China Harap Kirgizstan Segera Pulihkan Stabilitas Negara

logo clock 2 Menit logo clock 08-10-2020, 12:22

Demonstrasi di Kirgiztan - Image from CNN Indonesia

Beijing, Bolong.id - Tiongkok prihatin dengan situasi Kirgiztan kini, dan berharap semua pihak yang terlibat dapat menyelesaikan masalah melalui dialog dan konsultasi, Hua Chunying 华春英, juru bicara Kemeterian Luar Negeri Tiongkok, mengatakan pada hari Rabu (7/10/20) waktu setempat. 

Hua mengatakan bahwa pihak Tiongkok selalu menghormati jalur pembangunan yang dipilih oleh rakyat Kirgiztan sesuai dengan situasi domestik mereka. Demikian dilansir dari Global Times, Rabu (7/10/2020). 

Hua juga menambahkan bahwa Tiongkok dengan tegas mendukung kebijakan dan langkah-langkah pihak Kirgiztan untuk menjaga kemerdekaan, kedaulatan, dan keamanan negara sambil melawan campur tangan asing dalam urusan Kirgiztan. 

Sementara itu, kerusuhan terjadi di Kirgiztan pasca pemilu diadakan. Rakyat melakukan aksi protes untuk menentang hasil pemilihan parlemen Kirgiztan di ibu kota Bishekek dan meluas hingga ke luar ibu kota. Para demonstran merebut gedung-gedung pemerintah dan membebaskan politisi terkenal dari penjara, termasuk mantan presiden Almazbek Atambayev. Para demonstran dan opsisi membanjiri jalan-jalan di Bishek menuntut pengunduran diri presiden dan pemilihan ulang. Demostrasi tersebut kemudian berubah menjadi kekerasan setelah terjadi bentrok antara polisi dan massa. Selain itu, kerusuhan juga berdampak pada bank, toko, dan restoran yang tutup. Beberapa pemilik toko memindahkan barang-barang mereka karena taku akan penjarahan. 

Tiongkok berharap agar Kirgiztan dapat segera kembali damai dan stabil, serta mewujudkan pembangunan ekonomi dan sosialnya, kata juru bicara Tiongkok.




Penulis : Maureen
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

China: Serangan AS Pada China Tidak Bikin “America Great Again”

 

logo clock 28-10-2020, 13:15
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Hubungan China-Jepang Kembali Membaik, Siap Masuk Era Baru

 

logo clock 28-10-2020, 11:43
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Dukung Perdamaian Sudan Selatan, Tiongkok Sumbang 1.500 Ton Beras

 

logo clock 28-10-2020, 11:39
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Setelah 23 Tahun Buron, Pengebom Haicang Ditangkap

 

logo clock 28-10-2020, 11:37
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Pameran Buku Anak Internasional Siap Digelar di Shanghai

 

logo clock 28-10-2020, 10:48
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral