Yuk Kenali Lebih Dalam Hari Binatang Sedunia 2020

logo clock 3 Menit logo clock 04-10-2020, 13:18

Perayaan Hari Binatang Sedunia - Image from Canva

Jakarta, Bolong.id- Setiap tahun tanggal 4 Oktober diperingati sebagai Hari Binatang Sedunia. Tahun ini orang-orang di seluruh dunia akan merayakan hari yang memperkuat alam dan jutaan mahkluk yang hidup di dalamnya. Makna dari Hari Binatang Sedunia adalah mengapresiasi manusia dan binatang yang hidup berdampingan di satu rumah, yaitu planet Bumi. 

Tujuan utama dari perayaan ini adalah untuk memahami pentingnya hidup berdampingan dengan semua jenis binatang. Hari ini juga diharapkan dapat memperkuat standar kesejahteraan binatang, baik itu pengobatan bagi mereka atau memahami keberadaan jenis-jenisnya belaka. Demikian dilansir dari Republic World, Minggu (4/10/2020). 

Makna lain dari hari ini termasuk menciptakan kesadaran dan meningkatkan keprihatinan seputar pentingnya keberadaan binatang atau spesies yang terancam punah. Hari Binatang Sedunia pertama kali diciptakan pada tahun 1931. Sebuah konvensi ahli ekologi di Florence, Italia merasa perlu membuat orang-orang memahami binatang dan kehidupan mereka. 

Sejarah Hari Binatang Sedunia

Heinrich Zimmermann adalah salah satu dari pelopor yang menyelenggarakan perayaan ini, hari yang didedikasikan untuk semua pecinta binatang. Perayaan yang pertama diselenggarakan pada Maret 1925. Ia juga bertanggung jawab menyelenggarakan Hari Binatang Sedunia di Berlin, Jerman. Acara tersebut dihadiri lebih dari 5000 orang yang menunjukkan dukungan mereka. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 4 Oktober setiap tahunnya, menjadi saksi atas partisipasi orang-orang yang menganut keyakinan untuk melindungi binatang. 

Tanggal 4 Oktober sebagai Hari Binatang Sedunia juga dipilih karena merupakan Hari Santo Fransiskus dari Asisi, yang merupakan Santo pelindung ekologi, termasuk hewan. Legenda mengatakan bahwa Santo Fransiskus dapat berbicara dengan binatang. Ia meninggal pada malam 4 Oktober. 

Arti Penting Hari Binatang Sedunia

Pada tahun 2003, Naturewatch Foundation bertanggung jawab untuk mengatur website amal dengan nama website Hari Binatang Sedunia. Website ini memberdayakan langkah-langkah kecil tapi efektif untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan umum tentang apa yang boleh dan tidak boleh bertentangan dengan alam. Tahun ini juga, website tersebut menyarankan bahwa ada acara dan konferensi tentang pentingnya 

Namun, Hari Binatang Sedunia 2020 akan menjadi peristiwa virtual. Ada banyak donasi dan kampanye bekerlanjutan yang bisa diikuti oleh masyarakat. Misalnya “Memberikan dukungan kepada organisasi kesejahteraan binatang, membuat album dan dokumenter, serta parade online untuk bela hak binatang.” (*)

Penulis : Maureen
Editor : Nurul Diah

Terkait

Hakim AS Tidak Setuju Hapus WeChat dari Toko Aplikasi

 

logo clock 24-10-2020, 13:13
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Inggris Langgar Komitmen Terkait Paspor BNO, China Tak Akan Tinggal Diam

 

logo clock 24-10-2020, 12:17
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

China Perkuat Kerjasama dengan Bangladesh dan Maroko Pasca Pandemi

 

logo clock 24-10-2020, 11:41
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Donald Trump Bilang Vaksin COVID-19 Sudah Siap, Ini Faktanya

 

logo clock 24-10-2020, 07:07
logo clock Baca ini dalam 2 Menit
logo share

Mengharukan, Putri Pahlawan Perang Ini Akhirnya Temukan Makam Sang Ayah

 

logo clock 23-10-2020, 16:33
logo clock Baca ini dalam 3 Menit
logo share

Viral