Deretan Teknologi Canggih Hiasi Olimpiade Beijing

18 December 2021, 17:49 WIB

Deretan Teknologi Canggih Hiasi Olimpiade Beijing-Image-1

Minibus Ritel Tanpa Pengemudi - Image from Song Jinyu/For China Daily

Bolong.id - Hanya dalam beberapa bulan, acara olahraga internasional utama dunia kembali ke Beijing untuk Olimpiade Musim Dingin 2022. Para atlet akan segera menuju ke ibukota Tiongkok untuk bersaing memperebutkan emas. Menampilkan puncak kinerja atletik di cabang olahraga masing-masing.

Ketika Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada tahun 2008, salah satu dari tiga visi yang dinyatakan untuk acara tersebut adalah untuk menciptakan Olimpiade berteknologi tinggi. Dengan lebih dari 400 juta USD (sekitar 5 triliun lebih) dari anggaran 2 miliar USD yang didedikasikan untuk proyek sains dan teknologi. Empat belas tahun kemudian, standar teknologi tinggi telah dinaikkan. 

Dilansir dari RADII pada Jumat (17/12/2021), di bawah ini adalah beberapa inovasi teknologi di Beijing 2022, mulai dari ritel, obat-obatan hingga infrastruktur.

1. Minibus Kios Ritel Tanpa Pengemudi

Minibus ritel tanpa pengemudi menggunakan teknologi 5G dari China Unicom, penyedia telekomunikasi resmi untuk Olimpiade Musim Dingin 2022. Mengandalkan Sistem Satelit Navigasi BeiDou. Pelanggan dapat membeli beberapa barang dari minibus, termasuk air dan suvenir.

2. Mata Uang Digital

Sama seperti koin XRP Ripple yang berbasis di AS — dikenal sebagai stablecoin karena harganya tetap konsisten dengan nilai dolar AS — renminbi digital, atau e-RMB, mencerminkan nilai mata uang Tiongkok. 

Pengunjung dapat menggunakan koin digital untuk membeli apa saja, dengan beberapa gadget yang dilengkapi dompet kripto, termasuk jam tangan pintar, kartu, gelang, sertifikat elektronik, dan lencana.

Dengan mempertimbangkan musim dingin Beijing, bahkan ada satu set sarung tangan yang dilengkapi dengan modul dompet renminbi digital. Pengguna cukup melambaikan tangan mereka di dekat area pembayaran untuk menyelesaikan transaksi, seperti mesin penjual otomatis atau pintu putar metro. Sarung tangan ini menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC), yang memungkinkan dompet digital berfungsi bahkan tanpa koneksi internet.

3. Siaran VR

China Unicom sedang mengembangkan teknologi yang akan membantu acara olahraga disiarkan langsung. Dengan fitur realitas virtual dan augmented reality yang diaktifkan. Selain itu, perusahaan berencana untuk menyediakan konten ultra-definisi tinggi kepada pemirsa di luar negeri, dengan kualitas mulai dari 4k hingga 8k.

4. Terobosan Teknologi Hijau

Olimpiade Beijing bertujuan untuk netralitas karbon melalui langkah-langkah untuk mengimbangi setiap emisi karbon dan mengurangi karbon di atmosfer. Tempat-tempat di Olimpiade Musim Dingin 2022 akan ditenagai oleh energi angin dan matahari.

5. Pemurnian Udara

Semua tempat Olimpiade akan menggunakan pembersih udara bergerak yang besar untuk menghilangkan bakteri dari udara sebagai tindakan keamanan tambahan.

Global Times melaporkan bahwa unit tersebut adalah produk dari Shenzhen Kangfeng Air Purification Technology Co. Produk tersebut menyediakan teknologi untuk Canton Fair ke- 130 di kota Guangzhou pada bulan Oktober tahun ini.

6. Banyaknya Pemakaian Robot

Menurut Global Times, ada robot barista yang akan menggiling, menyeduh, dan menyajikan secangkir kopi hanya dalam empat menit.

Robot lain berspesialisasi dalam logistik. Dengan kemampuan untuk melakukan pengiriman tanpa kontak. Sambil membawa hingga 300 kilogram barang, dan bahkan dapat mengisi ulang sendiri.

Pusat medis akan memiliki robot bedah dalam keadaan darurat, masing-masing dapat beroperasi dengan cara yang lebih tepat. Para tamu juga dapat melihat armada robot yang bertugas mengurangi risiko penularan Covid-19, termasuk robot yang mengeluarkan pembersih tangan.(*)


Informasi Seputar Tiongkok