Pulihnya Ekonomi China Tingkatkan Kepercayaan Pasar Global

logo clock 2 Menit logo clock 01-10-2020, 07:48

Ekonomi China - Image from San Yang

Beijing, Bolong.id -- Pemulihan ekonomi Tiongkok yang berkelanjutan dan stabil, mendorong pertumbuhan ekonomi dunia dan menambah kepercayaan pasar global, ucap pembicara Departemen Luar Negeri Tiongkok, Wang Wenbin 王文斌 pada Rabu (30/9/20).

Wang Wenbin membuat komentar tersebut pada laporan Bank Dunia berjudul "Dari Penahanan hingga Pemulihan: Pemutakhiran Ekonomi untuk Asia Timur dan Pasifik, Oktober 2020," yang memprediksi ekonomi Tiongkok tumbuh 2 persen tahun ini, dari proyeksi pertumbuhan 1 persen yang diberikan pada bulan Juni. Demikian dilansir dari Xinhuanet.com, Rabu (30/9/2020).

Wang berkata laporan Bank Dunia telah menunjukkan bahwa komunitas internasional sangat mengenali prestasi luar biasa yang telah dilakukan Tiongkok dalam mempromosikan pencegahan dan pengendalian epidemi serta pengembangan ekonomi dan sosial.

Dalam delapan bulan pertama tahun ini, investasi langsung non-keuangan oleh perusahaan Tiongkok di negara-negara sepanjang Belt and Road melihat peningkatan sebesar 31,5 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya, mencapai 11,8 miliar dolar AS.

Investasi Tiongkok di ASEAN mencapai 6,23 miliar dolar AS dalam setengah tahun pertama, meningkat 53,1 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.Sementara itu, jumlah perdagangan antara kedua pihak mencapai 416,5 miliar dolar AS dari Januari sampai Agustus, naik 3,8 persen, kata Wang.

"Tiongkok dan ASEAN mencapai terobosan bersejarah dalam menjadi mitra perdagangan terbesar satu sama lain," kata Wang.

Impor dan ekspor barang yang diangkut oleh kereta barang Tiongkok-Eropa meningkat 30 persen dalam enam bulan pertama, memainkan peran dalam stabilisasi rantai pasokan internasional, kata Wang.

Diduga bahwa pemulihan yang dipercepat dari ekonomi Tiongkok akan menawarkan lebih banyak kesempatan untuk kerjasama ekonomi dan perdagangan antara Tiongkok dan negara lain, mendorong semangat untuk meningkatkan pemulihan ekonomi global dan membawa kepercayaan kepada orang-orang di seluruh dunia, kata Wang.

Penulis : Maureen
Editor : Djono W. Oesman

Terkait

Hakim AS Tidak Setuju Hapus WeChat dari Toko Aplikasi

 

logo clock 24-10-2020, 13:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Inggris Langgar Komitmen Terkait Paspor BNO, China Tak Akan Tinggal Diam

 

logo clock 24-10-2020, 12:17
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

China Perkuat Kerjasama dengan Bangladesh dan Maroko Pasca Pandemi

 

logo clock 24-10-2020, 11:41
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Donald Trump Bilang Vaksin COVID-19 Sudah Siap, Ini Faktanya

 

logo clock 24-10-2020, 07:07
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Mengharukan, Putri Pahlawan Perang Ini Akhirnya Temukan Makam Sang Ayah

 

logo clock 23-10-2020, 16:33
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral