Hubungan China-India Penting Bagi Kawasan Regional

logo clock 2 Menit logo clock 02-10-2020, 09:55


Sun Weidong - Image from Chinese Embassy in India

New Delhi, Bolong.id- Hubungan Tiongkok-India jauh melampaui lingkup bilateral dan memiliki efek penting yang besar bagi regional dan golbal, kata Duta Besar China untuk India, Sun Weidong. Di pertemuan virtual untuk merayakan Hari Nasional ke-71 Republik Rakyat Tiongkok pada Selasa ((29/9/20).

 Dikatakan, hubungan Tiongkok-India yang baik, merupakan faktor penting dan positif dalam menjaga stabilitas dunia, dan sebagai dua peradaban besar, Tiongkok dan India juga dapat memberikan kontribusi besar untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia. Demikian dilansir dari Xinhuanet.com, Kamis (1/10/2020)

Pertumbuhan China dan India adalah tren global dan peluang penting bagi kedua negara, kata Sun, seraya menambahkan bahwa kedua belah pihak harus memahami dengan kuat arah umum dari hubungan tersebut, menganggap satu sama lain sebagai faktor positif dalam perubahan perimbangan kekuatan di dunia, dan secara dewasa mengelola perbedaan mereka.

"Tiongkok dan India memiliki konsensus dalam aspek-aspek ini, di mana kita dapat menggerakkan hubungan bilateral kita ke arah yang positif dan konstruktif," katanya.

Duta Besar mengatakan mempromosikan persahabatan China-India membutuhkan partisipasi lebih banyak orang yang memiliki wawasan.

“Hanya dengan memperdalam pertukaran kita bisa meningkatkan pemahaman; hanya dengan meningkatkan pemahaman kita bisa memperdalam saling pengertian dan membangun kepercayaan dan persahabatan yang tulus,” katanya.

Dia mencatat bahwa tahun ini pandemi dan faktor lainnya telah mempengaruhi pertukaran pekerja dan pelajar. Namun, sejarah persahabatan antara kedua bangsa yang telah berlangsung lebih dari dua ribu tahun ini tidak akan terhambat oleh pandemi atau kesulitan lainnya. 

Sun mengatakan bahwa ketika hubungan Tiongkok-India menghadapi tantangan, semakin penting bagi mereka yang peduli dengan hubungan tersebut untuk memainkan peran positif dalam memperkuat opini publik tentang hubungan bilateral.

Penulis : Maureen
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Diserang Perwakilan AS untuk PBB, China Respon Begini...

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

AS Terus Salahkan China Atas Virus, China Siap Balas Jika Dirugikan

 

logo clock 25-10-2020, 07:01
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Kemenlu China: Pekerja Xinjiang Bukan Kerja Paksa

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Inggris Ungkap Rincian Visa BNO yang Kontroversial untuk Penduduk HK

 

logo clock 24-10-2020, 17:32
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Hakim AS Tidak Setuju Hapus WeChat dari Toko Aplikasi

 

logo clock 24-10-2020, 13:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral