656 Relawan Terima Suntikan Kedua Vaksin COVID-19 Sinovac

logo clock 3 Menit logo clock 07-10-2020, 15:43

Relawan terima suntikan kedua - Image from Shangbao Indonesia

Jakarta, Bolong.id - Uji klinis fase III Vaksin COVID-19 asal Tiongkok Sinovac telah dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Sebanyak 656 relawan yang telah mendapat vaksinasi kedua belum menunjukkan reaksi serius atau efek samping. 

Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir mengatakan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI bahwa penyuntikkan kedua vaksin yang diterima oleh relawan berjalan dengan baik dan tidak ada reaksi serius setelah penyuntikkan. Prinsipnya, setelah relawan mendapat vaksinasi kedua, mereka bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap wabah tersebut. Demikian dilansir dari Shangbao Indonesia, Senin (5/10/2020). 

Selain itu, ada 244 relawan yang sudah menjalani dua kali suntik vaksin Sinovac dan diambil plasma darahnya, untuk melihat apakah ada pembentukan antibodi. Hasil tersebut baru bisa dilaporkan oleh PT Bio Farma dalam waktu 6 bulan. 

Uji klinis vaksin sudah dimulai sejak bulan Agustus lalu. PT Bio Farma berharap vaksin tersebut bisa diproduksi Januari tahun depan dan segera disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk langsung digunakan. 

“Sebenarnya, uji klinis memakan waktu 6 bulan, mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar dan vaksinnya bisa langsung digunakan di tahun depan,” kata Honesti Basyir. 

Honesti Basyir juga menyatakan terkait apakah vaksin tersebut memenuhi standar halal atau tidak, PT Bio Farma sudah membahas hal tersebut dengan Wakil Presiden Ma’aruf Amin dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Saat ini, Wapres Ma’aruf menyatakan bahwa jika vaksin tersebut belum memenuhi standar halal, masyarakat tetap bisa mendapatkan vaksinasi. 

Sebelumnya, Wiku Adisasmito, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 yang baru, belum menyebutkan kapan masyarakat akan mulai menerima vaksinasi. Presiden Jokowi meminta Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) untuk segera mematangkan rencana vaksinasi COVID-19 baik segi produksi dan pelaksanaannya dalam waktu dua minggu. (*)

Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

Tan Siok Tjien, Istri Pendiri Gudang Garam, Wafat Usia 91 Tahun

 

logo clock 28-10-2020, 17:42
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Vaksin Covid-19 Sinovac Sudah Lulus Uji Klinis Fase 3

 

logo clock 28-10-2020, 17:36
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Usai ke China, Luhut Cerita: Kita Jadi Kayak Alien, Pakai Masker

 

logo clock 27-10-2020, 06:26
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kemunculan Kapal China Bikin RI Siaga

 

logo clock 26-10-2020, 13:27
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Kompetisi Video Halo, @China! Menuju Tahap Pengumuman Pemenang

 

logo clock 26-10-2020, 08:46
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral