda dan bergerak bolak-balik di tubuh Anda?

Dilansir dari 爱范儿 pada Selasa (5/4/2022), tim peneliti di Chinese University of Hong Kong berhasil membuat robot lendir yang digerakkan secara magnetis berdasarkan cairan non-Newtonian yang terbuat dari campuran magnet neodymium kuat, boraks, dan alkohol polivinil.

Peneliti China Ciptakan Venom di Dunia Nyata-Image-2

Robot slime - Image from 爱范儿

Robot lendir yang digerakkan secara magnetis ini dikemas dengan senyawa silikon, sehingga tidak beracun bagi manusia. Ia dapat mengakses ruang terbatas secara non-invasif dan dapat digunakan sebagai solusi untuk operasi invasif minimal, mikromanipulasi dan pengiriman obat sesuai yang ditargetkan.

Berkat karakteristik cairan, robot memiliki deformabilitas yang sangat baik, dapat melewati lorong sempit sekecil 1,5 mm, dan dapat digerakkan oleh gaya magnet, sehingga dapat bergerak di berbagai lingkungan yang kompleks.

Dalam percobaan para peneliti, robot lendir yang digerakkan secara magnetis dapat melakukan berbagai fungsi, termasuk menggenggam benda padat, menelan dan mengangkut benda berbahaya, dan memantau gerakan manusia.

Peneliti China Ciptakan Venom di Dunia Nyata-Image-3

Ilustrasi robot slime - Image from NewScientist

Jika seseorang secara tidak sengaja menelan benda yang seharusnya tidak boleh ditelan. Robot ini bisa membantu, dia dapat didorong secara magnetis untuk menyelinap ke bagian dalam tubuh, mencapai posisi yang ditentukan, dan menjangkau barang yang tidak sengaja tertelan.


Informasi Seputar Tiongkok