Hotpot, Kuliner Khas China yang Menyehatkan

logo clock 4 Menit logo clock 07-10-2020, 13:29

Ilustrasi Hotpot - Image from IDN Times

Jakarta, Bolong.id- Hot Pot atau shabu-shabu ala Tiongkok adalah salah satu sajian menu terpopuler di Tiongkok. Hot Pot umumnya menggunakan bahan makanan yang bergizi dan diperlukan tubuh seperti daging dan sayur-mayur. Masyarakat Tiongkok senang menjadikan momen makan hot pot sebagai ajang bersosialisasi karena biasanya dimakan beramai-ramai. 

Kepopuleran sajian ini membuat restoran hot pot dapat ditemukan di mana saja. Di Jakarta, terdapat beberapa restoran hot pot ternama. Jika Anda ingin mencoba sensasi makan hot pot, ada baiknya Anda membaca beberapa tips berikut, dilansir dari Detik Food, Rabu (7/10/2020). 

  1. Datang ke restoran spesialis hot pot Tiongkok

Untuk merasakan sensasi hot pot yang mirip seperti di Daratan Tiongkok, Anda harus datang ke restoran hot pot yang autentik. Biasanya citarasa autentik dihadirkan dari bumbu khas, sehingga tak jarang pihak restoran mendatangkan langsung bumbu dan rempah khas ini agar rasanya tetap autentik. 

Selain menikmati hidangan autentik, biasanya alat makan hingga dekorasi di restoran spesialis ini juga mirip dengan yang ada di negara aslinya. Jadi rajin-rajinlah mencari tahu soal restoran yang akan dituju. 

  1. Jangan sungkan bertanya

Sebelum mampir ke restoran hot pot Tiongkok, cobalah mencari informasi lewat internet untuk mengenali jenis kaldu, daging, sayuran, dan bahan pelengkap lainnya sebelum memesan. Jika masih ragu, tanyalah kepada pelayan yang akan dengan senang hati membantu Anda memilihkan makanan. 

  1. Pilih kaldu original

Salah satu hal yang membedakan hot pot dengan shabu-shabu Jepang adalah kaldu. Kaldu original pada hot pot biasanya terbuat dari rebusan tulang ayam atau sapi yang dimasak dengan rempah khas. 

Kaldu original memiliki karakter rasa yang kuat. Gurihnya kaldu berpadu dengan aneka rempah seperti kurma Tiongkok, akar lotus, biji lotus, kichi, lada Sichuan, goji bery, dan lainnya. 

Ada juga variasi lain seperti kaldu pedas. Penambahan cabai kering membuat rasa kaldu lebih kuat. Ada juga kaldu yang mirip obat herbal, sehingga memiliki efek menghangatkan tubuh. 

Selain rasanya yang lezat, ternyata hot pot juga memiliki efek menyehatkan tubuh. 

  1. Pesan makanan yang autentik

Cobalah untuk memesan menu favorit dan autentik dari restoran tersebut, Biasanya menu hot pot terdiri dari daging domba yang diiris tipis, aneka sayuran dan jamur, tofu dan mie Tiongkok. Untuk memudahkan, pilih daging dan sayuran yang sudah dipaketkan. 

Dalam seporsi paket sayuran biasanya sudah termasuk jamur, pokcoy, lobak, wortel, sawi, selada, dan lain sebagainya. Menu paket ini juga biasanya terbilang lebih hemat. 

  1. Jangan makan sendiri

Hot pot biasanya memang disajikan untuk dua orang atau lebih. Dengan makan ramai-ramai, Anda bisa memesan dan mencoba lebih banyak varian makanan. Sensasi makan hot pot akan semakin seru jika dilakukan bersama-sama. Di Tiongkok, tradisi makan hot pot memang selalu dilakukan saat jamuan keluarga ketika musim dingin. 

Penulis : Maureen
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Film Dokumenter Perang Korea Tayang di CCTV sampai Jumat

 

logo clock 22-10-2020, 15:10
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Keren... Blazer Merk China Ini Sedang Tren

 

logo clock 22-10-2020, 14:50
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Diterbitkan, Buku tentang Guru dan Mahasiswa Shanghai Terjebak Lockdown di Kampus

 

logo clock 22-10-2020, 14:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral, Video Siswa Menari Tiru Lukisan Dinding Gua Mogao

 

logo clock 22-10-2020, 13:48
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Bukti Ritual Pengorbanan Manusia Ditemukan di Bagian Barat Laut China

 

logo clock 22-10-2020, 10:08
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Viral